29 January 2019

Jadi Orang Introvert di Kantor, Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Jadi Orang Introvert di Kantor, Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Saat di lingkungan kantor kamu akan menemukan bermacam jenis orang dari beraneka ragam latar belakang. Ada orang yang supel dan mudah bergaul, ia senang sekali berbicara dengan orang sehingga mungkin hal ini membantu kariernya naik. Kepribadian yang terbuka ini disebut ekstrovert. Sementara itu, ada juga orang dengan kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert, disebut dengan introvert. Orang dengan kepribadian ini biasanya lebih pendiam, enggan bicara banyak, tenang, suka menyendiri, dan tidak mudah berinteraksi dengan orang baru.

Orang-orang dengan kepribadian introvert saat bekerja di kantor cenderung mengalami kesulitan dalam bekerja secara kelompok karena keengganan mereka dalam mengungkapkan ide dan pendapat mereka di dalam forum.

Oleh karena itu, orang-orang di kantor lebih sering dinilai apatis, cenderung pasif, dan tidak suka bergaul. Mereka membutuhkan waktu untuk dapat menyeimbangkan ritme kerja, apalagi jika pekerjaan yang dilakukan menuntut mereka lebih aktif dalam menyampaikan gagasan secara lisan. Para introvert lebih senang menyelesaikan pekerjaan yang tidak banyak membutuhkan interaksi atau dengan kata lain dapat terselesaikan secara individu.

Jika kamu adalah salah satu orang dengan ciri kepribadian introvert, bukan berarti kamu tidak akan sukses dalam dunia pekerjaan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan demi kemajuan kariermu. Berikut hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik kepribadian introvert:

Baca Juga: Introvert itu Pendiam, Masa sih? Ini Faktanya

  • Jadilah Diri Kamu Sendiri

Hal yang pertama kamu harus ingat adalah, kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk diterima di lingkungan kerja. Kamu wajib untuk tetap menjadi diri kamu sendiri. Kamu hanya perlu mendekati rekan kerja yang lain dengan cara yang halus dan menghindari kesan terlalu basa-basi. Sebab orang lain tahu apakah kamu benar tulus atau sekedar basa-basi. Sebaiknya, bersikap santai dan tenang saat memulai percakapan.

Selain itu, introvert memiliki keunggulan dibandingkan ekstrovert, sehingga kamu tidak perlu merasa tidak percaya diri. Seorang introvert adalah sosok yang tekun dan giat dalam bekerja, biasanya mereka tidak mudah bosan dan menyerah dengan pekerjaan. Seorang introvert lebih suka mendengarkan dan mengobservasi lingkungan kerja. Oleh karena itu, mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya terlepas dari kurangnya interaksi yang mereka lakukan. Hebatnya, hal ini membuat mereka lebih teliti menyerap informasi dan bekerja dibandingkan orang-orang ekstrovert. Jadi, tidak perlu kamu merubah karakter, terpenting adalah mengetahui waktu untuk menempatkan karakter ini.

Baca Juga: Jangan Salah Paham dengan Ekstrovert, Ini Faktanya

  • Perbanyak Pengetahuan

Kepribadian introvert lebih senang menyendiri, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk memperbanyak pengetahuan. Hal ini bertujuan agar saat memulai komunikasi dengan orang lain kamu tahu topik perbincangan yang bisa dibicarakan sehingga hal ini akan mengurangi kesan basa-basi. Jangan malas untuk membaca berita dan mengetahui perkembangan hal baru atau menyaksikan tayangan acara televisi terbaru sehingga kamu punya bahan obrolan yang pasti membuat komunikasi dengan orang lain lebih lancar dan menarik.

  • Lebih Perhatian

Cobalah untuk mulai lebih perhatian dengan rekan kerjamu, cari tahu apa yang mereka suka dan tidak suka. Seseorang pasti akan senang jika dia merasa diperhatikan. Maka tidak perlu segan untuk mengenal rekan kerja lebih dalam agar obrolan kalian tidak hanya sekadar basa-basi.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Atasi Anak Introvert

Nah, jika suatu hari kamu merasa kurang sehat karena banyak pekerjaan, kamu perlu segera bicara dengan dokter agar cepat pulih. Agar tidak repot ke luar rumah, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.