6 Trik untuk Mulai Berhenti Merokok

6 Trik untuk Mulai Berhenti Merokok

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, mengetahui dampak negatif dari benda tersebut tidak lantas membuat seseorang berhenti mengisapnya, dan mengaku bahwa hal tersebut sulit dilakukan. Mengapa bisa demikian?

Seperti candu, nikotin yang ada di dalam rokok menawarkan cara yang andal untuk meningkatkan ketajaman konsentrasi, menghilangkan stres, dan mengusir lelah. Ini artinya, untuk bisa berhenti merokok, kamu tidak hanya perlu mengubah perilaku, tetapi juga menemukan cara lain yang lebih baik untuk menggantinya. Sulit bukan berarti tidak bisa, coba cara berhenti merokok berikut ini.

  • Temukan Alasan yang Tepat

Pertama, kamu harus menemukan alasan kuat untuk berhenti mengisap rokok. Mungkin, dengan alasan kamu melindungi anggota keluarga yang lain dari menjadi perokok pasif yang sama membahayakannya. Bisa juga melindungi diri sendiri dari berbagai risiko rokok yang mengancam nyawa.

Baca juga: Orang Tua Perokok Berisiko Tularkan Kebiasaan Merokok pada Anak di Usia Dini

  • Beri Jeda Waktu

Salah satu alasan orang begitu kecanduan rokok karena nikotin membantu mengurangi stres yang dirasakan dan membantu tubuh serta pikiran rileks kembali. Setelah berhenti, kamu harus mencari cara baru untuk tetap rileks dan jauh dari stres. Ada banyak pilihan, seperti berolahraga, melakukan hobi, mendengarkan musik, menghabiskan waktu dengan keluarga, atau meditasi. Coba untuk menghindari pemicu stres selama berhenti dalam minggu pertama.

  • Hindari Alkohol dan Pemicu Lainnya

Ketika kamu mengonsumsi alkohol, hal ini membuat kamu sulit untuk tetap berkomitmen pada apa tujuan kamu berhenti merokok. Jadi, cobalah batasi asupan alkohol saat pertama kali kamu berhenti merokok.

Jika kamu sering merokok ketika minum kopi, beralihlah dengan teh atau air putih selama beberapa waktu. Jika kamu terbiasa merokok setelah makan, cari alternatif lain, seperti menggosok gigi atau berkumur dengan penyegar.

  • Bersihkan Rumah dari Semua Hal yang Berhubungan dengan Rokok

Setelah kamu benar-benar memutuskan untuk berhenti merokok, cara berhenti merokok paling efektif selanjutnya adalah membersihkan rumah dari segala hal yang berhubungan dengan rokok tadi.

Buang semua asbak, cuci semua pakaian yang berbau asap, dan semprot ruangan dengan pengharum untuk menghilangkan baunya. Jika kamu terbiasa merokok di dalam mobil, bersihkan mobil sampai baunya benar-benar hilang.

Baca juga: 7 Kiat Berhenti Merokok

  • Gagal? Coba Lagi!

Tidak sedikit orang yang mencoba berhenti merokok sebelum akhirnya benar-benar melakukannya. Jika kamu gagal, jangan pernah berkecil hati. Pikirkan yang membuat kamu kembali merokok, apakah karena emosi atau karena suasana hati kamu sedang tidak baik. Gunakan alasan itu sebagai motivasi kuat untuk kamu mencoba lagi. Gagal bukan menjadi alasan kamu untuk menyerah, justru harusnya membuat kamu lebih semangat mencoba lagi.

  • Hargai Diri Sendiri

Tidak hanya baik untuk diri sendiri dan orang lain, berhenti merokok juga otomatis membuat kamu memiliki lebih banyak uang untuk ditabung. Kamu bisa menggunakannya untuk membeli apa saja yang kamu suka, sebagai hadiah untuk diri sendiri yang berhasil berhenti merokok.

Baca juga: Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh

Itu tadi beberapa cara berhenti merokok yang bisa kamu coba lakukan. Jangan patah semangat, jika kamu selalu gagal, kamu bisa meminta tips lain langsung dari dokter. Tidak perlu harus ke rumah sakit, pakai saja aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, dan tanya dokter sepuasmu.