13 March 2019

Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Luka bakar adalah sebuah cedera yang terjadi pada jaringan tubuh, yaitu kulit. Luka bakar yang terjadi dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan yang terjadi, mulai dari yang ringan hingga yang dapat mengancam jiwa. Sebagian luka bakar yang terjadi umumnya hanya terjadi pada lapisan kulit paling atas. Dalam tahap parah, luka bakar yang terjadi juga dapat mengenai tulang.

Luka bakar yang terjadi terbagi menjadi beberapa kategori, tergantung pada seberapa dalam kulit tersebut mengalami luka. Tingkat keparahan dari luka bakar disebut dengan tingkatan. Luka bakar terbagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkat pertama, kedua, ketiga, hingga keempat. Semakin tinggi tingkat yang dialami seseorang, semakin parah pula luka bakar yang terjadi.

Baca Juga: 3 Pertolongan Pertama Luka Bakar yang Ternyata Salah

Berikut penjelasan mengenai tingkat keparahan luka bakar tersebut:

  1. Tingkat Pertama

Pada tingkat ini, luka bakar yang terjadi hanya mengenai lapisan luar kulit. Salah satu contoh luka bakar ini adalah terbakar matahari ringan. Kulit kamu akan memerah dan sakit, tetapi tidak terjadi lepuhan apapun atau kerusakan jangka panjang.

  1. Tingkat Kedua

Pada tingkat ini, luka bakar tersebut akan terjadi pada lapisan luar kulit dan juga lapisan bawahnya (dermis) yang rusak. Kulit akan menjadi merah, bengkak, dan mungkin akan terlihat lebih terang. Selain itu, kamu mungkin akan merasakan kulit yang melepuh dan luka bakar yang sakit apabila disentuh. Luka bakar ini dapat meninggalkan bekas luka atau menyebabkan perubahan permanen pada warna kulit.

  1. Tingkat Ketiga

Pada tingkat ini, jenis cedera yang terjadi dapat menghancurkan dua lapisan kulit sepenuhnya. Kulit yang mengalami luka bakar tingkat ketiga akan terlihat berwarna hitam, cokelat, putih, atau kuning. Hal ini tidak akan menyebabkan rasa sakit, karena luka bakar yang terjadi merusak ujung saraf.

  1. Tingkat Keempat

Luka bakar pada tingkat empat adalah luka bakar yang paling dalam dan paling parah. Hal ini dapat mengancam nyawa seseorang yang mengalaminya. Luka bakar ini dapat menghancurkan lapisan kulit, seperti otot dan tendon, sehingga tulang dapat terlihat. Selain itu, luka bakar yang terjadi dapat menyebar dan cedera yang timbul menjadi lebih parah dibanding sebelumnya.

Baca Juga: Anak Terkena Luka Bakar? Obati dengan Cara Ini

Menyembuhkan Luka Bakar Tingkat Empat

Luka bakar tingkat empat dapat digambarkan sebagai kerusakan yang parah pada kulit dan jaringan di bawahnya. Luka bakar pada tingkat empat ini dapat menyebabkan jaringan otot dan tulang terlihat. Pada tingkat ini, seluruh kulit akan terbakar, serta kulit di sekitarnya akan terlihat menghitam dan hangus.

Luka bakar pada tingkat ini harus ditangani oleh ahli medis. Solusi pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi luka bakar yang terjadi adalah mengalirkan air, yang mungkin menimbulkan komplikasi apabila hal tersebut dilakukan. Setelah itu, mendinginkan area pada kulit yang terbakar terlalu cepat dapat menyebabkan orang tersebut mengidap hipotermia, karena tubuh kesulitan mengembalikan ke suhu normal.

Setelah dibawa ke rumah sakit, orang yang mengalami luka bakar tersebut akan mendapatkan fasilitas medis. Dokter akan mulai merawat luka bakar yang terjadi dan menyelesaikan komplikasi yang terjadi. Pengidapnya akan menerima cairan intravena untuk mencegah dehidrasi dan diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi. Selain itu, mungkin akan dilakukan cangkok kulit untuk mengembalikan lapisan pelindung yang terbakar.

Baca Juga: Ketahui Proses Penyembuhan pada Luka Bakar

Itulah cara menyembuhkan luka bakar yang terjadi hingga tulang terlihat. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait luka bakar, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!