Ini 6 Cara Bersaing Sehat dengan Rekan Kerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 6 Cara Bersaing Sehat dengan Rekan Kerja

Halodoc, Jakarta - Persaingan bisa melibatkan banyak aspek. Mulai dari para siswa di ruang kelas, atlet di lapangan, hingga persaingan antara rekan kerja di kantor. Jangan heran, persaingan dengan rekan kerja bukanlah hal yang asing. 

Cobalah tengok di kanan-kirimu, kita bekerja dengan sekelompok kolega dengan beragam perbedaan. Mulai dari perbedaan keahlian, latar belakang dan nilai, hingga perbedaan minat akan sesuatu. Perbedaan secara kolektif memang bisa membuat perusahaan lebih kuat dan dinamis. Namun, diam-diam kondisi ini bisa menimbulkan konflik. Contohnya, persaingan yang tidak sehat. 

Sekarang lihat sekelilingmu, mungkin rekan atau bahkan dirimu terlibat persaingan di tempat kalian bekerja. Pertanyaannya, apakah persaingan tersebut berjalan dengan sehat? Atau paling tidak, tidak merugikan kedua belah pihak? 

Usaha memperlihatkan keunggulan masing-masing saat bekerja, dilakukan demi berbagai tujuan. Alasan yang paling umum biasanya mengejar goals tertentu atau keinginan meniti karier lebih tinggi. Lantas, bagaimana sih cara bersaing sehat di kantor dengan rekan kerja? 

Baca juga: Bekerja di Comfort Zone, Ini Tips Move On ke Kantor Baru

1. Pertahankan Kualitas Kerja

Cobalah untuk selalu mempertahankan kualitas kerja yang tinggi setiap saat ketika bersaing dengan rekan kerja di kantor. Tentu dirimu tak ingin terlihat buruk bukan, ketika ada rekan berprestasi di kanan-kirimu. Gunakanlah kompetisi untuk menghasilkan kualitas kerja yang tinggi dari pada sebelumnya. 

Namun, cobalah tentukan target atau tujuan yang ingin dicapai dengan realistis. Jangan sampe deadline atau banyaknya pekerjaan yang kita buat justru akan menyulitkan diri. Dengan kata lain, ketika kolega kita menangani beberapa pekerjaan sekaligus, jangan secara otomatis merasa bahwa kita harus melakukannya. 

2. Singkirkan Ego

Menyingkirkan ego merupakan langkah utama untuk bersaing sehat di kantor. Hal ini memang rasanya tidak mudah, sebab bersaing dengan rekan kerja tentu akan melibatkan tenaga, perasaan, dan emosi. Namun, kita bisa kok memulainya dari hal-hal kecil.

Contoh kecilnya, hindari memotong rekan kerja yang sedang berbicara di tengah meeting. Dengan kata lain, cobalah biasakan diri untuk mengendalikan ego yang seringkali memicu perselisihan.

3. Berbagi Pengetahuan

Bekerja bersama tim memang terkadang gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Pertama-tama, cobalah tekankan diri bahwa kita tak hanya bekerja sendiri, tetapi juga bersama tim. Oleh sebab itu, jangan karena ingin dianggap paling benar dan pintar, membuat kita jadi pelit berbagi ilmu. Kondisi ini justru bisa menimbulkan konflik di lingkungan kerja.

Tak ada salahnya bukan berbagi ilmu dengan kolega yang terlibat dalam persaingan, demi keberhasilan tim. Ingat, keberhasilan satu orang di dalam tim merupakan keberhasilan bersama.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Tipe "Karyawan Racun" di Kantor

4. Dengarkan Mereka

Terkadang menjadi pendengar yang baik, bisa sangat membantu untuk bersaing dengan rekan kerja di kantor. Terlalu cepat mengklaim ide yang kita kemukakan merupakan solusi terbaik, bisa membuat rekan kerja merasa tak dihargai pendapatnya. Cobalah tunjukkan rasa hormat dan dengarkan saran atau pemikiran mereka.

5. Bersikap Ramah

Terkadang kita lupa untuk tersenyum pada rekan-rekan di sekeliling kita. Padahal, gestur yang kecil, seperti senyuman atau ucapan selamat pagi bisa membuat perbedaan besar. Dengan kata lain, luangkanlah waktu untuk memulai interaksi dengan kolega di kantor. 

6. Kenali Rekan Kerja

Cobalah luangkan waktu untuk mengenal rekan kerja lebih dekat. Kamu tak harus mengenal dirinya sangat dalam. Setelah mengenalnya lebih dekat, terkadang kita akan terkejut betapa banyaknya kesamaan yang kita miliki. Salah satu cara untuk melakukan hal ini dengan menghabiskan makan siang bersama mereka

Baca juga: Jadi Orang Introvert di Kantor, Harus Perhatikan 3 Hal Ini 

Memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol kapan dan di mana saja dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Kelly Services. Diakses pada 2019. How to Handle Competition in the Workplace.
Forbes. Diakses pada 2019. 10 Tips For Winning Over Your Colleagues.