Salah Pilih Sepatu Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Salah Pilih Sepatu Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami nyeri pada tumit? Pastinya membuat tidak nyaman, karena kamu bisa mengalami kesulitan berjalan dan aktivitas jadi terganggu. Kondisi nyeri tumit bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sebagian besar faktor pemicu nyeri tumit bukan oleh kondisi suatu penyakit. Oleh sebab itu, nyeri tumit bukan kondisi serius yang perlu perawatan khusus. Umumnya, kondisi ini mudah diobati dengan perawatan rumahan. 

Baca Juga: Pengidap Obesitas Rentan Alami Nyeri Tumit, Benarkah?

Nyeri tumit yang memiliki bahasa latin plantar fasciitis muncul ketika ada tekanan berulang pada tumit. Tekanan berulang ini bisa diperoleh ketika kamu berjalan terlalu lama atau melakukan olahraga-olahraga tertentu. Kesalahan dalam memilih sepatu ternyata bisa sebabkan nyeri tumit. Berikut penjelasan selengkapnya yang perlu kamu tahu.

Alasan Salah Pilih Sepatu Bisa Bikin Nyeri Tumit

Ketika akan membeli sepatu, hal yang pertama yang perlu kamu tentukan pasti memilih modelnya. Namun, sebenarnya ada aspek yang lebih penting yang perlu kamu pertimbangkan selain memilih model yang kamu sukai. Aspek ini adalah kenyamanan saat kamu memakainya. Meski modelnya bagus, belum tentu sepatu yang dipilih nyaman untuk dipakai. Ukuran yang terlalu sempit atau sol yang terlalu keras berisiko menimbulkan nyeri pada tumit saat kamu memakainya.

Sepatu yang kamu pilih bisa jadi sia-sia dibeli karena tidak nyaman saat dipakai. Oleh karena itu, bukan cuma model yang kamu pertimbangkan, aspek kenyamanan harus lebih dipertimbangkan saat memilih sepatu. Terlebih bagi kaum hawa. Sebaiknya, perhatikan secara detail ketika akan membeli sepatu high heels, ya. Alas tumit yang terlalu sempit atau hak yang terlalu tinggi berisiko meningkatkan tekanan pada tumit. Jika kamu telanjur mengalami nyeri tumit, berikut opsi perawatan rumahan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejalanya. 

Baca Juga: Ini 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Perawatan Rumahan untuk Meringankan Nyeri Tumit

Perawatan rumahan ini pastinya efektif dan mudah dilakukan untuk meringankan gejala nyeri tumit yang kamu alami. Perawatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Istirahatkan kaki. Saat mengalami nyeri tumit, hindari melakukan aktivitas yang berisiko memberi tekanan pada tumit. Contohnya: berlari dalam waktu lama, berjalan di permukaan yang keras, atau memakai sepatu hak tinggi.

  • Kompres es. Untuk membuat kompres, kamu bisa membungkus es dengan kain. Kemudian tempelkan kompres di area tumit selama sekitar 15 menit.

  • Gunakan alas kaki yang pas. Gunakan sandal atau sepatu yang berukuran pas serta sol yang empuk untuk memberikan kenyamanan pada tumit. 

Kalau nyeri tumit yang kamu alami tidak kunjung hilang meski telah diobati, coba tanya dokter Halodoc untuk mencari tahu jenis perawatan lain yang cocok. Bicara dengan dokter lebih nyaman langsung dari aplikasinya. Klik di sini untuk download aplikasi Halodoc.

Baca Juga: Olahraga Ini Bisa Redakan Plantar Fasciitis pada Tumit

Kiat Mencegah Terjadinya Nyeri Tumit

Sebenarnya, kunci utama mencegah nyeri tumit dengan mengurangi hal-hal yang jadi pemicu tekanan pada tumit secara berlebihan. Cara yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Pakai alas kaki saat berpijak di tumpuan yang keris, seperti jalan yang berkerikil atau tanah yang keras;

  • Pilih alas kaki dengan ukuran pas dan memiliki sol yang empuk;

  • Jaga berat badan ideal untuk mengurangi stres pada tumit;

  • Istirahatkan kaki sesekali ketika sudah terlalu lama berdiri;

  • Lakukan pemanasan dengan benar sebelum melakukan olahraga dan aktivitas yang menimbulkan tekanan pada tumit.