Ingin Mencegah Katarak? Lakukan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ingin-mencegah-katarak-lakukan-5-hal-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Seiring pertambahan usia, penglihatan seseorang memang cenderung semakin menurun. Bahkan, orang-orang yang sudah berusia lanjut atau lansia berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit mata, salah satunya katarak. Namun, bukan berarti katarak tidak bisa dicegah. Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sedari sekarang untuk mencegah katarak di hari tua nanti.

Mengenal Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang ditandai dengan munculnya noda putih yang memperkeruh lensa mata, sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, katarak umumnya dialami oleh para lansia, tapi kondisi ini bisa terjadi pada salah satu mata saja atau kedua mata sekaligus.

Agar lebih jelas, kamu perlu tahu apa yang terjadi dengan matamu saat terkena katarak. Jadi, lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil, yaitu titik hitam yang ada di tengah mata. Fungsi dari lensa ini adalah untuk memfokuskan cahaya yang masuk melalui mata ke retina agar objek bisa terlihat dengan jelas.

Namun, seiring bertambahnya usia, protein pada lensa mata bisa menggumpal dan perlahan-lahan membuat lensa berkeruh dan berkabut. Akibatnya, pengidap katarak tidak bisa melihat dengan jelas karena penglihatannya menjadi kabur.

Baca juga: Kenali Tanda dan Gejala Katarak pada Lansia

Penyebab Katarak

Sebenarnya, penyebab mengeruhnya lensa saat mengalami penuaan masih belum diketahui dengan jelas sampai saat ini. Meski demikian, ada beberapa faktor yang dipercaya dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak, yakni:

  • Mata terlalu sering terpapar sinar matahari

  • Pernah menjalani operasi mata

  • Pernah mengalami cedera pada mata

  • Memiliki anggota keluarga yang mengalami katarak juga

  • Mengidap penyakit tertentu, seperti diabetes, retinitis pigmentosa, yaitu kerusakan retina yang diturunkan atau radang pada lapisan tengah mata (uveitis)

  • Mengonsumsi obat jenis kortikosteroid dalam jangka panjang

  • Memiliki kebiasaan merokok

  • Memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan

  • Memiliki pola makan yang tidak sehat dan kurang bergizi.

Cara Mencegah Katarak

Nah, dengan mengetahui penyebab dan faktor risiko katarak, kamu pun jadi bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mata tersebut. Berikut ini perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang bisa membantu kamu mencegah katarak:

1. Lindungi Mata dari Paparan Sinar Matahari

Bila kamu ingin beraktivitas di alam terbuka dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Terutama selama musim panas. Pilihlah kacamata hitam yang mempunyai proteksi 100 persen dari sinar ultraviolet, baik UVA maupun UVB.

2. Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Mengurangi makanan manis, mengontrol porsi makan, dan berolahraga secara teratur adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Menjaga kadar gula darah sangat penting, apalagi untuk pengidap diabetes. Selain bisa memperbaiki kondisi diabetes, hal ini juga bisa mengurangi risiko terkena katarak, karena katarak lebih cepat berkembang saat kadar gula darahmu tinggi.

Baca juga: Gula Darah Naik setelah Lebaran, Lakukan 4 Hal Ini

3. Kurangi Beban Kerja Mata

Perbaiki pencahayaan di rumah yang akan memudahkan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas. Bila ingin melihat atau membaca huruf-huruf kecil, sebaiknya gunakan kaca pembesar.

4. Hentikan Kebiasan yang Tidak Baik untuk Mata

Bila kamu seorang perokok, berusahalah untuk mengurangi frekuensi merokok bahkan kalau bisa, berhentilah merokok sama sekali. Begitu juga dengan kamu yang punya kebiasaan minum-minuman beralkohol, sebaiknya mulai batasi dari sekarang. Kamu juga dianjurkan untuk membatasi kebiasaan menyetir di malam hari.

5. Periksa Mata Secara Rutin

Bila kamu merasa penglihatanmu sudah mulai berkurang, sehingga mengganggu aktivitas harian kamu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter mata. Periksakan mata juga secara rutin untuk menyesuaikan minus mata, bagi kamu yang adalah pengguna kacamata.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak?

Untuk melakukan pemeriksaan mata, sekarang kamu juga sudah bisa membuat janji langsung dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.