04 October 2018

Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dan Batu Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih, penyebab infeksi saluran kemih

Halodoc, Jakarta - Infeksi saluran kemih dan batu kandung kemih merupakan dua penyakit pada saluran kemih yang disebut-sebut memiliki hubungan sebab dan akibat. Batu kandung kemih secara khusus dianggap sebagai penyebab infeksi saluran kemih.

Sebelum mengetahui apa penyebab, gejala, dan cara pencegahannya. Inilah penjelasan mengenai definisi infeksi saluran kemih dan batu kandung kemih.

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan penyakit pada saluran kemih, yaitu uretra, kandung kemih, dan ureter. Biasanya wanita lebih sering mengidap penyakit ini. Hal ini dikarenakan saluran kemih wanita lebih pendek dibanding pria, dan wanita lebih cenderung sering menahan hasrat untuk  buang air daripada pria. Biasanya, wanita yang mengidap penyakit ini mampu mengalami infeksi saluran kemih secara berulang-ulang, kadang-kadang selama bertahun-tahun.

2. Batu Kandung Kemih

Penyakit ini merupakan penyakit yang terbentuk dari batu yang terbentuk dari endapan mineral yang ada di dalam kandung kemih. Ukuran batu kandung kemih sangat bervariasi dan semua orang punya risiko untuk mengidap penyakit ini. Namun, laki-laki lanjut usia yang berusia diatas 52 tahun lebih sering mengalaminya. Terutama, bagi mereka yang mengidap penyakit pembesaran prostat.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Batu Kandung Kemih

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan alasan utama kenapa wanita perlu menyeka area kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil. Hal ini karena uretra, organ yang berbentuk selang yang mengangkut urin dari kandung kemih keluar tubuh, terletak di dekat anus.

Bakteri dari usus besar, seperti e coli berada dalam posisi sempurna untuk berpindah dari anus menuju uretra. Dari sana, bakteri dapat melakukan perjalanan sampai ke kandung kemih. Jika infeksi tidak diobati, ginjal pun bisa terkena infeksi.

Wanita mungkin sangat rentan terhadap penyakit infeksi saluran kemih, karena mereka memiliki uretra yang lebih pendek, yang memungkinkan bakteri dapat menuju kandung kemih dengan cepat. Berhubungan intim juga dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam saluran kemih. Hal ini yang menyebabkan pentingnya mencuci area miss V setelah berhubungan intim.

2. Batu Kandung Kemih

Penyebab utama dari batu kandung kemih adalah adanya endapan-endapan mineral dari proses penyaringan darah di ginjal. Secara alami, ginjal membersihkan darah tiap hari dengan menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urin. Jika zat-zat tersebut terlalu banyak kadarnya dibanding dengan cairan yang berfungsi sebagai pelarut, hal ini dapat terjadi pengendapan pada ginjal. Faktor penyebab lainnya karena ginjal kekurangan bahan yang berfungsi mencegah endapan kristal yang menggumpal berbentuk batu.

Endapan ini disebabkan oleh makanan atau adanya masalah kesehatan. Berdasarkan bahan pembentuknya, batu ginjal dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu amonia, dan batu sistin. Endapan-endapan itu nantinya akan menumpuk seiring berjalannya waktu dan mengeras atau mengkristal di dalam tubuh.

Lalu, Bagaimana Cara Pencegahannya?

Cara mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan menjaga kebersihan organ intim kamu setelah buang air atau melakukan hubungan intim. Dengan terjaganya kebersihan organ intim kamu, kamu akan terhindar dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Lalu bagaimana dengan batu kandung kemih? Pencegahannya adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh setiap harinya, yaitu perbanyak minum air putih. Selain itu, pola makan juga perlu dijaga agar tidak menyebabkan penumpukan material tertentu yang bisa berdampak pada batu kandung kemih.

Segeralah berdiskusi dengan dokter ahlinya apabila kamu mempunyai masalah infeksi saluran kemih atau batu kandung kemih. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa berdiskusi langsung melalui Chat, Voice/Video Call di mana pun dan kapan pun. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: