Ini 8 Jenis Olahraga Khas Indonesia yang Bermanfaat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 8 Jenis Olahraga Khas Indonesia yang Bermanfaat

Halodoc, Jakarta - Olahraga, seperti sepak bola, basket, dan voli mungkin sudah tak lagi asing di telinga. Namun, tahukah kamu jika Indonesia memiliki berbagai jenis olahraga tradisional yang tak hanya seru, tetapi juga bermanfaat dalam melatih ketangkasan fisik? 

Berbeda dengan olahraga pada umumnya, jenis olahraga khas Indonesia ini berasal dari tradisi dan kebudayaan suatu daerah. Nah, karena Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku dan budaya, jenis olahraga tradisionalnya pun sangat beragam. Meski begitu, ada beberapa jenis olahraga khas Indonesia yang telah resmi menjadi cabang olahraga nasional dan internasional, lho. Apa saja ya?

1. Pencak Silat

Olahraga bela diri khas Indonesia ini konon sudah ada sejak abad ke-7 Masehi. Itulah sebabnya banyak pendekar dari kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dahulu yang terkenal jago bela diri. Hal ini terlihat dari artefak senjata pada zaman Kerajaan Hindu-Budha dan relief posisi kuda-kuda silat di Candi Prambanan dan Borobudur. Hingga saat ini, olahraga pencak silat masih populer, bahkan telah dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga di ajang internasional.

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

2. Sepak Takraw

Meski sempat diklaim oleh beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Laos, Filipina, dan Thailand, sepak takraw sesungguhnya merupakan olahraga khas dan asli Indonesia, yang berasal dari Sulawesi Selatan. Olahraga ini pertama kali ditemukan saat masa Kesultanan Melayu, pada abad ke-15. 

Cara memainkannya pun cukup unik. Seperti menggabungkan olahraga sepak bola dan voli, yaitu dengan menyepak bola hingga melampaui net yang dibentangkan di tengah lapangan. Selain seru, melakukan olahraga ini juga dapat melatih kekuatan otot-otot kaki.

3. Lompat Batu

Lompat batu merupakan olahraga khas Indonesia yang merupakan tradisi masyarakat Pulau Nias. Awalnya, olahraga ini dilakukan sebagai persiapan sebelum perang. Pemuda Nias yang berhasil melakukan olahraga ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik, serta siap untuk menikah. 

Itulah sebabnya alih-alih menganggapnya olahraga, lompat batu bagi masyarakat Nias lebih seperti tradisi, yang jika berhasil dilakukan akan menjadi kebanggaan bagi sang pemuda dan keluarganya. Karena merupakan sebuah kebanggaan pula, keluarga biasanya akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak. 

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

4. Egrang

Menggunakan dua bilah tongkat panjang yang dirancang agar seseorang bisa berdiri di atas ketinggian tertentu, egrang juga merupakan salah satu olahraga khas Indonesia yang cukup populer. Berjalan di atas egrang dapat melatih keseimbangan dan otot-otot tubuh. Meski awalnya egrang digunakan untuk menghindari genangan air atau banjir, kini olahraga ini kerap dijadikan perlombaan, seperti pada peringatan hari Kemerdekaan.

5. Karapan Sapi

Olahraga khas Indonesia ini berasal dari Madura, Jawa Timur, yang biasa dilombakan pada bulan Agustus hingga Oktober setiap tahunnya. Seperti namanya, karapan sapi dilakukan dengan menggunakan sepasang sapi yang diikat pada kereta dari kayu yang dikendalikan oleh joki, dan beradu cepat dengan sapi lainnya. Sama seperti egrang, olahraga karapan sapi juga bermanfaat dalam melatih keseimbangan tubuh.

6. Pathol

Selain pencak silat, Indonesia juga punya satu jenis olahraga bela diri lainnya, yaitu pathol. Olahraga sejenis gulat tradisional ini berasal dari Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Awalnya, pathol merupakan acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa diamanatkan untuk menjaga pelabuhan Tuban, yang pada waktu itu rentan diserang perompak dan penyamun. 

Namun kini, pathol kerap dijadikan sebagai suatu olahraga bela diri, seperti halnya silat. Gulat pathol biasanya digelar di pesisir pantai menjelang purnama, atau pada hari-hari istimewa seperti upacara sedekah laut, yang merupakan tradisi masyarakat setempat. 

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

7. Pacu Jalur

Dikelilingi oleh perairan, rasanya tidak lengkap jika Indonesia tidak memiliki jenis olahraga air. Adalah pacu jalur, olahraga perahu dayung tradisional asli Riau, yang menggunakan perahu sepanjang 25–40 meter dengan awal sebanyak 40–60 orang. 

Olahraga ini awalnya diselenggarakan di desa-desa sepanjang Sungai Kuantan, untuk memperingati hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau Tahun Baru Islam. Namun kini, olahraga pacu jalur sudah masuk ke dalam event tahunan nasional, setiap tanggal 23–26 Agustus. 

8. Bakiak/Terompah/Galuak

Meski seperti permainan, bakiak atau yang juga dikenal dengan nama terompah atau galuak merupakan olahraga tradisional asli Indonesia. Sebab untuk melakukannya, dibutuhkan ketangkasan fisik, kerja sama, kreativitas, wawasan, serta kejujuran. Alat untuk melakukan olahraga ini terbuat dari terompah deret dari papan, yang kemudian diberi tali karet sebagai selop. Dalam satu bakiak minimal dimainkan oleh 3 orang.

Itulah beberapa jenis olahraga khas Indonesia, yang tak hanya seru, tetapi juga menyehatkan badan. Sebelum melakukan olahraga-olahraga tersebut, jangan lupa untuk melakukan pemanasan, agar otot-otot tidak kaget, ya. Jika kamu mengalami cedera atau gangguan setelah melakukan olahraga, diskusikan kondisi dengan dokter di aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter bisa dilakukan lewat fitur Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Now! Jakarta. Diakses pada 2019. Do You Know These Indonesian Traditional Sports?
Geocities. Diakses pada 2019. Ethnic Sports.