Kesehatan Jantung Terjaga Saat Puasa, Ini Buktinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
puasa, jantung, kesehatan jantung, menjaga jantung saat puasa

Halodoc, Jakarta - Jantung merupakan organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Rata-rata, jantung manusia akan berdenyut 72 kali per menit saat sedang beristirahat, dan memompa darah 4-7 liter setiap menitnya. Apakah berpuasa bisa menjaga kesehatan jantung? Berikut pembahasannya.

Baca juga: 4 Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

Jantung Punya Fungsi yang Sangat Penting bagi Tubuh

Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung juga bertugas untuk membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh, sekaligus mengangkut zat-zat sisa metabolisme tubuh. Jantung beserta pembuluh darah merupakan kesatuan sistem kardiovaskular untuk memastikan kelangsungan hidup seseorang.

Ketika organ ini bermasalah, jantung tidak akan mampu memasok darah ke organ tubuh yang lain. Akibatnya, jaringan tubuh akan kelaparan dan akhirnya akan mati. Nah, kondisi inilah yang akan menimbulkan dampak yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Ini Beberapa Penyakit yang Dapat Menyerang Jantung

Beberapa penyakit jantung biasa dialami adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan serangan jantung. Namun, penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung yang paling sering terjadi akibat penumpukan plak di dalam arteri. Kondisi ini akan menghambat aliran darah dan menimbulkan komplikasi lainnya.

Penyakit-penyakit lainnya yang dapat menyerang jantung, antara lain kardiomiopati atau melemahnya otot jantung, cacat jantung bawaan,  infeksi, penyakit kardiovaskular, dan adanya masalah pada katup jantung.

Ini Bukti Kesehatan Jantung Terjaga saat Puasa

Puasa dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah diabetes. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung. Saat berpuasa tubuh akan merasa lapar dan mengalami stres. Kondisi ini akan membuat tubuh melepaskan lebih banyak lemak cadangan yang akan digunakan sebagai bahan energi, agar tidak merasa lapar.

Dengan begitu, tumpukan lemak akan berkurang dan kadar lemak total dalam tubuh pun akan menurun. Nah, kondisi tersebut akan menurunkan risiko terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang menjadi awal mula terbentuknya penyakit jantung.

Dengan menjalani ibadah puasa, tubuh akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan gula, kondisi ini akan menghindari tubuh mengalami resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes. Nah, jika metabolisme gula terkontrol dengan baik, tubuh akan jauh dari risiko terjadinya penyakit jantung.

Orang yang menjalani puasa dengan pola makan yang sehat akan memiliki kondisi kesehatan jantung yang lebih baik. Kondisi ini dapat terjadi karena orang yang berpuasa secara rutin akan melakukan pengendalian atas apa yang dimakan dan diminumnya. Selain sehat, orang yang berpuasa dengan pola makan yang sehat akan mempunyai berat badan yang terkontrol, sehingga kemungkinan terjadinya penyakit jantung semakin kecil.

Baca juga: Tak Hanya Nyeri Dada, Ini 14 Tanda Sakit Jantung

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!