• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan pada Trimester Pertama

Ini Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan pada Trimester Pertama

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan pada Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta - Memantau pertumbuhan janin di dalam kandungan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Kamu pasti akan menghabiskan beberapa bulan ke depan bertanya-tanya bagaimana janin tumbuh dan berkembang.

Menariknya, pertumbuhan janin di dalam kandungan adalah hal yang bisa diprediksi secara medis. Lantas, apa saja yang terjadi selama trimester pertama kehamilan dan bagaimana pertumbuhan janin? Cari tahu lebih lanjut dalam pembahasan ini, ya!

Baca juga: Mitos Kehamilan di Trimester Pertama yang Bikin Was-Was

Pertumbuhan Janin di Trimester Pertama dari Minggu ke Minggu

Trimester pertama adalah salah satu tahap penting dalam kehamilan. Di tahap ini, janin mengalami banyak pertumbuhan. Mulai dari persiapan, fertilisasi, implantasi, hingga pembentukan fisik. 

Agar lebih jelas, berikut ini pertumbuhan janin di trimester pertama, dari minggu ke minggu:

Minggu 1 dan 2: Persiapan

Di minggu pertama dan kedua kehamilan, kamu sebenarnya belum benar-benar hamil. Melainkan ada di tahap persiapan kehamilan. Pembuahan (pertemuan sperma dan sel telur) biasanya terjadi dua minggu setelah menstruasi terakhir dimulai. 

Untuk menghitung perkiraan tanggal jatuh tempo, dokter akan menghitung 40 minggu ke depan dari awal periode menstruasi terakhir kamu. Ini berarti masa menstruasi kamu dihitung sebagai bagian dari kehamilan, meski kamu tidak sedang hamil pada saat itu.

Minggu 3: Fertilisasi

Di minggu ketiga, sperma dan sel telur bersatu di salah satu tuba falopi untuk membentuk entitas bersel satu yang disebut zigot. Jika lebih dari satu telur dilepaskan dan dibuahi atau jika telur yang dibuahi terbelah menjadi dua, kamu mungkin memiliki lebih dari satu zigot.

Zigot biasanya memiliki 46 kromosom, 23 dari ibu dan 23 dari ayah. Kromosom ini membantu menentukan jenis kelamin dan ciri fisik bayi. Segera setelah pembuahan, zigot bergerak ke tuba falopi menuju rahim. Pada saat yang sama, ia akan mulai membelah untuk membentuk sekelompok sel yang menyerupai raspberry kecil, yang disebut morula.

Minggu 4: Implantasi

Bola-bola sel yang membelah dengan cepat (sekarang dikenal sebagai blastokista), telah mulai menggali ke dalam lapisan rahim (endometrium). Proses ini disebut implantasi.

Di dalam blastokista, kelompok sel bagian dalam akan menjadi embrio. Lapisan luar akan membentuk bagian dari plasenta, yang akan menyehatkan janin selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kehamilan di Trimester Pertama

Minggu 5: Kadar Hormon Meningkat

Pada minggu kelima kehamilan, kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi oleh blastokista meningkat dengan cepat. Ini memberi sinyal pada ovarium untuk berhenti melepaskan sel telur dan menghasilkan lebih banyak estrogen dan progesteron. 

Peningkatan kadar hormon ini akan menghentikan periode menstruasi, yang seringkali merupakan tanda pertama kehamilan, dan memicu pertumbuhan plasenta. Di minggu ini embrio terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan atas (ektoderm) yang akan membentuk lapisan kulit terluar bayi, sistem saraf pusat dan perifer, mata, dan telinga bagian dalam.

Jantung janin dan sistem peredaran darah primitif akan terbentuk di lapisan tengah sel, yaitu mesoderm. Lapisan sel ini juga berfungsi sebagai fondasi tulang, ligamen, ginjal, dan sebagian besar sistem reproduksi janin. Lapisan dalam sel (endoderm) adalah tempat berkembangnya paru-paru dan usus janin.

Minggu 6: Tabung Saraf Menutup

Di minggu keenam, pertumbuhan janin cukup pesat. Tabung saraf di sepanjang punggung janin akan menutup, otak dan sumsum tulang belakang akan berkembang dari tabung saraf. Tak hanya itu, jantung dan organ lainnya juga mulai terbentuk dan jantung mulai berdetak.

Struktur yang diperlukan untuk pembentukan mata dan telinga berkembang. Tunas kecil muncul yang akan segera menjadi lengan. Tubuh janin mulai membentuk kelengkungan berbentuk C.

Minggu 7: Kepala Janin Berkembang

Tujuh minggu setelah kehamilan, otak dan wajah janin berkembang. Lubang hidungnya menjadi terlihat, dan retina mulai terbentuk. Cikal bakal tungkai bawah yang akan menjadi tungkai muncul dan tunas lengan yang tumbuh minggu lalu sekarang berbentuk dayung.

Minggu 8: Hidung Janin Terbentuk

Delapan minggu setelah kehamilan, jari-jari mulai terbentuk. Bibir dan hidung atas telah terbentuk. Batang dan leher mulai tegak. Pada akhir minggu ini, panjang janin mungkin sekitar 11 hingga 14 milimeter dari puncak kepala hingga bokong.

Minggu 9: Jari Kaki Mulai Muncul

Pada minggu kesembilan, lengan janin tumbuh dan siku muncul. Jari kaki terlihat dan kelopak mata terbentuk. Kepala janin sudah besar tetapi masih memiliki bentuk yang belum sempurna. Pada akhir minggu ini, panjang janin kurang lebih 16 hingga 18 milimeter dari puncak kepala hingga bokong.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

Minggu 10: Siku Janin Menekuk

Pada minggu ke-10, kepala janin menjadi lebih bulat. Kini, janin dapat menekuk sikunya. Jari kaki dan tangannya juga menjadi lebih panjang. Kelopak mata dan telinga luar terus berkembang, dan tali pusar terlihat jelas.

Minggu 11: Alat Kelamin Berkembang

Pada awal minggu ke-11 kehamilan, panjang kepala janin masih sekitar setengah dari panjangnya. Namun, tubuhnya segera menyusul. Di minggu ini wajah janin mulai lebar, matanya terpisah lebar, kelopak mata menyatu dan telinganya rendah. 

Tunas untuk calon gigi depan muncul, sel darah merah mulai terbentuk di hati. Pada akhir minggu ini, alat kelamin luar janin akan mulai berkembang menjadi penis atau klitoris dan labia majora.

Minggu 12: Kuku Terbentuk

Minggu ke-12 ditandai dengan mulai terbentuknya kuku janin. Wajah janin juga sudah mulai lebih berkembang, dan ususnya sudah terbentuk di perut. Janin mungkin memiliki panjang sekitar 2 1/2 inci (61 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong, dan beratnya sekitar 1/2 ons (14 gram).

Itulah tahap-tahap pertumbuhan janin dalam kandungan, pada trimester pertama. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan, ya. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit pilihan

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Fetal development: The 1st trimester.
Stanford Children Health. Diakses pada 2021. The First Trimester.
Baby Center. Diakses pada 2021. Pregnancy Week by Week.