• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Waktu Terbaik untuk Minum Atorvastatin

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Atorvastatin

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Waktu Terbaik untuk Minum Atorvastatin

“Selain mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan rutin berolahraga, kolesterol tinggi bisa diatasi dengan penggunaan obat-obatan, salah satunya atorvastatin. Gunakan atorvastatin sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya, atorvastatin perlu dikonsumsi satu kali di waktu yang sama setiap harinya. Penggunaan yang tidak sesuai dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kolesterol dalam darah melebihi batas normal sehingga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Sebaiknya waspada jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan, seperti mudah lelah, kaki dan tangan mudah kesemutan, hingga mengalami nyeri pada bagian dada. Kondisi ini bisa menandakan gejala kolesterol tinggi dalam darah.

Kolesterol tinggi biasanya bisa diatasi dengan pola makan yang tepat serta rutin berolahraga. Namun, jika perawatan tersebut tidak dapat mengatasi kolesterol tinggi, biasanya penggunaan obat-obatan, seperti atorvastatin akan disarankan oleh dokter sebagai pengobatan. Lalu, kapan waktu terbaik untuk minum atorvastatin? Yuk, simak ulasannya, di sini!

Baca juga: Ini Cara Mengenali Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Waktu Terbaik untuk Minum Atorvastatin

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan pada sebagian jaringan tubuh. Kolesterol sendiri dapat diproduksi oleh tubuh melalui hati. Namun, kolesterol juga bisa didapat dari berbagai sumber makanan. Kolesterol sendiri diperlukan oleh tubuh memproduksi sel sehat, sejumlah hormon, serta memproduksi vitamin D.

Namun, saat jumlah kolesterol terlalu tinggi, kondisi ini akan menyebabkan penumpukan lemak. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar sehingga pasokan darah menuju jantung terhambat. Kondisi ini bisa memicu berbagai risiko, salah satunya serangan jantung hingga penyakit stroke.

Mengatur pola makan sehat dan rutin melakukan olahraga menjadi salah satu perawatan di rumah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Namun, saat perawatan di rumah dinilai kurang efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi, dokter akan menyarankan penggunaan beberapa jenis obat-obatan yang bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Salah satu jenis obat yang akan diresepkan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah obat golongan statin yang dapat menghambat enzim pada hati untuk membentuk kolesterol. Ada beberapa jenis obat statin yang biasanya diberikan oleh dokter, salah satunya adalah atorvastatin.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

Atorvastatin adalah salah satu jenis obat statin yang bisa digunakan untuk memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Penggunaan atorvastatin sesuai dengan saran dokter dapat menurunkan risiko gangguan jantung hingga stroke. Tentunya, manfaat ini bisa dirasakan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat.

Lalu, waktu terbaik untuk minum atorvastatin? Dosis dari penggunaan atorvastatin akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan hingga usia pengidap kolesterol tinggi. Namun, biasanya kamu disarankan untuk mengonsumsi satu kali atorvastatin di waktu yang rutin setiap harinya. Kamu bisa memilih waktu di pagi hari atau malam hari. Pastikan kamu mengonsumsi di waktu yang sama setiap harinya.

Selain itu, saat mengonsumsi atorvastatin, sebaiknya hindari penggunaan alkohol dan hentikan kebiasaan merokok. Hal yang perlu diingat adalah mengonsumsi atorvastatin sesuai dosis yang disarankan oleh dokter. Berlebihan atau berhenti secara tiba-tiba saat penggunaan jenis obat ini dapat menimbulkan berbagai efek samping untuk kesehatan.

Perhatikan Kondisi Ini Sebelum Mengonsumsi Atorvastatin

Sebelum mengonsumsi atorvastatin, tidak ada salahnya untuk memberikan informasi mengenai riwayat kesehatan pada dokter. Apalagi jika kamu pernah mengalami alergi obat atau berbagai jenis alergi lainnya. Hal ini disebabkan adanya kandungan dalam atorvastatin yang bisa memicu alergi.

Pengidap gangguan hati, gangguan ginjal, dan pengguna alkohol juga perlu memberikan informasi pada dokter mengenai kondisi kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko efek samping dari penggunaan atorvastatin.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, Hindari 5 Makanan Ini

Atorvastatin juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan dalam atorvastatin berisiko membahayakan kondisi janin. Untuk itu, jika kamu disarankan mengonsumsi atorvastatin dalam beberapa waktu oleh dokter sebaiknya tunda kehamilan hingga kesehatan kembali membaik.

Tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk penggunaan atorvastatin yang tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2021. Atorvastatin: 7 Things You Should Know.
Drugs. Diakses pada 2021. Atorvastatin Side Effects.
Web MD. Diakes pada 2021. Atorvastatin Calcium.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Atorvastatin Oral Tablet.