Ini 5 Fungsi Tulang Kering untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini 5 Fungsi Tulang Kering untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa tubuh terdiri dari susunan rangka dan otot? Rangka terdiri dari tulang dan sendi yang memiliki fungsi cukup beragam untuk tubuh maupun kesehatan. Salah satu fungsinya sebagai pelindung organ tubuh manusia, tempat untuk penempelan otot, dan jaringan lain di dalam tubuh.

Baca juga: Berbagai Macam Kondisi yang Pengaruhi Fungsi Tulang Kering

Ada berbagai jenis tulang dalam tubuh, salah satu yang perlu diketahui dan memiliki fungsi cukup penting adalah tulang kering. Tulang kering, yang dikenal sebagai tibia adalah salah satu tulang yang terbesar kedua pada bagian tungkai kaki. Ketahui fungsi dari tulang kering pada tubuh, yaitu:

1. Penyambung Lutut dan Pergelangan Kaki

Fungsi utama dari tulang kering sebagai penyambung antara lutut dan pergelangan kaki. Adanya tulang kering akan membantu pergerakan pada pergelangan kaki menjadi lebih baik dan optimal.

2. Penyangga Otot Tungkai Kaki

Tidak hanya untuk menyambung bagian lutut dan pergelangan kaki, tulang kering memiliki fungsi untuk menyangga otot yang berada pada area tungkai kaki. Otot yang tertopang dengan baik dapat membuat pergerakan area kaki menjadi lebih optimal.

3. Penyangga Berat Badan

Tulang kering yang sehat dapat membuat kaki menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kaki menjadi lebih kuat untuk menopang berat badan yang dimiliki.

Baca juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting

4. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Beragam aktivitas yang dijalani dipengaruhi oleh kondisi tulang kering. Kondisi tulang kering yang sehat dan optimal membuat keseimbangan tubuh terjaga ketika akan melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari dan melompat sehingga kamu tidak mudah terjatuh.

5. Penggerak Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki yang dapat bergerak dengan bebas dipengaruhi oleh kondisi tulang kering. Tulang kering yang sehat dan optimal membuat kamu bergerak lebih bebas.

Hindari Kondisi Ini agar Fungsi Tulang Kering Tidak Terganggu

Sebaiknya berhati-hati saat beraktivitas karena ada aktivitas yang meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada tulang kering akibat cedera atau aktivitas yang cukup berat. Ketahui beberapa kondisi yang dapat mengganggu fungsi tulang kering, yaitu:

1. Cedera Tulang Kering

Mengalami cedera pada bagian tulang kering membuat fungsi tulang kering menurun. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat peningkatan aktivitas yang membuat otot, sendi, dan jaringan tulang bekerja terlalu keras.

2. Patah Tulang Kering

Kondisi ini terjadi ketika tulang kering mengalami benturan yang cukup keras. Selalu berhati-hati ketika melakukan kegiatan agar tulang kering terhindar dari benturan.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang menjadi rapuh karena kekurangan kalsium. Tulang kering dapat mengalami osteoporosis sehingga akan menjadi lebih mudah patah.

Baca juga: Pertolongan Pertama yang Tepat Saat Cedera Tulang Kering

Menjaga kesehatan tulang kering sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah tingkatkan risiko gangguan pada fungsi tulang kering, seperti selalu berhati-hati saat melakukan olahraga. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan olahraga. 

Jika kamu ingin melakukan olahraga lari, sebaiknya berlarinya di permukaan yang rata untuk menurunkan risiko cedera tulang kering. Tidak ada salahnya untuk berhati-hati ketika lari pada permukaan yang tidak rata. Jangan lupa untuk memilih alas kaki yang nyaman untuk meminimalkan risiko cedera pada tulang kering.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Tibia Fracture
Very Well Health. Diakses pada 2019. The Anatomy of Tibia