• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia

Ini 6 Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Lansia berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan seiring dengan berjalannya waktu. Untuk menurunkan risiko tersebut, kamu dapat melakukan sejumlah pola hidup sehat, termasuk bergerak aktif, diet sehat, konsumsi makanan dan minuman sehat, beristirahat yang cukup, dan lain-lain.”

Ini 6 Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan tubuh harus diperhatikan dengan baik. Tujuannya bukan hanya menjaga kesehatan tubuh,  tetapi agar kamu bisa bertahan hidup lebih lama. Saat beranjak menua, seseorang akan mengalami berbagai perubahan dari segi fisik maupun mental. 

Lakukan Ini untuk Menjaga Kebugaran untuk Lansia

Untuk menunjang kesehatan pada lansia, kamu perlu melakukan penyesuaian pola hidup agar tubuh dapat terjaga dengan baik. Berikut ini tips menjaga kebugaran untuk lansia:

1. Tetap Aktif Bergerak

Banyak lansia yang hanya menghabiskan waktu berdiam diri saja di rumah. Padahal, aktif bergerak menjadi salah satu tips untuk menunjang kesehatan fisik dan juga mental. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka kualitas dan harapan hidup menjadi lebih meningkat.

2. Melakukan Diet Sehat

Diet sehat bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh di kemudian hari. Diet sehat dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan takaran nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Tips menjaga kebugaran untuk lansia selanjutnya dapat dilakukan dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Pola makan yang disarankan adalah mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Terkait dengan minuman yang cocok dikonsumsi, disarankan untuk memenuhi asupan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih. Lansia juga diizinkan untuk mengonsumsi teh, kopi, dan jus buah dengan sedikit gula. Sebisa mungkin hindari minuman yang terlalu dingin dan manis. 

4. Beristirahat atau Tidur yang Cukup

Gangguan tidur menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh lansia. Jika ingin tidur dengan nyaman, atur suhu ruangan dengan nyaman, dan matikan lampu. Gunakan humidifier dan aromaterapi jika diperlukan. Waktu tidur yang berkualitas akan berdampak baik pada kesehatan fisik maupun mental. 

5. Menjaga Kesehatan Kognitif

Menjaga kesehatan kognitif bisa dilakukan dengan bermain permainan yang dapat melatih ketajaman ingatan dan kemampuan berpikir. Beberapa jenis permainan yang disarankan, yaitu puzzle atau teka-teki silang. Perbanyak permainan yang membutuhkan keterampilan berpikir setiap harinya.

6. Melakukan Pemeriksaan secara Rutin

Tidak dapat dipungkiri jika pertambahan usia meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi kesehatan secara berkala. Jika memiliki penyakit bawaan, disarankan untuk mengonsumsi obat yang diresepkan secara rutin.

7. Aktif Berkegiatan Sosial

Berkegiatan sosial bisa menjadi tips menjaga kebugaran untuk lansia. Kamu dapat berkumpul dengan sesama lansia lainnya untuk melakukan olahraga, membuat kerajinan tangan, berkebun, memasak bersama, dan menari serta bermain musik. Pastikan kegiatan aman dilakukan, ya!

Itulah tips menjaga kebugaran untuk lansia. Selain melakukan beberapa cara tersebut, kamu juga dapat menunjang kesehatan tubuh dengan konsumsi suplemen dan vitamin yang dibutuhkan. Yuk tingkatkan imunitas & beli vitamin di Halodoc, hemat up to 50% setiap hari Selasa. 

Jaminan harga termurah dan pastinya gratis ongkos kirim dengan syarat dan ketentuan berlaku. Download Halodoc segera dan dapatkan informasi lain seputar kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:

UMH.org. Diakses pada 2022. 5 Fitness Tips for Seniors with Limited Mobility.

NIH. Diakses pada 2022. Staying Motivated to Exercise: Tips for Older Adults.

Help Guide. Diakses pada 2022. Senior Exercise and Fitness Tips.