15 December 2017

Agar Tidak Bau Mulut, Lakukan 5 Cara Paling Ampuh Ini

Agar Tidak Bau Mulut, Lakukan 5 Cara Paling Ampuh Ini

Halodoc, JakartaNapas dengan bau tidak sedap pastinya akan sangat mengganggu kepercayaan diri. Jangankan tertawa, bahkan hanya untuk mengatakan sepatah kata dengan orang lain saja tidak berani. Saat hal ini terjadi padamu, mengunyah permen mint menjadi jalan keluar paling cepat.  Namun, jalan keluar sebenarnya bukan itu!

Lalu bagimana cara menjaga kesehatan mulut agar tidak bau? Awali dengan memperhatikan kesehatan gigi terlebih dahulu. Sebab jika gigi bermasalah, seperti berlubang, tak heran jika aroma yang kurang sedap pun keluar dari mulutmu. Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin diikuti dengan berkumur menggunakan mouthwash.

Di samping itu, ada 5 cara lagi yang patut kamu ketahui dalam menjaga kesehatan mulut. Berikut adalah tips lengkapnya:

1.  Minum Lebih Banyak Air
Cara pertama yang mudah untuk menjaga kesehatan mulut agar tidak bau adalah dengan banyak minum air putih. Bau biasanya muncul karena mulut kering disertai pertumbuhan bakteri yang meningkat. Untuk itu, air putih adalah solusi yang terbaik! Air putih membuat mulutmu lembap dan mencairkan konsentrasi bakteri volatile sulfur compounds (VSCs) di dalam mulut. Aktivitas minum pun tanpa disadari dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

2.  Jangan Lupa Menggosok Lidah
Merasa sudah rajin menyikat gigi, namun napas tetap berbau tidak sedap? Mungkin selama ini kamu tidak rutin menggosok lidah! Kunci dari napas yang sehat adalah lidah yang bersih. Untuk itu, jangan lupa menggosok lidah untuk membersihkan bakteri yang bisa membuat napas tak sedap. Disarankan agar kamu menggosok lidah dengan menggunakan sikat khusus. Pastikan pula untuk menjangkau hingga ke bagian dalamnya.

3.  Flossing Setelah Makan
Tips menjaga kesehatan mulut selanjutnya, cobalah rutin untuk melakukan flossing. Flossing atau membersihkan celah gigi dengan benang juga penting dilakukan setiap habis makan. Menurut penelitian, flossing dapat menyingkirkan bakteri dalam mulut sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkembang. Bila kamu sulit melakukannya dengan benang, gunakan saja sikat gigi biasa.

4.  Pakai Sikat Gigi Elektrik
Beberapa ahli juga menyarankan untuk memakai sikat gigi elektrik dibanding manual, sebab terkadang, banyak orang yang masih kurang paham gerakan menyikat gigi yang benar. Dengan sikat gigi elektrik, kamu tak perlu lagi bingung. Gerakan bulu sikatnya otomatis akan membersihkan gigimu secara lebih maksimal. Jadi mulai sekarang, ganti sikat gigimu menjadi yang elektrik ya!

5.  Rutin Scaling
Tahukah kamu kalau karang gigi yang banyak tertimbun pun bisa menimbulkan bau? Dalam menjaga kesehatan mulut agar tidak bau, scaling wajib dilakukan setidaknya tiap 6 bulan sekali. Scaling adalah perawatan khusus yang dilakukan oleh dokter untuk membersihkan karang gigi. Umumnya, karang tersebut menempel di bagian dalam gigi dan berwarna kuning. Selain menyebabkan bau mulut, karang gigi yang dibiarkan juga akan membuat peradangan pada gusi.


Bila kelima tips menjaga kesehatan mulut kamu benar-benar lakukan dengan benar dan rutin, masalah pada gigi seperti bau yang mengganggu dijamin tak akan lagi meresahkanmu. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai hal ini, gunakan aplikasi Halodoc! Nikmati 2 fitur terbaiknya yakni Contact Doctor dan Pharmacy Delivery hanya dalam satu genggaman. Kapanpun dan dimanapun, berbagai dokter ahli siap menjawab segala pertanyaanmu seputar kesehatan. Mau beli obat-obatan atau alat kesehatan yang akan sampai hanya dalam waktu 1 jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui Google Play dan App Store di smartphone-mu!

BACA JUGA:  Ikuti 6 Cara Ini & Selamat Tinggal Bau Mulut