Ini Prosedur Operasi Pengobatan Karsinoma Sel Basal

Ini Prosedur Operasi Pengobatan Karsinoma Sel Basal

Halodoc, Jakarta - Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang dimulai pada sel basal. Sel basal adalah sel kulit yang menggantikan sel lama dengan yang baru. Kanker sel basal menghasilkan tumor yang muncul di permukaan kulit, sehingga sel-sel baru terlalu banyak diproduksi.

Tumor penyebab kanker ini sering terlihat, seperti luka, pertumbuhan, benjolan, bekas luka, ataupun bercak merah. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga bisa mengancam jiwa.

Baca Juga: 8 Faktor Risiko Seseorang Terkena Karsinoma Sel Basal

Karsinoma sel basal umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) dalam jangka panjang. Kanker-kanker ini juga dapat disebabkan oleh paparan intens yang sering mengakibatkan kulit terbakar. Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan karsinoma sel basal yaitu:

  • Paparan radiasi.
  • Paparan arsenik.
  • Komplikasi dari bekas luka, infeksi, vaksinasi, tato, dan luka bakar.
  • Kondisi kulit inflamasi kronis.
  • Pernah mengidap penyakit ini sebelumnya.

Tumor dapat berkembang di wajah, telinga, bahu, leher, kulit kepala, dan lengan. Karsinoma sel basal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Gejala yang paling terlihat adalah pertumbuhan atau perubahan penampilan kulit, seperti munculnya lesi berwarna coklat, merah, ataupun bening tergantung jenis karsinoma sel basal.

Diagnosis Karsinoma Sel Basal

Langkah pertama mendiagnosis karsinoma sel basal adalah pemeriksaan visual dari dokter kulit. Dokter akan memeriksa kulit dari kepala sampai ujung kaki untuk mencari pertumbuhan atau perubahan warna kulit. Dokter juga akan bertanya tentang riwayat medis, termasuk riwayat keluarga dengan kanker kulit.

Kemudian, dokter akan melakukan biopsi kulit apabila menemukan perubahan warna atau pertumbuhan yang mengkhawatirkan. Prosedur ini dilakukan dengan cara menyuntikan agen mati rasa ke dalam kulit sebelum mengeluarkan sampel lesi untuk diuji. Sampel biopsi akan dilihat di bawah mikroskop untuk mencari kanker kulit.

Dokter kulit akan menghilangkan pertumbuhan jika karsinoma sel basal ditemukan. Jika ternyata karsinoma sel basal bersifat agresif, maka dokter mungkin mengambil biopsi kelenjar getah bening untuk memeriksa metastasis.

Baca Juga: Ini Metode Pengobatan untuk Pengidap Kanker

Pengobatan Karsinoma Sel Basal

Perawatan untuk karsinoma sel basal melibatkan pengangkatan jaringan pertumbuhan. Perawatan yang dilakukan tergantung pada jenis karsinoma sel basal, ukuran lesi, dan lokasi lesi. Beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Kuretase dan Elektrodessikasi

Dalam prosedur ini, pertumbuhan dikikis dengan kuret. Letak tumor kemudian dibakar dengan jarum elektrokauter. Prosedur ini sangat efektif pada lesi kecil. Kekurangannya, prosedur ini meninggalkan bekas luka bulat putih.

  1. Operasi Eksisi

Melalui operasi ini, dokter akan menghapus tumor dan perbatasan kulit normal di sekitarnya dengan pisau bedah. Prosedur ini membutuhkan jahitan untuk menutup situs bedah. Ini sering digunakan untuk jenis karsinoma sel basal tingkat lanjut yang beresiko mempengaruhi kulit di sekitarnya.

  1. Bedah Mikrografi Mohs

Dokter akan menghapus lapisan tipis jaringan yang mengandung tumor. Lapisan jaringan dibekukan dan kemudian dipetakan di bawah mikroskop. Dokter kemudian akan mengulangi prosedur di lokasi-lokasi kanker. Ini sering digunakan untuk tumor besar, atau tumor di area yang sangat terlihat, seperti wajah atau leher.

  1. Cryosurgery

Cryosurgery digunakan untuk kanker yang tipis dan tidak meluas jauh ke kulit. Dokter dapat membekukan dan membunuh sel-sel kanker dengan nitrogen cair. Ini memiliki risiko kerusakan saraf di lokasi.

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Stem Cells untuk Sembuhkan Kanker

Itulah penjelasan seputar kanker kulit karsinoma sel basal yang perlu diketahui. Jika kamu punya masalah kulit lainnya, bicarakan saja dengan Halodoc. Gunakan fitur  Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!