23 February 2018

Jangan Lakukan Ini Saat Marah

Jangan Lakukan Ini Saat Marah

Halodoc, Jakarta – Marah itu wajar, apalagi saat kamu menghadapi situasi yang bikin kesal dan kecewa. Tapi, semarah apapun kamu terhadap seseorang, ada beberapa hal yang enggak boleh kamu lakukan. Karena selain bikin situasi memburuk, dampak emosi berlebihan juga dapat merusak hubungan kamu dengan teman atau keluarga. Tentunya, kamu enggak mau kan menyesal karena meluapkan emosi berlebihan, kan? Agar tidak salah, simak beberapa hal yang enggak boleh kamu lakukan saat marah di sini, yuk!

  1. Tidur

Marah-marah itu bikin capek. Mungkin karena itu, ada orang yang memilih tidur saat marah. Padahal, tidur adalah hal yang perlu dihindari saat marah. Ini karena sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa tidur saat marah hanya akan memperkuat emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Jadi, bukannya tidur nyenyak, justru tidur saat marah bisa membuat kamu insomnia atau terbangun di malam hari. Akibatnya, kamu akan terbangun di pagi hari masih dalam keadaan lelah dan mengantuk.

  1. Pakai Media Sosial

Di era media sosial sekarang ini, enggak hanya foto yang dibagikan ke banyak orang, melainkan perasaan juga. Sebenarnya sah-sah saja. Tapi saat kamu sedang marah, hindari membuka media sosial apapun agar kamu enggak meluapkan amarah di sana. Selain bikin "image" kamu terganggu, marah-marah di sosial media juga dapat menyinggung perasaan orang lain.

  1. Kirim Pesan

Kalau lagi marah sama orang, terkadang ingin langsung diungkapkan meskipun hanya lewat pesan singkat. Tapi lebih baik, kamu menghindari kirim pesan singkat saat marah, ya. Selain bisa bikin salah paham, kirim pesat saat marah juga enggak akan menyelesaikan masalah.

  1. Berkata Kasar

Kalau sedang marah, pikiran seseorang biasanya enggak jernih. Jadi, jangan heran jika ada orang yang mengeluarkan kata-kata kasar untuk melampiaskan amarahnya. Kamu jangan mencontohnya, ya. Karena selain membuat situasi memburuk, mengeluarkan kata-kata kasar saat marah juga dapat merusak hubungan kamu dengan orang lain. Kata-kata yang perlu dihindari saat marah adalah kata makian, pisah atau cerai, julukan buruk, menghina, menyalahkan, dan membandingkan orang lain.

  1. Buat Keputusan

Sebisa mungkin, hindari membuat keputusan saat marah. Ini karena pada saat marah, orang cenderung kurang objektif dalam membuat keputusan sehingga hasil keputusannya enggak akan maksimal. Jadi sebaiknya, tenangkan diri kamu sebelum mengambil keputusan agar kamu tidak menyesal nantinya.

  1. Mengendarai Kendaraan

Mengendarai kendaraan saat marah justru bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ini karena saat marah, konsentrasi kamu tidak dalam keadaan optimal. Padahal saat berkendara, kamu membutuhkan konsentrasi dan pikiran yang tenang. Sebuah studi bahkan telah menemukan bahwa orang yang sedang marah cenderung bersikap agresif dan ceroboh saat mengemudi, sehingga bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jadi, lebih baik hindari mengendarai kendaraan sendiri atau tunggu hingga amarah mulai mereda.

  1. Beralih ke Hal Buruk

Beralih ke hal buruk, seperti alkohol, rokok, narkoba, dan lainnya saat marah bukanlah pilihan yang tepat. Selain bisa mengganggu kesehatan, hal ini akan membuat kamu kembali "terjebak" dalam kebiasaan tersebut. Jadi, agar tidak menjadi kebiasaan, hindari melampiaskan emosi ke hal-hal tersebut, ya. Ada baiknya saat kamu marah, kamu mengalihkan amarah ke aktivitas yang menyenangkan, misalkan jalan-jalan, karaokean, belanja, olahraga, dan lainnya.

Enggak hanya bikin capek, tapi dampak emosi berlebihan alias marah juga bisa bikin otot-otot menjadi tegang, sistem pencernaan terganggu, sakit kepala, dan tekanan darah tinggi. Agar tidak berdampak ke kesehatan, kamu bisa bicara dengan dokter di Halodoc jika kamu punya keluhan dalam mengendalikan amarah. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa bicara dengan dokter kapanpun dan dimanapun melalui Chat dan Video/Voice Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.