Ini 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
ini-x-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental-halodoc

Halodoc, Jakarta – Puasa yang telah dijalankan sejak lama oleh umat Islam sebagai ibadah setiap bulan Ramadan, ternyata baik untuk diterapkan sebagai gaya hidup. Pasalnya, aktivitas menahan lapar dan haus selama beberapa waktu ini bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat puasa yang diketahui banyak orang mungkin adalah menurunkan berat badan. Namun, manfaat puasa bagi kesehatan sebenarnya lebih dari itu. Tidak hanya bagi kesehatan fisik, puasa juga dapat memberi dampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Yuk, simak manfaat puasa di sini.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik

Pada hari-hari pertama, puasa mungkin akan menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi tubuh secara fisik. Banyak orang mengeluh kepalanya terasa pusing dan tubuh menjadi lemas saat berpuasa. Kondisi ini sebenarnya wajar terjadI, karena kadar glikogen, glukosa, lemak, dan protein di dalam tubuh akan menurun saat kamu berpuasa. Namun, bila dijalankan secara teratur, tubuh lama-kelamaan akan terbiasa berpuasa, dan bahkan kamu bisa merasakan sejumlah manfaat baik dari menjalankan puasa.

  • Berat Badan Menurun

Manfaat yang paling terasa dari puasa memang adalah perubahan pada berat badan. Tidak makan dan minum sama sekali lebih dari 12 jam tentu akan membuat berat badan kamu berkurang. Namun, hal sebenarnya yang bisa membuat berat badanmu berkurang saat berpuasa adalah pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Jadi, makanan yang terakhir masuk ke dalam tubuh sebelum kamu mulai puasa bisa membuat tubuh bertahan tanpa asupan selama kira-kira 8 jam. Setelah semua makanan selesai dicerna, tubuh akan menggunakan simpanan gula yang terdapat dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Setelah gula selesai digunakan, lemak akan menjadi sumber energi berikutnya untuk diolah menjadi energi. Nah, inilah yang dapat mengurangi berat badan.

Baca juga: Bakar Lemak Perut Saat Puasa, Bisa!

  • Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Karena saat berpuasa tubuh mungkin akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, maka proses detoksifikasi juga bisa terjadi. Ini karena racun-racun yang tersimpan dalam lemak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh ketika tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Dengan begitu, tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, penggunaan lemak sebagai sumber energi tubuh juga bisa menurunkan kolesterol, lho. Menurunnya kadar kolesterol tersebut bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 58 persen. Beberapa penelitian lain juga menyatakan bahwa berpuasa bisa mengurangi resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes. Namun demikian, manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih menyeluruh.

Baca juga: Kesehatan Jantung Terjaga Saat Puasa, Ini Buktinya

  • Membantu Memperbaiki Masalah Kesehatan

Menjalankan puasa diiringi dengan pola makan sehat sebelum dan sesudahnya bisa membantu memperbaiki beberapa masalah kesehatan, seperti radang usus besar, radang sendi, serta penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

  • Membuat Lebih Bahagia

Puasa mungkin terasa sangat berat, karena kamu harus menahan haus dan lapar selama belasan jam. Namun, lihatlah sisi baik dari adanya momen puasa. Kamu jadi bisa berkumpul untuk sahur atau berbuka puasa bersama dengan keluarga serta para sahabat. Tradisi ini bisa membuat kamu menjadi lebih dekat kembali dengan keluarga dan para sahabat, sehingga menimbulkan perasaan bahagia.

Selain itu, puasa bisa menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang, karena mereka dituntut untuk belajar mengendalikan diri. Setelah beberapa hari berpuasa, kadar endorfin dalam darah juga bisa meningkat yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Baca juga: 5 Tips Tetap Bahagia Selama Berpuasa

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan fisik dan mental kamu. Biar tetap sehat, jangan lupa download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama puasa. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kesehatan apa saja yang terjadi selama puasa kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.