• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat dari Masker Mugwort bagi Kulit Wajah

Ini 5 Manfaat dari Masker Mugwort bagi Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 5 Manfaat dari Masker Mugwort  bagi Kulit Wajah

“Trend skin care asal Korea kini banyak digandrungi. Salah satu yang sedang populer adalah masker mugwort yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu mencegah munculnya jerawat, mengurangi peradangan kulit wajah, hingga melembabkan kulit wajah.”

Halodoc, Jakarta – Zaman sekarang, apa pun yang berbau Korea Selatan (Korsel) sedang trend. Selain musik, drama, dan makanan, skin care asal Korsel pun sedang marak. Salah satunya yang sedang banyak disebut-sebut yaitu masker mugwort. Masker ini terbuat dari tanaman mugwort.

Mugwort awalnya adalah tanaman gulma. Di Korsel, mugwort dianggap sebagai ramuan penyembuhan karena sifat antibakteri, antijamur, dan pelindung untuk kulit. Saat ini, masakan, pengobatan tradisional, dan pengobatan homeopati asal Korsel sering kali menggunakan mugwort karena alasan tersebut. Hingga saat ini, mugwort banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai bahan pembuat masker wajah. 

Baca juga: Awas, Keseringan Facial Wajah Bisa Merusak Kulit

Manfaat Masker Mugwort untuk Kecantikan

Manfaat mugwort untuk kulit wajah kini sangat beragam. Berikut ini beberapa manfaat masker mugwort untuk kulit wajah yang perlu diketahui:

  1. Mencegah Munculnya Jerawat

Mugwort bersifat antimikroba yang bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Perlu diketahui, masalah kulit biasanya disebabkan oleh bakteri. Contohnya saja jerawat, yang disebabkan bakteri Propionibacterium acnes. Infeksi bakteri dapat menghambat proses penyembuhan luka jerawat. 

Sementara itu, mugwort bekerja dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme tertentu. Dengan begitu, proses penyembuhan luka jerawat tidak terhambat. Proses regenerasi kulit pun terjadi. 

  1. Mengurangi Peradangan Kulit Wajah

Mugwort juga memiliki sifat antiinflamasi, sehingga masker mugwort dapat membantu menenangkan kulit kering dan iritasi kulit dengan efektif. Selain itu, masker mugwort juga bisa meredakan  kemerahan pada kulit wajah.

Masker mugwort dapat mengatur aktivitas sel kekebalan, dengan menargetkan sitokin dan makrofag pada jaringan. Sitokin berperan dalam mengaktifkan laju pertumbuhan sel kulit. 

  1. Melembabkan Kulit

Punya masalah dengan kulit kering? Cobalah aplikasikan masker mugwort, karena masker ini dapat melembabkan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin E dalam mugwort. Seperti yang sudah diketahui, vitamin E adalah nutrisi penting yang bersifat antiinflamasi dan menjaga kesehatan kulit.

Di sisi lain, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Kelembapan kulit dapat dipertahankan berat adanya kandungan vitamin E. Kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) berlebihan pun bisa dicegah dengan masker mugwort.

Baca juga: Cantik dalam Kesederhanaan, Ini Rahasia Artis Korea

  1. Kinerja Fungsi Pelindung Kulit Meningkat

Kulit kering bisa terjadi berkaitan dengan menurunnya produksi protein pelindung kulit, yaitu filaggrin dan loricrin. Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak mugwort mampu mengatur filaggrin dan loricrin. Dengan begitu, kinerja fungsi pelindung kulit meningkat. 

  1. Baik untuk Penanganan Eksim

Mugwort disebut-sebut bisa menjadi pengobatan efektif untuk kondisi kulit tertentu. Contohnya eksim (dermatitis atopik) dan psoriasis. Produk skin care atau masker yang mengandung ekstrak mugwort, bisa meredakan gejala kulit kering akibat eksim. Hal ini juga berkaitan dengan meningkatkan fungsi pelindung kulit yang bekerja untuk meredakan kulit kering akibat eksim.

Cara Mengaplikasikan Masker Mugwort

Setelah mengetahui manfaat masker mugwort, mungkin kamu tertarik untuk mencobanya. Agar dapat merasakan manfaatnya, masker mugwort harus diaplikasikan dengan cara yang tepat. Berikut langkah mengaplikasikan masker mugwort:

  • Bersihkan wajah dengan air atau disertai dengan sabun wajah.
  • Oleskan masker mugwort secara merata pada kulit wajah.
  • Istirahatkan selama 5 – 10 menit. Kemudian bilas perlahan dengan air.
  • Gunakan serum, essence, atau krim pelembab yang biasa kamu gunakan.

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Kulit dan Jerawat 

Saat membeli masker mugwort, pastikan produk yang kamu pilih sudah bersertifikat BPOM (badan pengawas obat dan makanan). Pastikan juga keaslian produk agar tidak berdampak negatif pada kesehatan, terutama pada kulit wajah. 

Jika kamu tidak yakin dengan produk yang kamu beli, coba tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Mugwort: A Weed with Potential

Very Well Health. Diakses pada 2021. What Is Mugwort?

Allure. Diakses pada 2021. Why Mugwort Is the Trendy New Ingredient in Korean Skin Care

Healthline. Diakses pada 2021. How to Apply a Face Mask Correctly.

Verywell Health. Diakses pada 2021. Benefits of Using Coffee Grounds for Your Skin and Face.