• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2022

“Melalui sepak bola, anak-anak bisa bergerak aktif sambil menghadapi tantangan baru. Selain itu, manfaat bermain sepak bola juga sangat banyak untuk anak.”

Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Fisik dan Mental AnakInilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Halodoc, Jakarta – Sepak bola selalu menjadi topik perbincangan di kalangan masyarakat, terutama menyambut gelaran Piala Dunia 2022. Olahraga yang satu ini memang menjadi olahraga paling populer dan memiliki paling banyak penggemar. Tidak hanya orang dewasa, semua golongan bisa menikmati dan bermain sepak bola, terutama anak-anak.

Pada usia yang masih muda, tubuh anak akan cenderung lebih aktif dan ingin selalu mencari tantangan. Melalui sepak bola, anak-anak bisa bergerak aktif sambil menghadapi tantangan baru. Selain itu, manfaat bermain sepak bola untuk anak juga sangat banyak. 

Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kebugaran Tubuh Anak

Sepak bola tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Jika anak mulai terlihat memiliki kegemaran terhadap sepak bola, tidak ada salahnya orang tua mendorong atau memfasilitasi hobinya. Pasalnya, sepak bola memiliki manfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga aspek lainnya.

Berikut beberapa manfaat sepak bola untuk anak:

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat bermain sepak bola pertama adalah membuat tubuh makin bugar. Dalam sepak bola, setidaknya ada dua kriteria penting, yaitu sehat dan gesit. Olahraga ini mengharuskan Si Kecil berlarian untuk mengejar bola di lapangan yang luas. Aktivitas inilah yang bisa membangun daya tahan tubuh dan kecepatannya.

Gerakan dalam sepak bola seperti menggiring dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan juga dapat melatih ketangkasannya. Menariknya lagi, manfaat sepak bola bagi anak juga bisa membuat tulang dan ototnya menjadi kuat. 

2. Menyehatkan Jantung

Banyak ahli menyarankan agar anak harus aktif bergerak dan fokus pada pengembangan kebugaran. Olahraga seperti sepak bola yang melibatkan gerakan berlari, melompat, hingga bergerak secara aktif memiliki beragam manfaat bagi anak. 

Olahraga yang melibatkan berbagai gerak tubuh di dalamnya bisa bermanfaat untuk mengurangi kerentanan seseorang terhadap penyakit jantung. Tak cuma itu, olahraga ini pun juga bisa mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Selain diet yang tepat, olahraga seperti sepak bola nyatanya dapat menurunkan berat badan secara sehat. Olahraga ini dapat mencegah anak dari obesitas. Pasalnya, olahraga ini bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan cukup efektif.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Sepak bola bersama teman dapat menghilangkan rasa jenuh dan stres pada anak. Sebab, olahraga yang dilakukan di luar ruangan dapat membantu anak untuk mengelola emosinya sehingga dapat menghilangkan stres.

Olahraga yang membutuhkan kerjasama tim ini juga bisa membantu Si Kecil untuk mendisiplinkan diri. Di samping itu, olahraga yang bersifat kompetitif seperti sepak bola, juga bisa membantu anak untuk melatih sportifitas dan menerima kekalahan.

5. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Sepak bola adalah olahraga yang sangat membutuhkan kerja sama tim. Dengan begitu, anak diharuskan berinteraksi di dalam tim untuk menyusun strategi hingga memberi semangat satu sama lain saat menang maupun kalah. Bahkan, olahraga ini bisa membuat Si Kecil mempunyai lebih banyak teman. 

6. Melatih Kepribadian Baik

Olahraga ini juga mendorong kerja sama dan komunikasi di antara para pemain. Alih-alih hanya mementingkan kepentingan individu, sepak bola memungkinkan anak-anak untuk memahami kepribadian mereka dan mengedepankan kepentingan bersama. Olahraga ini juga membantu anak-anak mengembangkan pola pikir pemecahan masalah yang disiplin dan kreatif.

Itulah seputar manfaat bermain sepak bola bagi anak. Jika ibu ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, ibu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Active Kids. Diakses pada 2022. 8 Benefits for Kids Who Play Football.
Just Play. Diakses pada 2022. 7 Benefits of playing football for kids.