Ini 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Desember 2023

“Bumil membutuhkan 11 nutrisi penting antara lain asam folat, yodium, protein, vitamin D, omega 3, dan lemak sehat. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari camilan sehat seperti sayur, buah, yogurt rendah lemak, dan kacang-kacangan.”

Ini 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya NutrisiIni 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

DAFTAR ISI

1. Berbagai Camilan untuk Ibu hamil

2. Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil


Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan kebutuhan gizi ibu meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Camilan sehat dapat menjadi cara tambahan untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, folat, dan serat.

Di samping itu, keberadaan camilan sehat dapat membantu ibu hamil menjaga berat badan yang sehat. Pun, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak yang kurang sehat. 

Mau tahu apa saja cemilan ibu hamil yang kaya nutrisi dan bergizi? Berikut ulasannya!

Berbagai Camilan untuk Ibu hamil

Berikut adalah berbagai camilan sehat yang bisa ibu konsumsi selama masa kehamilan.

1. Buah-buahan segar

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, atau mangga adalah pilihan camilan sehat. Mereka kaya serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Pemberdayaan Ibu-Ibu Posyandu Untuk Pemanfaatan Buah Lokal Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Ibu Hamil yang dipublikasikan di Jurnal Karya Abadi, menyebutkan bahwa pengetahuan ibu hamil mengenai manfaat buah masih sangat kurang. Kurangnya pengetahuan ini menyebabkan hanya 50 persen ibu hamil yang mengonsumsi buah. 

Anemia dan tekanan darah tinggi adalah dua penyakit yang umum dialami selama kehamilan. Konsumsi buah dapat mengurangi risiko mengidap gangguan kesehatan ini. 

2. Sayuran iris

Potongan mentah sayuran seperti wortel, selada, atau paprika adalah camilan yang rendah kalori, tinggi serat, dan penuh dengan nutrisi. Selain kaya nutrisi dan membantu mencegah sembelit, mengonsumsi sayur-sayuran juga dapat membantu bayi lebih bisa beradaptasi dengan makanan tersebut, setelah nanti sudah bisa mengonsumsi makanan non-ASI.

Jurnal ilmiah berjudul Prenatal and Postnatal Flavor Learning by Human Infants, yang dipublikasi di The American Academic of Pediatrics, menjelaskan mengenai fakta pemberian jus wortel pada bumil. Subjek penelitian (ibu hamil) diberikan 300 mL jus wortel selama 4 hari seminggu selama 3 minggu berturut-turut, selama trimester terakhir kehamilan. Kemudian diberikan lagi selama 2 bulan pertama menyusui dan ada juga yang tidak. 

Hasilnya menunjukkan paparan suatu rasa pada masa prenatal dan awal pascakelahiran, meningkatkan kenikmatan bayi terhadap rasa tersebut pada makanan padat.

Nah, berikut rekomendasi sayuran hijau yang baik untuk kesehatan: “Ini 7 Daftar Sayuran Hijau Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh”.

3. Yoghurt rendah lemak

Cemilan ibu hamil selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak adalah sumber kalsium dan protein yang baik. Bumil dapat menambahkan buah-buahan potongan atau madu untuk memberikan rasa manis alami.

Mau tahu apa saja manfaat Greek yoghurt untuk kesehatan tubuh? Baca di artikel ini: “Kandungan Nutrisi dan 7 Manfaat Konsumsi Greek Yoghurt bagi Tubuh”.

4. Kacang-kacangan

Kacang seperti almond, kenari, atau kacang mete adalah camilan yang kaya akan asam lemak sehat, protein, dan serat. Menurut studi berjudul Pengaruh Sari Kacang Ijo Dan Tablet Fe Terhadap Peningkatan Kadar Hb Ibu Hamil dengan Anemia,  yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, anemia pada kehamilan yang disebabkan kekurangan zat besi mencapai kurang lebih 95 persen. 

Konsumsi sari kacang hijau dapat memperbaiki kadar hemoglobin selama kehamilan. Caranya dengan mencegah defisiensi zat besi.  Selain itu, kacang hijau juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga dapat menjadi sumber pasokan energi buat bumi.

