• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Kanker lambung sulit dikenali pada awalnya, karena gejala yang ditimbulkan mirip dengan banyak kondisi kesehatan lainnya. Itulah mengapa banyak pengidap jenis kanker ini yang terlambat mendapatkan pengobatan. Penting untuk mengetahui gejala-gejala yang mengindikasikan kanker lambung. Dengan begitu, kanker bisa ditemukan lebih awal sehingga masih mudah untuk diobati.”

Halodoc, Jakarta - Kanker lambung atau kanker perut adalah gangguan yang terjadi ketika sel-sel kanker terbentuk di lapisan dalam perut. Sel-sel ini bertumbuh menjadi tumor dengan lambat selama bertahun-tahun.

Jika kamu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dari kanker lambung, kamu dan dokter mungkin dapat menemukannya lebih awal, sehingga saat tersebut adalah momen yang paling mudah untuk diobati.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Lambung

Gejala Kanker Lambung

Terdapat beberapa gejala yang terkait dengan kanker lambung. Namun, karena gejala tersebut juga terjadi dalam banyak kondisi lain yang kurang serius, kanker lambung mungkin sulit dikenali pada awalnya. Maka dari itu, banyak pengidap kanker lambung tidak terdiagnosis sampai penyakitnya sudah parah.

Gejala awal kanker lambung dapat meliputi:

  • Sensasi sangat kenyang saat makan.
  • Kesulitan menelan, dikenal sebagai disfagia.
  • Perasaan kembung setelah makan.
  • Sering bersendawa.
  • Gangguan pencernaan yang tidak hilang.
  • Sakit perut, atau sakit di tulang dada.
  • Muntah, yang mungkin mengandung darah.

Tanda-tanda dan gejala-gejala lainnya yang harus dilihat sebagai hal yang mendesak pada orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker perut, yaitu:

  • Disfagia atau kesulitan untuk menelan.
  • Gangguan pencernaan, dikombinasikan dengan penurunan berat badan yang tak terduga, muntah, atau anemia, serta kelelahan dan sesak napas.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Gejala Kanker Lambung dan Maag?

Diagnosis Kanker Lambung

Dokter biasanya tidak melakukan pemeriksaan rutin untuk kanker lambung, karena itu bukanlah hal yang umum. Namun, bila kamu berisiko tinggi terkena kanker lambung, bicarakan pada dokter mengenai bagaimana cara untuk mewaspadainya. Kamu mungkin juga perlu menjalani beberapa tes jika kamu mengalami gejala yang dicurigai sebagai gejala kanker lambung.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap kanker perut, pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan untuk melihat apakah kamu memiliki faktor risiko kanker perut atau anggota keluarga pernah mengalaminya. Setelah itu, kamu akan mendapatkan beberapa tes, termasuk:

1.Tes Kamera

Tes ini disebut juga gastroskopi (sejenis endoskopi) yang dilakukan untuk mencari masalah di dalam perut, termasuk kanker lambung.

Selama gastroskopi, sebuah tabung panjang tipis, fleksibel dengan kamera kecil di dalamnya (endoskop) akan dimasukkan ke dalam mulut, melalui tenggorokan, ke dalam perut. Seorang dokter atau spesialis akan menggunakan kamera di endoskopi untuk menemukan masalah apa pun di dalam perut. 

Bila ada area yang mencurigakan yang ditemukan selama endoskopi bagian atas, dokter mungkin akan menggunakan alat khusus untuk mengambil sampel jaringan (biopsi) untuk pengujian. Sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Tes ini tidak sakit, hanya menimbulkan ketidaknyamanan. Tes ini biasanya berlangsung sekitar 10-15 menit.

2.Pemeriksaan Barium X-ray

Pemeriksaan X-ray barium ini dilakukan dengan membuat seseorang yang akan diperiksa untuk minum cairan berkapur yang mengandung zat yang disebut barium, yang membuat perut muncul di X-ray. Namun, saat ini, hal ini lebih jarang digunakan untuk mendiagnosis kanker lambung. 

Organ-organ seperti perut biasanya tidak muncul pada X-ray, karena terbuat dari jaringan lunak yang tidak cukup padat untuk menghentikan sinar-X yang lewat. Namun, ketika organ-organ ini diisi dengan barium, barium dapat menghalangi sinar-X dan muncul putih pada layar sinar-X.

3.Pemindaian Ultrasound pada Hati

Jika dokter kamu berpikir kanker perut mungkin telah menyebar ke hati, maka mungkin perlu untuk melakukan USG hati. Jenis pemindaian ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar hati pada tubuh.

Baca juga: Penyakit Maag Bisa Berujung Kanker Lambung?

Itulah cara untuk mendiagnosis kanker lambung. Jika kamu mengalami gejala-gejala kanker lambung seperti di atas, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call atau Chat, dokter terpercaya dari Halodoc bisa memberi diagnosis awal dan saran kesehatan yang tepat untuk kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Google Play atau App Store. 



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Stomach Cancer.
National Health Service. Diakses pada 2021. Stomach Cancer.