• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tips agar Wangi Lilin Aromaterapi Lebih Tahan Lama

Ini Tips agar Wangi Lilin Aromaterapi Lebih Tahan Lama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Tips agar Wangi Lilin Aromaterapi Lebih Tahan Lama

“Bagi pecinta lilin aromaterapi, mereka pasti ingin agar lilin favoritnya tetap awet. Pasalnya harga lilin jenis ini kadang tidak murah. Oleh karena itu, mereka harus mengikuti beberapa tips sederhana yang terbukti mampu membuat lilin aromaterapi tetap awet sehingga bisa dinikmati lebih lama. “

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu penggemar lilin aromaterapi? Bagi mereka yang menyukai produk ini, lilin aromaterapi telah menjadi solusi untuk banyak masalah di rumah. Mencium aroma tidak sedap di kamar? Kamu bisa nyalakan lilin aromaterapi. Atau kamu sedang dalam suasana hati yang buruk? Lilin aroma terapi juga bisa memperbaiki suasana hati dalam sekejap. 

Namun sayangnya, banyak lilin dengan aroma yang kamu sukai memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu, wajar saja jika kamu ingin sekali agar mereka lebih tahan lama. Saat kamu membutuhkannya, kamu bisa langsung mengambil pemantik api dan menikmati aromanya yang menenangkan dan menyenangkan. 

Baca juga: Lilin Aromaterapi Bisa Redakan Flu pada Bayi, Benarkah?

Cara Agar Lilin Aromaterapi Tetap Awet

Meskipun berikut ini akan dipaparkan cara agar lilin aromaterapi tetap awet, tetapi kamu tetap harus paham bahwa akan ada saatnya mereka akan habis juga. Untuk membuat lilin aromaterapi tetap awet, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan: 

  1. Pilih Lilin yang Tepat

Faktanya lilin aromaterapi dengan bahan kedelai memiliki titik leleh yang lebih rendah daripada lilin parafin. Karena itu, jika kamu memilih lilin berbahan kedelai, mereka bisa bertahan hingga 50 persen lebih lama. Selain itu, jika kamu cukup pintar untuk memilih satu dengan aroma yang menarik, kamu bisa menikmati wewangiannya, bahkan saat lilin tidak menyala.

  1. Letakkan di Tempat yang Tepat

Jangan letakkan lilin di atas perapian, di dekat api, di dekat jendela yang terpapar banyak sinar matahari, atau di dekat radiator. Ini karena kehangatan dapat mempercepat pembakaran dan memperpendek umur lilin aromaterapi. Hindari juga menyalakannya di tempat yang berangin karena ini dapat menyebabkan pembakar yang tidak merata.

  1. Jangan Nyalakan Terlalu Sebentar

Membakar lilin aromaterapi hanya beberapa menit setiap kali tidak akan ada gunanya. Pada akhirnya, kamu hanya akan melelehkan lilin di tengah dekat sumbu sementara tepi luar tidak akan terbakar, karena mereka tidak punya waktu untuk menjadi panas dan meleleh. Ini benar-benar hanya membuang-buang lilin. Jadi, pastikan kamu selalu membakar lilin aromaterapi sampai seluruh lapisan atas lilin meleleh secara merata.

Baca juga: 5 Wangi Aromaterapi yang Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

  1. Potong Sumbu

Saat kamu pertama kali membeli lilin aromaterapi, panjang sumbunya akan tepat. Namu  saat lilin padam terkadang jamur bisa berada di sana yang berarti lilin akan terbakar lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak jelaga. Dengan memotong sumbu, maka ini akan mengurangi ketinggian nyala api, sehingga memastikan lilin menyala lebih lambat dan bertahan lebih lama. 

Untuk lilin pilar, kamu dapat menggunakan gunting, tetapi jika lilin berada di dalam wadah, sebaiknya gunakan pemangkas sumbu. Ini akan memastikan sumbu dipotong secara merata, tidak miring, dan pemangkas sumbu memiliki cangkir kecil untuk memastikan hiasan tidak jatuh ke dalam lilin.

  1. Luruskan Sumbu

Untuk menjaga agar pembakaran tetap rata, kamu perlu memastikan sumbu lurus ke atas dan ke bawah setelah setiap pembakaran. Jika terlihat condong ke satu sisi, berikan sedikit penyesuaian cepat dengan jari, setelah dingin. 

  1. Taburkan Sedikit Garam 

Ini adalah salah satu rahasia untuk membuat lilin aromaterapi tetap awet. Tambahkan sedikit garam ke lilin yang meleleh setelah kamu meniupnya, lalu aduk cepat dengan tusuk gigi, sumpit, atau alat apa pun yang kamu miliki. Garam akan memperlambat waktu pembakaran saat waktu pembakaran selanjutnya. 

  1. Batasi Waktu Pembakaran Selama Empat Jam

Ini sebenarnya untuk alasan keamanan. Beberapa orang yang tidak beruntung telah melaporkan lilin aromaterapi bisa meledak setelah dibiarkan menyala terlalu lama. Mengabaikan hal ini berarti kamu berisiko tidak hanya kehilangan lilin saja, tetapi juga mungkin seluruh rumah dan barang-barang didalamnya. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Essential Oil yang Perlu Diketahui

Namun jika kamu kurang suka lilin aromaterapi dan lebih menyukai essential oil, maka kamu kini bisa beli minyak esensial kesukaan kamu di Halodoc. Minyak esensial ini tak hanya memberikan wewangian yang menyegarkan dan menenangkan, beberapa di antaranya juga berguna untuk meringankan stres. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc dan beli minyak esensial favorit kamu hanya di Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cosmopolitan. Diakses pada 2021. 11 Smart Hacks to Make Your Candles Last Even Longer.
Good Housekeeping. Diakses pada 2021. How to Make Your Candles Last Longer.
Washington Post. Diakses pada 2021. 5 Tips to Make Candles Last Longer