• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penjelasan Terbentuknya Batu Ginjal yang Sebabkan Sulit BAK

Ini Penjelasan Terbentuknya Batu Ginjal yang Sebabkan Sulit BAK

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Penjelasan Terbentuknya Batu Ginjal yang Sebabkan Sulit BAK

Halodoc, Jakarta - Setiap orang pasti buang air kecil beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut menandakan metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Meski begitu, kamu mungkin mengalami beberapa gangguan yang berhubungan dengan buang air kecil. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah kesulitan untuk mengeluarkan air kencing, bahkan terasa sakit saat melakukannya.

Saat seseorang mengalami masalah tersebut, mungkin saja di dalam tubuh sudah terbentuk batu ginjal. Jika terus dibiarkan, mungkin saja gangguan ini dapat berkembang sehingga menyebabkan kencing berdarah. Namun, banyak orang yang masih bingung terkait cara batu ginjal dapat terbentuk pada sistem kemih. Berikut pembahasan lebih lengkap terkait cara terbentuknya batu yang menimbulkan sumbatan tersebut!

Baca juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal


Cara Batu Ginjal Dapat Terbentuk

Gangguan batu ginjal, yang disebut juga nefrolitiasis atau urolitiasis, adalah terjadinya endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Hal ini menimbulkan gangguan saat batu tersebut menyumbat saluran kemih, sehingga membuat perasaan sulit untuk buang air kecil, hingga nyeri saat melakukannya.

Beberapa hal dapat menyebabkan seseorang mengalami batu ginjal, seperti diet, kelebihan berat badan, beberapa kondisi medis, hingga konsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu. Selain saluran kemih, gangguan ini juga dapat memengaruhi ginjal yang menyebabkan masalah besar. Umumnya, batu pada saluran kemih tersebut dapat terbentuk ketika urine menjadi pekat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya terkait cara batu ginjal terbentuk:

Batu ginjal dapat terbentuk ketika urine seseorang mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat. Kandungan tersebut lebih banyak dibandingkan zat yang dapat dilarutkan oleh cairan pada urine. Di saat yang bersamaan, urine mungkin kekurangan zat yang mencegah kristal saling menempel dan menciptakan faktor yang tepat sehingga batu ginjal dapat terbentuk.

Maka dari itu, jika kristal cukup kecil untuk dikeluarkan dari tubuh dan urine yang ada cukup encer, tingkat kejenuhan dapat dihindari. Kristal dapat mengalir keluar bersamaan dengan urine melalui ureter dan kandung kemih tanpa menyebabkan masalah. Memang, keseimbangan antara pendorong dan penghambat dari batu ginjal ini harus benar-benar dijaga. Walau begitu, beberapa orang mungkin saja memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap pembentukan batu tersebut.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara batu ginjal dapat terbentuk. Beberapa fitur dari aplikasi Halodoc, seperti Chat atau Voice/Video Call dapat memudahkan interaksi dengan dokter di mana dan kapan saja. Jika sudah tahu kemudahan yang didapat, segeralah download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Muncul Batu Ginjal


Jenis Batu Ginjal

Mengetahui jenis batu ginjal yang terjadi dapat dipastikan hal yang menjadi penyebabnya dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risikonya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan urine untuk memastikan jika terbebas dari gangguan batu ginjal. Berikut ini beberapa jenis batu ginjal yang dapat terjadi:

  • Batu Kalsium

Pada umumnya, sumbatan batu pada saluran kemih yang terbentuk adalah jenis batu kalsium, terutama kalsium oksalat. Zat ini diproduksi setiap hari oleh hati atau diserap dari makanan. Beberapa makanan, seperti buah dan sayuran tertentu hingga kacang-kacangan dan coklat mengandung kalsium oksalat yang tinggi. Maka dari itu, pembatasan konsumsi makanan tersebut penting untuk dilakukan.

  • Batu Struvite

Seseorang juga dapat mengalami endapan batu struvite yang menyebabkan gangguan batu ginjal sebagai respon dari infeksi saluran kemih. Batu-batu ini dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi cukup besar, terkadang dengan gejala yang sangat minim sehingga tidak sadar telah mengidapnya.

  • Batu Asam Urat

Batu asam urat juga dapat menimbulkan sumbatan pada saluran kemih yang terjadi ketika seseorang kehilangan terlalu banyak cairan karena diare kronis atau malabsorbsi. Selain itu, konsumsi makanan protein tinggi atau mengidap diabetes juga dapat menimbulkan endapan batu ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Batu Ginjal

Itulah pembahasan terkait cara batu ginjal dapat terbentuk di saluran kemih sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Jika kamu kerap merasakan nyeri pada area kelamin saat BAK, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penanganan dini dapat dilakukan sebelum terjadi gangguan yang lebih parah.


Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Kidney stones.
UW Health. Diakses pada 2020. How Do Kidney Stones Form?