Selain konsumsi camilan sehat, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan. Ini Jenis Tes dan Manfaat Cek Lab Kehamilan.

5. Keripik sayuran

Keripik sayuran yang diiris tipis dan dipanggang adalah alternatif sehat untuk keripik kentang. Mereka memberikan rasa renyah dan nutrisi.

6. Telur rebus

Selain lima makanan di atas, telur rebus merupakan cemilan ibu hamil yang menyehatkan. Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan zat besi. Mereka juga mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak janin.

Mau tahu manfaat telur untuk kesehatan tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Oatmeal

Oatmeal adalah camilan yang tinggi serat dan bisa membantu menjaga kadar gula darah stabil. Bumil bisa menambahkan potongan buah atau madu untuk memberikan rasa.

8. Kentang manis panggang

Kentang manis panggang adalah camilan yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Camilan ini memberikan rasa manis alami dan mengandung karotenoid yang baik untuk mata.

9. Selai kacang tanpa gula

Selai kacang tanpa gula adalah sumber protein dan lemak sehat. Bumil bisa mengoleskannya. Oleskan pada roti tipis atau buah-buahan.

Penting untuk memilih camilan yang rendah gula tambahan, rendah garam, dan kaya akan nutrisi. Dengan memilih camilan yang sehat, ibu dapat memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan untuk perkembangan janin dan menjaga kesehatan sendiri.

Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Sebelum membahas lebih jauh apa saja rekomendasi camilan sehat buat bumil, ketahui dulu nutrisi apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan. Berikut adalah penjelasannya:

  • Asam folat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Zat ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan sistem saraf janin. 
  • Yodium dari garam dapur. Membantu untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi dalam kandungan. 
  • Zat besi dari daging merah, ikan, dan kacang-kacangan. Diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke tubuh.
  • Kalsium dari produk susu, sayuran hijau tua, dan keju. Dapat menurunkan risiko hipertensi selama kehamilan dan kelahiran prematur.
  • Protein dari produk susu, telur, dan ikan. Asupan protein selama kehamilan sangat penting untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan, serta perkembangan embrio. 
  • Omega-3 dari ikan berlemak. Asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), berfungsi membantu perkembangan otak dan mata janin. Penjelasan lebih lanjut mengenai nutrisi penting bumil bisa dibaca di artikel: “Ketahui 11 Nutrisi Penting yang Paling Dibutuhkan saat Hamil.”
  • Vitamin D dari ikan, telur, dan daging merah. Membantu ibu untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang berfungsi mengoptimalkan kekuatan tulang. 
  • Lemak dari kacang-kacangan, biji-bijian, hingga ikan. Menjaga kesehatan ibu dan mengoptimalkan perkembangan otak serta keseluruhan tubuh bayi dalam kandungan. 
  • Serat dari buah-buahan dan sayuran. Membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan mencegah preeklamsia.
  • Kolin dari telur, daging sapi, daging ayam, dan sayuran hijau. Penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. 
  • Vitamin B dari daging ayam, buah, dan gandum utuh. Memberikan energi, mengoptimalkan perkembangan bayi, dan kondisi plasenta.

Ibu juga bisa konsumsi produk kesehatan dan vitamin yang diperlukan selama masa kehamilan dari Toko Kesehatan Halodoc. Klik gambar di bawah untuk temukan produknya.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Jurnal Karya Abadi. Diakses pada 2023. Pemberdayaan Ibu-Ibu Posyandu Untuk Pemanfaatan Buah Lokal Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Ibu Hamil.
The American Academic of Pediatrics. Diakses pada 2023. Prenatal and Postnatal Flavor Learning by Human Infants.
Halodoc. Diakses pada 2023. 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Janin.
Mylo Family. Diakses pada 2023. Carrot During Pregnancy: How This Healthy Snack Can Help You and Your Baby.
Baby Center. Diakses pada 2023. 10 healthy snacks for pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan