• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Filler

Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Filler

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Filler atau suntik filler menjadi salah satu prosedur medis yang sering dilakukan untuk memperbaiki penampilan seseorang. Sebab, metode ini seringnya dilakukan untuk memberi volume atau memperbaiki bentuk bagian tubuh tertentu. Biasanya, filler dilakukan di area wajah, tapi ternyata suntik filler juga bisa dilakukan pada payudara. 

Tujuannya tidak berbeda jauh, filler payudara dilakukan untuk menambah volume dan membuat payudara terlihat lebih besar. Baru-baru ini, model Indonesia, Monica Indah diberitakan melakukan filler payudara. Sayangnya, prosedur yang dijalani ternyata memberi efek samping yang tidak diinginkan. Filler payudara yang dilakukan menyebabkan Monica Indah mengalami mastitis. 

Baca juga: Fakta Tentang Filler Wajah yang Harus Dipahami

Suntik Filler dan Hal yang Perlu Diketahui 

Melansir Detik Health, seorang model Indonesia bernama Monica Indah baru-baru ini melakukan suntik filler payudara. Sayangnya, prosedur yang dilakukan ini memicu efek samping yang mengkhawatirkan. Monica Indah didiagnosis mengalami mastitis, yaitu gangguan yang terjadi karena ada peradangan pada jaringan payudara. 

Filler pada payudara mungkin terdengar asing, bahkan beberapa ahli tidak merekomendasikannya. Sebab, jaringan yang ada di payudara sangat kompleks, sehingga risiko munculnya komplikasi atau gangguan setelah filler akan sangat besar. Selain itu, ada beberapa fakta lain yang perlu diketahui seputar suntik filler, di antaranya: 

1.Dilakukan di Wajah 

Selama ini, suntik filler dikenal sebagai prosedur yang banyak dilakukan di wajah. Filler sering kali dipilih untuk memperbaiki penampilan estetika atau mengembalikan wajah menjadi mulus dan bebas keriput. Prosedur ini dilakukan untuk membantu menyamarkan kerut halus serta bekas luka pada wajah. 

2.Filler Hidung dan Bibir

Seringkali prosedur suntik filler dilakukan di area hidung dan bibir. Dalam hal ini, filler bertujuan untuk mempertebal bibir dan memodifikasi bentuk hidung, misalnya menjadi lebih mancung. Filler biasanya diberikan secara langsung dengan suntikan ke wajah. Itulah alasan mengapa prosedur ini dikenal dengan istilah suntik filler. 

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Melakukan Suntik Filler Wajah

3.Perhatikan Efek Samping 

Hampir semua prosedur medis memiliki efek samping, termasuk filler. Maka dari itu, penting untuk selalu mencari tahu apa saja efek samping yang bisa muncul dari prosedur ini serta ketahui bagaimana cara menghindarinya. Pastikan untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan suntik filler dan untuk menemukan lokasi tubuh yang aman untuk disuntik filler.

Jika ragu, kamu bisa mencoba untuk membicarakan seputar filler pada dokter dengan aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan kesehatan dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Download Halodoc di sini!

4.Hal yang Harus Dihindari 

Setelah disuntik filler, mungkin akan muncul sejumlah gejala atau efek samping pada kulit. Filler bisa menyebabkan muncul ruam, gatal, sensasi panas, hingga pembengkakan. Biasanya, gejala yang ringan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Sebaiknya hindari menggaruk atau mengompres area yang bengkak dengan air hangat. Sebab, hal itu dikhawatirkan akan memperparah gejala yang muncul setelah suntik filler. 

Baca juga: Mau Mencoba Filler Wajah? Awasi Efek Sampingnya

Jika filler dilakukan di area tubuh yang rentan, misalnya payudara, sebaiknya batasi aktivitas fisik selama beberapa hari. Jangan berolahraga berat sebab bisa memengaruhi kondisi tubuh. Namun sekali lagi perlu diingat, hal yang paling penting adalah memastikan area tubuh tertentu cukup aman dan bisa menerima filler sehingga risiko komplikasi bisa diminimalkan.

Referensi:
Detik Health. Diakses pada 2021. Do's and Dont's Pasang Filler Agar Tak Jadi Korban Seperti Monica Indah.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Facial Fillers for Wrinkles.
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Botox Injections.
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Mastitis.
Ultimo Clinic. Diakses pada 2021. Breast Fillers Injection - Don't Try Before You Read It.