28 February 2019

Ini 3 Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

Ini 3 Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

Halodoc, Jakarta – Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan cepat sel-sel kulit. Penumpukan sel ini menyebabkan peradangan dan kemerahan di sekitar kulit. Sisik psoriatik khas berwarna keputihan-perak dan berkembang dalam bercak merah tebal. Terkadang, tambalan ini akan retak dan berdarah.

Psoriasis merupakan hasil dari proses produksi kulit yang dipercepat. Biasanya, sel-sel kulit tumbuh jauh di dalam kulit dan perlahan-lahan naik ke permukaan. Akhirnya, mereka jatuh. Siklus hidup khas sel kulit adalah satu bulan.

Pada orang dengan psoriasis, proses produksi ini dapat terjadi hanya dalam beberapa hari. Karena itu, sel-sel kulit enggak punya waktu untuk lepas. Produksi berlebih yang cepat ini menyebabkan penumpukan sel-sel kulit. Kondisi ini biasanya berkembang pada persendian, seperti siku dan lutut yang bisa berkembang di mana saja pada tubuh, termasuk tangan, kaki, siku, kulit kepala, leher, dan wajah.

Baca juga: 8 Jenis Psoriasis yang Perlu Diketahui

Perawatan psoriasis bertujuan untuk mengurangi peradangan dan sisik, memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit, dan menghilangkan plak. Perawatan psoriasis terbagi dalam tiga kategori:

Perawatan Topikal

Krim dan salep yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mengurangi psoriasis ringan hingga sedang. Perawatan psoriasis topikal, meliputi:

  1. Kortikosteroid topikal

  2. Retinoid topikal

  3. Anthralin

  4. Analog vitamin D

  5. Asam salisilat

  6. Pelembap

  7. Obat sistemik

Orang dengan psoriasis sedang hingga parah dan mereka yang enggak merespons dengan baik terhadap jenis pengobatan lain, mungkin perlu menggunakan obat oral atau injeksi. Banyak dari obat-obatan ini memiliki efek samping yang parah. Dokter biasanya meresepkannya untuk jangka waktu singkat. Obat-obatan ini termasuk:

  1. Metotreksat

  2. Cyclosporine (Sandimmune)

  3. Retinoid

Terapi Cahaya

Perawatan psoriasis ini menggunakan sinar ultraviolet (UV) atau alami. Sinar matahari membunuh sel-sel darah putih yang terlalu aktif yang menyerang sel-sel kulit yang sehat dan menyebabkan pertumbuhan sel yang cepat. Baik sinar UVA maupun UVB dapat membantu mengurangi gejala psoriasis ringan hingga sedang.

Baca juga: Waspadai 5 Makanan Pemicu Psoriasis Ini

Kebanyakan orang dengan psoriasis sedang hingga parah akan mendapat manfaat dari kombinasi perawatan. Jenis terapi ini menggunakan lebih dari satu jenis pengobatan untuk mengurangi gejala. Beberapa orang mungkin menggunakan perawatan yang sama sepanjang hidup mereka. Orang lain mungkin perlu mengubah perawatan sesekali jika kulit mereka berhenti merespons apa yang mereka gunakan.

Rekomendasi Diet

Makanan tidak dapat menyembuhkan atau bahkan mengobati psoriasis, namun makan lebih baik dapat mengurangi gejala. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat mengurangi keparahan kondisi ini.

Kehilangan berat badan juga dapat membuat perawatan lebih efektif. Enggak jelas bagaimana berat berinteraksi dengan psoriasis, jadi meskipun gejala kamu tidak berubah, penurunan berat badan masih baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Program Diet Paleo Bisa Sembuhkan Psoriasis, Benarkah?

Mengurangi asupan lemak jenuh dan tingkatkan asupan protein tanpa lemak yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, sarden, dan udang. Sumber tanaman omega-3, termasuk kacang walnut, biji rami, dan kedelai.

Psoriasis menyebabkan peradangan. Makanan tertentu juga menyebabkan peradangan. Menghindari makanan itu bisa memperbaiki gejala. Makanan-makanan ini termasuk daging merah, gula halus, makanan yang diproses, dan produk susu.

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko psoriasis kambuh. Kurangi atau berhentilah sama sekali. Jika kamu memiliki masalah dengan penggunaan alkohol, dokter dapat membantu kamu membentuk rencana perawatan.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai cara tepat merawat kulit yang terkena psoriasis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.