01 November 2017

Ini Alasan Tersembunyi Kenapa Orang Selingkuh

Ini Alasan Tersembunyi Kenapa Orang Selingkuh

Halodoc, Jakarta – Mempunyai pasangan yang saling mencintai dan saling mengerti tanpa ada pertengkaran adalah sebuah idaman bagi setiap pasangan suami istri, khususnya bagi mereka yang telah menjalin hubungan tersebut sekian lamanya. Namun, seiring berjalannya suatu hubungan, tingkat keharmonisan pun mulai memuai dengan adanya beberapa faktor seperti perselingkuhan.

Pada umumnya, selingkuh sendiri tak hanya dilakukan oleh kaum adam. Tetapi juga dilakukan oleh para wanita. Lalu timbullah berbagai pertanyaan mengenai perselingkuhan, seperti “kenapa mereka berselingkuh? Apakah mereka sudah tidak saling mencintai?” dan lain sebagainya. Untuk sebagian pasangan, selingkuh merupakan suatu kesalahan yang fatal dan tak dapat dimaafkan. Bahkan sering kali mereka mililih untuk segera mengakhiri hubungannya yang sudah ternodai tersebut. Berdasarkan survey yang dilansir dari Prevention, sebanyak 51% responden mengatakan penyebab adanya perselingkuhan karena kurangnya intensitas berhubungan intim dengan pasangan atau bahkan mereka hanya sekedar ingin mencoba selingkuh. Nyatanya bukan hanya intensitas hubungan seksual saja yang menjadi sumber utama penyebab suatu perselingkuhan, namun juga “emotional abuse” dalam suatu hubungan juga berperan penting.

Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya perselingkuhan yang terjadi diantara hubungan suami-istri? Perhatikan berikut beberapa alasan tersembunyi dari selingkuh:

Adanya rasa saling tidak puas
Penyebab selingkuh yang pertama yaitu adanya rasa saling tidak puas akan kurang memahami kemauan pasangan. Umumnya sebagian wanita begitu mudah menyampaikan hasrat tidak puas dalam suatu hubungan kepada si Dia. Tetapi beda halnya dengan pria yang sulit untuk menyampaikannya pada wanita kesayangannya tersebut, sehinga kamu pun sebagai wanita sulit mengetahui kapan sang suami ingin di mengerti. Untuk itu, cobalah untuk saling memahami apa yang diinginkan oleh pasanganmu dengan membicarakan berdua.

Merasa “klik” dengan teman kerja
Sebanyak 40% sering kali seseorang yang bekerja di kantoran, berselingkuh dengan teman kantornya. Hal ini terjadi karena seringnya intensitas bertemu dengan orang ketiga, membuat pasangan kamu pun terasa dihargai olehnya. Oleh karena itu, sangatlah penting membuat pasangan merasa dihargai di rumah.

Kepuasan emosional mengalami penurunan
Agar hubungan terjaga keintimannya, maka diperlukan hasrat untuk memuaskan kepuasan secara emosional dengan pasangan. Perselingkuhan yang satu ini biasanya tak melibatkan unsur sekualitas, namun secara tak disadari, rasa emosional akan kedekatan dengan orang ketika yang tumbuh begitu saja seiring dengan berjalannya waktu.

Adanya unsur balas dendam
Pada suatu hubungan suami istri, tentu ada titik jenuhnya sendiri yang bisa menimbulkan perselingkuhan. Titik jenuh disini pun membuat pasangan menjadi selingkuh dengan orang lain. Saat pasangan kamu berselingkuh dan kamu mengetahuinya, tak jarang kamu pun ikut melakukan hal yang sama karena ingin melakukan balas dendam tersebut.

Rasa minder terhadap pasangan sendiri
Rasa minder timbul ketika seseorang tak lagi percaya akan dirinya sendiri yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti status sosial pasangannya. Dengan adanya rasa minder, maka kamu pun menjadi insecure akan kemampuan diri sendiri sehingga timbullah rasa ingin berselingkuh dengan orang ketiga yang membuat diri yakin akan kemampuan yang dimilikinya tanpa harus bermuka dua didepan pasangannya.

Jenuh atau bosan dengan pasangan
Rasa jenuh atau bosan pun terjadi khususnya bagi kamu yang sudah melalui hidup bersama dengan pasangan yang cukup lama. Rasa bosan sendiri pun tak dapat dihindari, sehingga hal tersebut menjadi pemicu dalam perselingkuhan. Untuk karena itu, buatlah selalu aktivitas-aktivitas diluar kebiasaan kamu dan pasangan sehari-hari, contohnya dengan melakukan pergi liburan berdua, ataupun kegiatan lainnya.


Banyaknya alasan-alasan tersembunyi dibalik selingkuh yang telah disebutkan diatas, dapat membuat kamu mendapatkan banyak pelajaran yang didapat. Apabila kamu sudah mencium “aroma” perselingkuhan tersebut, kamu dapat berdiskusi dengan dokter ahli menggunakan aplikasi Halodoc. Ribuan dokter disana, siap membantu masalah psikologi dalam suatu hubungan dengan dapat dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan agar tubuh tetap fit yang dapat dibeli di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.