15 March 2019

Ingin Memiliki Paru-Paru yang Sehat? Lakukan 5 Cara Ini

Ingin Memiliki Paru-Paru yang Sehat? Lakukan 5 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Kesehatan paru-paru perlu dijaga. Alasannya karena paru-paru berperan penting dalam proses bernapas, khususnya dalam mengolah udara yang masuk dan memisahkan oksigen dengan karbon dioksida. Gangguan pada organ ini berdampak negatif pada kelancaran bernapas sehingga berpotensi mengancam nyawa. Misalnya bronkitis, pneumonia, asma, dan tuberkulosis.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Sama seperti organ tubuh lain, fungsi paru-paru menurun seiring bertambahnya usia. Organ ini menjadi kurang lentur dan kehilangan kekuatannya sehingga membuat sulit bernapas. Tapi tenang, beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru, bahkan seiring bertambahnya usia.

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Telah banyak bukti ilmiah yang menyebut kebiasaan merokok meningkatkan risiko kanker paru. Meski sebenarnya, ada banyak penyakit paru yang timbul akibat kebiasaan merokok. Di antaranya adalah fibrosis paru idiopatik dan asma. Kondisi ini terjadi karena saat kamu merokok, ribuan zat kimia berbahaya masuk dan merusak paru-paru.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga tak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh, melainkan juga untuk menyehatkan paru-paru. Pasalnya berolahraga rutin bisa meningkatkan pernapasan dengan melancarkan sirkulasi darah tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup yang berintensitas ringan tapi dilakukan secara rutin, setidaknya 15-20 menit per hari. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, dan lainnya.

Baca Juga: Jantung dan Paru-Paru Makin Kuat dengan Kardio di Rumah

3. Hindari Paparan Polutan

Paparan polutan berdampak negatif pada tubuh, mulai dari menyebabkan jerawat, kulit kusam, penuaan dini, hingga mengganggu fungsi paru-paru. Sebenarnya paru-paru bisa menahan racun berbahaya yang masuk, tapi seiring bertambahnya usia atau jika terjadi terus-menerus, kemampuan melawan zat berbahaya menjadi tidak optimal. Akibatnya, kamu rentan mengidap infeksi dan penyakit paru.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah paparan polutan adalah pakai masker saat bepergian ke luar rumah untuk menghindari polusi, menjadikan rumah zona bebas asap rokok, bersihkan perabotan rumah tangga setidaknya sekali seminggu, dan sering membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi udara dalam ruangan.

4. Latihan Bernapas

Maksudnya bernapas secara optimal untuk membantu membersihkan paru-paru. Hal ini juga membantu proses pertukaran oksigen secara penuh. Kamu bisa melakukannya dengan menarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Ulang beberapa kali hingga kamu merasa lebih rileks.

5. Cuci Tangan Pakai Sabun

Tanpa kamu sadari, tangan menjadi sumber bakteri yang bisa merusak paru-paru. Bahaya ini rentan terjadi jika kamu jarang mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajah (khususnya hidung dan mulut).

Maka itu, kamu dianjurkan cuci tangan pakai sabun sebelum makan, saat menyiapkan makanan, setelah dari toilet, setelah menyentuh hewan, dan sebelum menyentuh wajah. Pasalnya hal ini mampu mencegah masuknya bakteri yang menempel di tangan ke dalam tubuh.

Baca Juga: Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kalau kamu punya keluhan sulit bernapas, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!