Penting Diketahui, Ini 7 Cara Efektif Mengatasi Batuk Berdahak

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Ada sejumlah cara alami yang dapat kamu coba untuk mengatasi batuk berdahak. Mulai dari mengonsumsi jeruk nipis dengan kecap atau madu hingga melakukan tindakan preventif.”

Penting Diketahui, Ini 7 Cara Efektif Mengatasi Batuk BerdahakPenting Diketahui, Ini 7 Cara Efektif Mengatasi Batuk Berdahak

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Batuk Berdahak


Halodoc, Jakarta – Batuk adalah mekanisme alami tubuh yang bertujuan untuk mendorong lendir, dari sistem pernapasan sehingga pengidapnya bisa bernapas lebih mudah. Salah satu jenis batuk yang kerap menyerang adalah batuk berdahak. 

Jenis batuk ini umumnya terjadi terutama pada musim penghujan yang rentan membuat seseorang terjangkit flu atau pilek. Meski terkesan sebagai penyakit ringan, tapi kondisi ini bisa mengganggu aktivitas, sehingga perlu segera kamu atasi. 

Apa Penyebab batuk Berdahak?

Batuk berdahak dapat terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas. Misalnya seperti pilek atau flu. Selain itu, infeksi bakteri atau virus, bronkitis, pneumonia, asma, alergi, atau paparan zat-zat iritan juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Resep Alami Agar Batuk Berdahak Hilang 

Lain penanganan batuk biasa, lain pula penanganan batuk berdahak. Berikut adalah beberapa resep alami atau perawatan rumahan untuk mengatasi kondisi ini: 

1. Konsumsi jeruk nipis dengan kecap atau madu

Campuran jeruk nipis dan kecap manis sudah dikenal sebagai obat alami yang dapat meredakan batuk berdahak. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. 

Penggunaan kecap juga dapat diganti dengan madu untuk memberikan rasa manis pada perasan jeruk nipis yang sangat asam.

2. Daun sirih dan jahe

Daun yang dikenal sebagai obat alami untuk masalah kewanitaan ini ternyata juga berkhasiat meredakan batuk. Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah dipotong dan tambahkan dengan jahe, lalu minum air rebusan tersebut minimal satu hari sekali untuk menghangatkan tenggorokan. 

3. Menghirup Uap

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menghirup uap sebagai cara alternatif untuk obat batuk berdahak. Untuk melakukannya, cobalah untuk mandi air hangat dan biarkan kamar mandi terisi uap. Banyak orang meyakini bahwa cara ini dapat meredakan gejala dari jenis batuk tersebut.

4. Teh thyme dan cengkeh

Penelitian menunjukkan bahwa thyme dan cengkeh memiliki sifat antimikroba. Baik sebagai minyak esensial atau tingtur (ekstrak bahan tumbuhan). Sebab keduanya dapat membantu tubuh melawan infeksi saluran pernapasan atas. Alhasil, para ahli menganggap kalau kedua bahan alami ini dapat menjadi pilihan pengobatan batuk berdahak. 

Untuk membuatnya, kamu bisa menambahkan thyme segar dan daun cengkeh ke dalam air mendidih. Biarkan mendidih selama 10 menit. Kemudian saring dan sajikan selagi hangat.

5. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi dahak dan lendir pada bagian belakang tenggorokan. Menariknya lagi, air garam juga dapat membantu membunuh kuman di mulut dan tenggorokan. 

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengaduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Ketika garam sudah larut dalam air, biarkan air garam tersebut dingin. 

Kemudian gunakanlah untuk berkumur. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari hingga batuk membaik. 

6. Probiotik

Salah satu jenis probiotik, yaitu bakteri Lactobacillus dapat memberikan manfaat sederhana dalam mencegah flu biasa. Hal ini berdasarkan penelitian yang lebih tua yang terbit pada tahun 2013 silam. 

Bahkan, studi lain yang terbit pada tahun 2016 silam juga menemukan bahwa mengonsumsi probiotik dapat membantu mengurangi frekuensi infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. 

7. Tindakan preventif

Selain hal di atas, ada pula tindakan preventif agar kondisi ini tak semakin parah. Nah, bila kamu sudah merasakan adanya gejala batuk berdahak seperti tenggorokan terasa gatal atau pilek, lakukan tips berikut: 

  • Usahakan agar badan tetap hangat dengan cara menggunakan jaket, minum air jahe dan minuman yang hangat, mandi air hangat, dan lain-lain.
  • Beristirahatlah yang cukup dan perbanyak minum air putih.
  • Hindari berdekatan dengan pengidap flu dan batuk lainnya.

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Mengonsumsi obat dengan kandungan tertentu dapat mengatasi batuk berdahak. Contohnya seperti ekspektoran yang membantu melonggarkan lendir atau dahak, atau obat antitusif yang mengurangi refleks batuk. 

Berikut adalah rekomendasi obat batuk berdahak yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek:

1. Stinopi 10 Kaplet

Obat pertama yang direkomendasikan adalah Stinopi yang dapat membantu untuk meredakan demam dan batuk berdahak akibat gejala influenza. Obat ini memiliki kandungan utama paracetamol yang merupakan antipiretik (pereda demam) sekaligus analgetik (pereda sakit kepala). 

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa obat ini adalah jenis obat bebas terbatas dan memerlukan resep dokter untuk dibeli.

Rentang harga: Rp26.300 – Rp31.500 per strip.

Dapatkan Stinopi 10 Kaplet hanya di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Bisolvon Extra Sirup 60 ml

Selanjutnya adalah Bisolvon Extra yang merupakan obat jenis sirup untuk meredakan batuk berdahak. Kandungan utama dari obat ini adalah bromhexine yang berguna untuk mengencerkan dahak dan guaiphenesine yang dapat mempermudah pengeluaran dahak pada saat batuk.

Obat ini dapat dikonsumsi sesudah makan. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan ya!

Rentang harga: Rp59.000 – Rp59.900 per botol.

Dapatkan Bisolvon Extra Sirup 60 ml hanya di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Obat Batuk Cap Ibu & Anak Sirup 150 ml

Rekomendasi obat lain untuk meredakan batuk adalah Obat Batuk Cap Ibu & Anak. Selain meredakan batuk, obat jenis herbal ini juga dapat melegakan tenggorokan, serta membantu untuk memelihara kesehatan paru-paru.

Baik ibu maupun anak tentunya dapat mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan.

Rentang harga: Rp59.600 per botol.

Dapatkan Obat Batuk Cap Ibu & Anak Sirup 150 ml hanya di Toko Kesehatan Halodoc.

4. OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup 100 ml

Rekomendasi terakhir adalah OBH Combi Batuk Berdahak uang mampu bekerja sebagai ekspektoran dan berguna untuk mengeluarkan dahak. Selain itu, obat ini juga mengandung mint yang dapat memberikan sensasi dingin dan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Obat ini dapat dikonsumsi sesudah makan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan dosis yang berlaku ya!

Rentang harga: Rp18.200 – Rp18.300 per botol.

Dapatkan OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup 100 ml hanya di Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. What Illnesses or Conditions Cause Wet Cough, and How Do I Treat It in Myself or My Child?
Healthline. Diakses pada 2024. Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies.  
Medical News Today. Diakses pada 2024. Wet coughs: What to know. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan