17 October 2018

Inilah 6 Manfaat Bermain Catur

Inilah 6 Manfaat Bermain Catur

Halodoc, Jakarta - Catur sering diidentikan sebagai permainan untuk orang-orang yang memiliki IQ tinggi atau pun cerdas. Hal ini tidaklah salah, karena memang catur sangat bermanfaat untuk melatih otak dan kesehatan mental. Ini adalah 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain catur.

  • Membantu Perkembangan Otak

Seperti organ tubuh lainnya, otak perlu dilatih untuk mendapatkan perkembangan yang optimal. Penggunaan otak dengan cara memecahkan masalah dan berstrategi akan mengaktifkan sel dendrit dalam otak. Dengan bermain catur, aktivitas sel akan lebih konsisten. Kalau dianalogikan otak seperti komputer, maka catur akan membuat prosesor kita bergerak lebih cepat karena peningkatan aktivitasnya.

  • Meningkatkan IQ

Pertanyaan yang sering terlontar adalah, catur permainan orang-orang pintar? Atau justru orang menjadi pintar karena bermain catur? Menurut penelitian di Venezuela, orang yang bermain catur mengalami peningkatan IQ yang cukup signifikan setelah bermain secara rutin selama 4 bulan. Ini terjadi karena otak akan lebih terbiasa melihat pola dan mampu memperhitungkan pengambilan keputusan akibat strategi yang ada dalam catur.

  • Meningkatkan Kreativitas

Catur membutuhkan pemikiran cepat dan cara penyelesaian masalah yang kemungkinannya bermacam-macam. Jika kamu sering bermain catur, originalitas cara berpikir untuk memecahkan masalah akan sangat terlatih. Hal ini berpengaruh pada kreativitasmu di kehidupan sehari-hari. Dengan begini, kamu akan mampu melihat kemungkinan yang sebelumnya tidak terlihat.

  • Melatih Kortex Depan di Segala Usia

Bagian otak yang paling terakhir berkembang adalah korteks prefrontal. Area otak yang berlokasi di bagian depan kepala, belakang dahi, dan lobus frontal, bertanggung jawab atas banyak fungsi, termasuk kemampuan kognitif dan fungsi eksekutif.

Fungsi eksekutif berkaitan dengan kemampuan untuk membedakan antara pemikiran yang bertentangan, menentukan baik-buruk, lebih baik dan terbaik, sama dan berbeda, konsekuensi masa depan dari sebuah keputusan. Dengan pola yang terlatih dari bermain catur, segala fungsi eksekutif dan kognitif kamu bisa dilatih dalam situasi yang relatif lebih aman. Dengan begitu, kamu akan lebih berani mengambil keputusan berisiko pada kehidupan nyata.

  • Mencegah Alzheimer

Alzheimer menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Awalnya pengidap Alzheimer ini akan terlihat mudah lupa, mulai dari lupa nama benda, lupa akan kejadian yang belum lama dilalui, serta lupa akan isi percakapan yang belum lama dibicarakan. Untuk mencegahnya otak mengalami penurunan daya, tentu saja latihan penggunaanya harus diperbanyak. Catur akan sangat membantu latihan ini.

  • Membantu Penyembuhan dari Stroke

Catur akan membantu perkembangan kemampuan motorik seseorang yang pernah mengalami stroke. Aturan yang jelas dari gerakan tiap bidak dan jangkauan yang kecil, akan sangat membantu memulihkan keakuratan gerakan. Selain itu, gerakan yang kompleks dibarengi dengan strategi dan latihan otak, akan membiasakan koordinasi antara otak dengan gerakan motorik dengan lebih cepat.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar kemampuan kognitif atau manfaat lain dari latihan otak seperti catur, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: