• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pola Makan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Ini Pola Makan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Pola Makan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Hepatitis C bisa sembuh setelah beberapa waktu. Hal ini karena ada peranan sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun, proses penyembuhan dari penyakit ini bisa dipercepat dengan menerapkan gaya  hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu.”

Halodoc, Jakarta – Hepatitis C adalah penyakit yang terjadi karena ada peradangan pada organ hati. Peradangan disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C. Kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena bisa meningkatkan risiko penyakit liver kronis hingga kanker hati. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan organ hati agar tidak semakin rusak, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Sebenarnya, tidak ada diet khusus atau pola makan yang diwajibkan bagi pengidap hepatitis C. Namun karena ada kerusakan pada organ hati, disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan makanan yang tidak menambah beban kerja organ hati. Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk pengidap penyakit hepatitis? 

Baca juga: Ini Perbedaan Hepatitis A, B, C, D, dan E

Makanan yang Baik untuk Pengidap Hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit yang menular melalui darah, yaitu saat darah pengidapnya masuk ke pembuluh darah orang lain. Penyakit ini juga bisa menular melalui hubungan intim tanpa pengaman dengan pengidapnya. Kabar baiknya, kebanyakan kasus penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh. 

Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit hepatitis C: 

  • Buah dan Sayuran 

Buah dan sayuran menjadi jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Kedua jenis makanan ini banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, hingga potasium. Disarankan untuk mengonsumsi 1 hingga 3 porsi buah dan sayur setiap hari. 

  • Makanan Sumber Protein

Makanan yang kaya akan kandungan protein sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama pada pengidap hepatitis C. Asupan nutrisi ini bisa membantu memperbaiki dan mengganti sel-sel organ hati yang mengalami kerusakan. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein adalah ikan, daging ayam, seafood, telur, dan kacang-kacangan. 

  • Susu dan Produk Susu 

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt merupakan makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium. Karena itu, jenis makanan ini baik untuk dikonsumsi, bahkan dianjurkan.

Baca juga: Meski Mudah Menular, Hepatitis C Bisa Disembuhkan

  • Gandum Utuh 

Mengonsumsi gandum utuh bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan serat. Nutrisi yang satu ini penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

  • Teh Hijau 

Asupan lain yang disebut bisa memberi manfaat sehat untuk pengidap hepatitis C adalah teh hijau atau green tea. Minuman ini memang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi pengidap hepatitis disebut lebih mendapatkan manfaatnya. 

Hal Lain yang Harus Diperhatikan 

Selain makanan yang baik dikonsumsi, penting juga untuk mengetahui asupan yang sebaiknya dibatasi atau dihindari. Pengidap hepatitis C disarankan untuk membatasi asupan gula harian. Pasalnya, orang dengan penyakit ini disebut berisiko mengalami diabetes tipe 2. Selain itu, pengidap infeksi organ hati juga disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter agar terhindar dari komplikasi berbahaya. 

Baca juga: Lebih Bahaya Mana, Hepatitis A, B, atau C?

Cara tahu lebih jauh seputar penyakit hepatitis C dan rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi ahlinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan tips dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Hepatitis C Diet: Foods to Eat and Avoid.
Hepatitisc.net. Diakses pada 2021. Healthy Diet Tips for Hepatitis C.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hepatitis C.