• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengobati Luka Bakar Berdasarkan Tingkatannya

Ini Cara Mengobati Luka Bakar Berdasarkan Tingkatannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Cara Mengobati Luka Bakar Berdasarkan Tingkatannya

Halodoc, Jakarta - Luka bakar adalah salah satu cedera paling umum yang terjadi, terutama di rumah, saat memasak misalnya. Dinamakan “luka bakar”, karena jenis luka yang satu ini terjadi karena adanya paparan panas, dan timbul sensasi terbakar ketika mengalaminya. 

Luka bakar ditandai dengan kerusakan kulit parah yang menyebabkan sel-sel kulit mati. Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa konsekuensi kesehatan yang serius, tergantung pada penyebab dan tingkat cedera. Namun, luka bakar yang lebih serius membutuhkan perawatan medis darurat segera untuk mencegah komplikasi dan kondisi fatal.

Baca juga: Memakai Odol Dapat Sembuhkan Luka Bakar, Mitos atau Fakta?

Mengobati Luka Bakar Berdasarkan Tingkatannya

Secara umum, ada tiga tingkatan luka bakar yang didasarkan pada tingkat keparahan kerusakan pada kulit. Luka bakar tingkat pertama adalah yang paling ringan dan tingkat ketiga adalah yang paling parah. Berikut ini kerusakan yang ditimbulkan luka bakar berdasarkan tingkatannya:

  • Luka bakar tingkat satu: merah, kulit tidak melepuh.
  • Luka bakar tingkat dua: melepuh dan kulit menebal.
  • Luka bakar tingkat tiga: ketebalannya meluas dengan tampilan putih kasar.

Selain itu, ada juga luka bakar tingkat empat. Jenis luka bakar ini mencakup semua gejala luka bakar tingkat tiga dan juga meluas ke luar kulit hingga ke tendon dan tulang.

Berikut ini cara mengobati luka bakar berdasarkan tingkatannya:

1.Luka Bakar Tingkat Satu

Luka bakar tingkat satu hanya menyebabkan kerusakan kulit yang minimal. Mereka juga disebut “luka bakar superfisial” karena hanya memengaruhi lapisan kulit terluar. Tanda-tanda luka bakar tingkat satu meliputi kemerahan, peradangan ringan, atau pembengkakan, kulit kering dan mengelupas terjadi saat luka bakar sembuh.

Luka bakar ini memengaruhi lapisan atas kulit, sehingga tanda dan gejala menghilang begitu sel kulit terlepas. luka bakar tingkat satu biasanya sembuh dalam 7 sampai 10 hari tanpa bekas luka. Luka bakar tingkat satu biasanya dirawat dengan perawatan rumahan. 

Waktu penyembuhan mungkin lebih cepat jika kamu sesegera mungkin menanganinya. Perawatan untuk luka bakar tingkat satu meliputi:

  • Merendam luka dalam air dingin selama lima menit atau lebih.
  • Minum acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.
  • Mengoleskan gel atau krim lidah buaya untuk menenangkan kulit.
  • Menggunakan salep antibiotik yang diresepkan dokter dan lepas kain kasa untuk melindungi area yang terkena.

Pastikan kamu tidak menggunakan es, karena ini dapat memperburuk kerusakan. Jangan sekali-kali mengoleskan bola kapas pada luka bakar karena serat kecilnya dapat menempel pada luka dan meningkatkan risiko infeksi. Selain itu, hindari pengobatan rumahan seperti odol, mentega, dan telur karena tidak terbukti efektif.

Baca juga: Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Terkena Minyak Panas

2.Luka Bakar Tingkat Dua

Luka bakar tingkat dua lebih serius karena kerusakannya melampaui lapisan atas kulit. Jenis luka bakar ini menyebabkan kulit melepuh dan menjadi sangat merah dan perih, bahkan bisa juga terlihat basah. Seiring waktu, jaringan tebal, lunak, seperti keropeng yang disebut eksudat fibrinosa dapat terbentuk di atas luka.

Karena sifat lembut dari luka ini, menjaga kebersihan area dan membalutnya dengan benar diperlukan untuk mencegah infeksi. Ini juga membantu luka bakar sembuh lebih cepat. Beberapa luka bakar tingkat dua membutuhkan waktu lebih dari tiga minggu untuk sembuh.

Semakin parah, semakin lama luka bakar akan sembuh. Dalam beberapa kasus yang parah, pencangkokan kulit diperlukan untuk memperbaiki kerusakan. Pencangkokan kulit mengambil kulit sehat dari area lain di tubuh dan memindahkannya ke tempat kulit yang terbakar.

Seperti luka bakar tingkat satu, hindari penggunaan bola kapas dan pengobatan rumahan yang meragukan. Perawatan untuk luka bakar tingkat dua yang ringan biasanya meliputi:

  • Bilas kulit dengan air dingin selama 15 menit atau lebih.
  • Minum obat nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen.
  • Mengoleskan krim antibiotik untuk luka.

Namun, carilah perawatan medis darurat jika luka bakar menyerang area yang luas, termasuk wajah, tangan, pantat, dan kaki.

Baca juga: Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

3.Luka Bakar Tingkat Tiga

Tidak termasuk luka bakar tingkat empat, luka bakar tingkat tiga adalah yang paling parah. Mereka menyebabkan kerusakan paling parah, meluas ke setiap lapisan kulit. Ada kesalahpahaman bahwa luka bakar tingkat tiga adalah yang paling menyakitkan. Namun, pada luka bakar jenis ini kerusakannya sangat luas sehingga mungkin tidak ada rasa sakit karena kerusakan saraf.

Tanpa operasi, luka bakar tingkat tiga dapat sembuh dengan jaringan parut dan kontraktur yang parah. Tidak diketahui pasti berapa lama penyembuhan total untuk luka bakar tingkat tiga.

Jangan pernah mencoba merawat luka bakar tingkat tiga sendiri. Segera hubungi ambulans atau pergi ke instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat. Sementara menunggu pertolongan medis, pastikan posisi luka bakar lebih tinggi dari jantung. 

Misal, jika luka ada di kaki, berbaringlah sambil menyangga kaki agar lebih tinggi dari jantung. Jangan melepas pakaian, tapi pastikan tidak ada pakaian yang menempel di luka bakar.

Itulah cara mengobati luka bakar berdasarkan tingkatannya. Jika kamu mengalami luka bakar tingkat satu atau yang ringan, kamu bisa membeli obat pereda nyeri lewat aplikasi Halodoc. Namun, jika alami luka bakar yang lebih parah, sebaiknya segera temui dokter.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Thermal Burns Treatment.
Healthline. Diakses pada 2021. Burns: Types, Treatments, and More.