01 October 2018

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

scaling gigi,

Halodoc, Jakarta – Tak hanya mengganggu kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan, penumpukan plak dan karang (tartar) di gigi juga bisa mengganggu penampilan. Pasalnya, tumpukan plak bisa menyebabkan gigi berubah warna. Plak terbentuk dari sisa makanan dan bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Penumpukan kotoran ini menyebabkan munculnya lapisan tipis berwarna kuning atau putih yang menempel di gigi.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, plak yang bercampur dengan dengan air liur akan memicu terbentuknya karang gigi atau tartar. Lebih parahnya lagi, jika kotoran ini tidak dibersihkan dengan benar, risiko mulut diserang jutaan bakteri dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya periodontitis, gigi berlubang, dan kerusakan lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, banyak orang yang memutuskan untuk melakukan scaling gigi. Scaling gigi adalah suatu produser non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan karang dan plak yang menempel di gigi. Sebab, plak dan karang gigi cenderung sulit untuk dihilangkan dengan cara sikat gigi biasa.

Siapa yang Harus Mendapat Tindakan Scaling Gigi?

Seperti sudah dijelaskan, salah satu tujuan scaling gigi adalah untuk membantu menghilangkan karang gigi dan plak yang menempel pada gigi. Plak dan karang gigi bisa terjadi pada siapa saja, entah ke anak-anak atau orang dewasa. Sayangnya, kemunculan plak sering tidak disadari dan baru terlihat setelah membentuk tumpukan yang mengganggu.

Ada beberapa orang yang lebih rentan terhadap pembentukan plak dan karang gigi. Karena itu, scaling gigi mungkin lebih dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Penumpukan plak dan karang gigi lebih berisiko terjadi pada orang yang aktif merokok, sering mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, mengonsumsi soda, kopi, dan teh. Selain itu, risiko penumpukan plak dan karang gigi juga lebih tinggi ke orang yang tidak rutin membersihkan gigi dan mulut.

Nyatanya, scaling gigi bukan tindakan sembarangan yang bisa dilakukan siapa saja. Artinya, scaling gigi hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang ahli di bidangnya, dalam hal ini dokter gigi. Selain itu, sebelum melakukan scaling gigi, kamu juga akan diharuskan untuk melakukan pemeriksaan tertentu. Apa saja pemeriksaan yang perlu dilakukan?

Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Meski yang akan “dikerjai” adalah bagian gigi dan mulut, pemeriksaan riwayat kesehatan tetap perlu untuk dilakukan. Pemeriksaan riwayat kesehatan dilakukan untuk melihat riwayat alergi dan jenis obat apa saja yang pernah dikonsumsi sebelumnya. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin terjadi setelah scaling gigi.

Kondisi Gigi dan Mulut

Setelah mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan, selanjutnya dokter akan mulai melakukan pemeriksaan terkait kondisi gigi dan mulut. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengidentifikasi lokasi plak dan tartar yang akan dibasmi. Dokter akan menggunakan cermin khusus, yang memiliki ukuran kecil dalam pemeriksaan ini.

Cari tahu lebih lanjut seputar scaling gigi atau jenis perawatan kesehatan gigi dan mulut lain dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa lebih mudah menghubungi dokter dan menyampaikan keluhan seputar masalah gigi atau gangguan kesehatan lain melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya, agar kamu lebih cepat sembuh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: