Hati-Hati, Ini 9 Tipe "Karyawan Racun" di Kantor

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
karyawan toxic

Halodoc, Jakarta - Dalam lingkungan kerja, terdapat berbagai macam kepribadian, watak, dan karakter yang akan kamu temui setiap harinya. Beberapa karyawan yang memiliki karakter yang cocok, tentu akan membuat suasana kantor menjadi lebih hidup. Kantor menjadi nyaman ketika kamu berada di lingkungan kerja yang sehat. Namun, bagaimana jika salah satu dari rekan kerjamu merupakan tipe karyawan toxic?

Baca juga: 6 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Rendah 2019

Karyawan racun atau toxic dapat diartikan sebagai teman kerja yang membawa dampak negatif di kantor. Selain itu, tipe yang seperti ini juga membuat kantor menjadi terasa tidak nyaman. Karyawan racun akan merusak konsentrasi dan menghalangi seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dalam hal pekerjaan. Berikut ini 9 tipe karyawan racun yang membuat suasana kantor menjadi kurang kondusif:

1. Pengeluh

Tipe pengeluh tidak akan menerima tanggung jawab yang diberikan. Mereka akan lebih suka mengeluh berlebihan sebelum mengerjakan tugasnya. Jika kamu menemukan karyawan racun jenis ini, sebaiknya jaga jarak dengan mereka.

2. Pembohong

Tipe yang satu ini biasanya akan mengambil jalan pintas dalam menyelesaikan tanggung jawabnya. Mereka terlihat disenangi di awal, tetapi akan dibenci pada akhirnya karena semua orang akan tahu tipe pembohong suka memutar balikkan fakta.

3. Pendebat

Tipe pendebat tidak akan suka jika dikritik, meski kritik yang dilontarkan adalah kritik yang membangun. Kritikan akan dianggap sebagai serangan yang harus dilawan. Bahkan, bagi mereka saran yang netral merupakan saran yang negatif.

4. Perfeksionis

Tipe yang satu ini memang baik, tetapi kadang kala sifat perfeksionis menjadi sifat yang sangat membosankan. Bisa saja orang-orang di sekitarmu jengah dengan sifatmu yang satu ini karena kamu hanya mementingkan standar diri sendiri.

Baca juga: Enggak Liburan, Pekerja Wanita Lebih Rentan Kena Stres

5. Penjilat

Tipe penjilat akan bekerja dengan tujuan mencari muka pada atasan. Tipe yang seperti ini akan pandai sekali melakukan pendekatan secara personal kepada siapapun. Penjilat bahkan akan mencari cara untuk mengambil hati orang lain untuk kepentingan pribadinya.

6. Pengganggu

Tipe yang satu ini akan menjadi pengganggu dalam kondisi apapun, tidak peduli apakah kamu sedang repot atau senggang. Mereka akan terus mengganggu dengan kepentingan-kepentingannya. Hal ini tentu akan mengganggu kerjasama tim.

7. Penyuruh (Bossy)

Tipe penyuruh jika dilakukan oleh bos, bukanlah masalah. Namun, ada lho karyawan biasa yang memiliki hobi memerintah. Biasanya, tipe yang seperti ini sudah mendapat kepercayaan atasan untuk memberikan perintah umum kepada bawahannya.

8. Provokator

Tipe yang satu ini akan sering menjadi pemicu keributan karena sering mengadu domba. Provokator juga menjadi biang gosip di kantor. Mereka akan sigap menyebarkan gosip ketika terjadi sesuatu hal. Tipe yang satu ini bahkan akan memberikan saran negatif yang dapat memancing keributan.

9. Emosian

Tipe emosian ini biasanya akan membuat kekacauan karena ulahnya sendiri. Seseorang yang memiliki emosi yang tidak stabil akan lebih cepat marah pada hal-hal kecil dan terkesan sangat agresif.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Jenis Pekerjaan Ini Rentan Terkena Nyeri Punggung

Jika kamu merasa memiliki indikasi menjadi karyawan racun di kantor, kamu bisa langsung diskusikan dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Menjadi karyawan racun di kantor akan membuat kamu disukai orang ketika mereka berada di depanmu. Namun, ketika berada dibelakangmu mereka akan membencimu. Apapun alasannya, jangan pernah menjadi tipe karyawan racun agar kamu tidak dibenci. Bekerjalah sesuai aturan, lakukan komunikasi yang baik, serta jauhi hal-hal negatif yang dapat membuat kinerjamu menjadi berantakan, ya.

Referensi:
Fairy Good Boss. Diakses pada 2019. Toxic Employees: Identifying and Dealing With Them Before They Poison the Office.
Workable. Diakses pada 2019. How to Identify and Address ‘Toxic Employees’.