Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Melakukan Suntik Filler Wajah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Agustus 2020
   Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Melakukan Suntik Filler Wajah   Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Melakukan Suntik Filler Wajah

Halodoc, Jakarta - Wanita mana yang tidak ingin tampil cantik dan menawan? Berbagai cara dicoba untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan. Mulai dari cara yang paling konvensional hingga yang paling modern seperti suntik filler. 

Suntik filler adalah prosedur medis untuk memperbaiki penampilan estetika seseorang. Tindakan ini dilakukan untuk mengembalikan wajah menjadi bebas keriputFiller wajah juga bisa menyamarkan kerut halus atau bekas luka pada wajah untuk jangka waktu tertentu. Selain itu, filler ini kadang juga digunakan untuk mempertebal bibir. 

Namun, ada beragam hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur ini. Pasalnya, suntik filler wajah kadang kala bisa menimbulkan beragam efek samping.

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan suntik filler wajah?

Baca juga: Enggak Hanya Wajah, Kenali Botoks Ketiak untuk Atasi Bau Badan

Jangan Asal, Ketahui Lebih Dalam 

Beberapa kasus filler wajah bisa menimbulkan efek samping. Oleh sebab itu, untuk meminimalkan efek samping filler seperti di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 

  1. Pilih klinik yang tepat. Cara untuk mencegah infeksi dan efek samping lainnya, suntikan filler harus diberikan di tempat yang layak, bersih, dan aman. Contohnya di klinik resmi atau rumah sakit. Suntikan ini sebaiknya tidak diberikan di rumah, hotel, spa, ataupun salon kecantikan biasa tanpa pengawasan dokter.
  2. Lakukan oleh ahlinya. Pastikan praktisi yang melakukan filler adalah dokter kulit yang telah menjalani pelatihan khusus. Tindakan ini bisa dibuktikan dengan ada tidaknya sertifikasi legal. Jangan tertipu dengan gelar-gelar tertentu yang bukan didapatkan dari pelatihan yang resmi.
  3. Jangan asal pilih filler. Berbagai filler memang dijual bebas, bahkan secara online. Meski mudah didapatkan, tapi filler dapat membawa dampak buruk permanen dan berbahaya jika tidak cocok untuk kulit wajah. Apalagi bila tidak dilakukan oleh ahlinya. Oleh karena itu, hindari membeli filler ini meskipun harganya murah. Hindari filler yang berasal dari luar tempat praktik dokter.
  4. Cari tahu efek sampingnya. Tanyakan atau pastikan dokter menginformasikan risiko dan efek samping suntikan filler wajah. 

Baca juga: Botox Dapat Sebabkan Koma, Mitos atau Fakta?

Selanjutnya, apa saja efek samping yang bisa dialami setelah melakukan suntik filler wajah?

Efek Samping Dari Waktu ke Waktu

Filler bisa menjadi cara instan untuk mempercantik atau memperbaiki tampilan estetika tubuh. Akan tetapi, filler wajah tak luput dari berbagai efek samping. Mau bukti?

Berikut ini dampak atau efek samping filler wajah dalam hitungan minggu hingga tahun, menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health - Fillers: Contraindications, Side Effects and Precautions:

Dalam hitungan hari hingga minggu efek sampingnya bisa berupa:

  • Pembengkakan;
  • Kemerahan;
  • Memar/ekimosis;
  • Rasa sakit;
  • Gatal;
  • Infeksi;
  • Reaksi alergi / hipersensitif;
  • Peradangan;
  • Nodul (pertumbuhan jaringan yang tidak normal, bisa berupa tonjolan atau benjolan) yang padat;
  • Benjolan yang disebabkan oleh kesalahan distribusi;
  • Nekrosis (kematian) jaringan;
  • Emboli dengan kebutaan.

Sedangkan, efek samping filler yang bisa muncul dalam hitungan minggu hingga tahun, yaitu:

  • Peradangan granulomatosa (kelainan pada jaringan tubuh yang muncul akibat peradangan);
  • Nodul atau eritematosa (kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan atau ruam);
  • Migrasi dari pengisi implan;
  • Timbulnya jaringan parut;
  • Wajah menjadi asimetri. 

Baca juga: Perawatan Wajah untuk Mencegah Munculnya Keriput

Oleh sebab itu, diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum melakukan prosedur ini. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Botox Injections. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Is cosmetic surgery right for me?
US National Library of Medicine- National Institutes of Health. Diakses pada Desember 2020. Fillers: Contraindications, Side Effects and Precautions

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan