• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Tepat Mengajarkan Anak Lebih Mandiri

Inilah Cara Tepat Mengajarkan Anak Lebih Mandiri

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Inilah Cara Tepat Mengajarkan Anak Lebih Mandiri

Halodoc, Jakarta - Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, baik dari segi pendidikan hingga pembelajaran sikap. Salah satu sikap yang benar-benar harus diterapkan sejak dini pada anak adalah kemandirian. Sifat ini akan terus terbawa hingga dirinya dewasa dan hidup sendiri. Untuk hal ini, peran orangtua sangat penting untuk menunjang keberhasilannya.

Meski begitu, masih banyak orangtua yang bingung memulai dari mana cara untuk mengajarkan anak agar menjadi pribadi yang mandiri. Selain itu, tidak ada cara yang instan untuk membuat anak menjadi seorang yang mandiri, perlu adanya proses. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak agar menjadi seseorang yang mandiri!

Baca juga: Ajarkan Anak Mandiri dengan 7 Cara Ini

Cara Mengajarkan Anak Agar Mandiri

Setiap orangtua wajib membuat anaknya menjadi seseorang yang lebih mandiri dan dapat melakukan banyak hal tanpa bantuan ayah-ibunya. Hal ini dapat menjadi proses yang membuat anak menjadi orang yang lebih dewasa. Meski begitu, banyak orangtua yang bingung terkait langkah yang harus dilakukan agar dapat mengajarkan anaknya untuk menjadi seseorang yang lebih mandiri.

Ibu dapat mendorong anak agar belajar melakukan banyak hal sendiri dengan memberikannya berbagai pengalaman dan situasi yang membutuhkan tanggung jawab. Hal tersebut dapat membuatnya menjadi pribadi yang lebih percaya diri, tidak mudah merengek, serta tidak egois pada keinginannya. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan sebagai cara untuk mengajarkan anak agar lebih mandiri:

1. Memberi Tanggung Jawab pada Suatu Pekerjaan

Cara pertama yang dapat dilakukan agar dapat mengajarkan anak untuk lebih mandiri adalah dengan memberikan tanggung jawab dari pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan tersebut tergantung dari usia dan seberapa andal anak tersebut. Beberapa pekerjaan layaknya menyapu lantai hingga mencuci piring dapat dibebankan padanya. 

Untuk anak yang lebih kecil, ibu dapat memintanya untuk merapikan kamar dan mainannya setelah digunakan. Dengan begitu, ikatan keluarga dapat menjadi lebih dekat karena merasa ia sudah berkontribusi terhadap lingkungannya.

2. Bantu Mengurus Adik-Adiknya

Cara lainnya yang paling ampuh untuk mengajarkan anak tentang kemandirian adalah dengan memberinya tanggung jawab untuk menjaga adik-adiknya. Dengan begitu, anak menjadi lebih dewasa dan menjadi panutan untuk semua saudaranya. Kelak, anak tersebut dapat menjadi seseorang yang dapat diandalkan dan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter atau psikolog dari Halodoc terkait cara yang efektif untuk mengajarkan anak agar lebih mandiri. Dengan memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call dari aplikasi Halodoc, interaksi dengan dokter menjadi lebih mudah. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Cegah Sikap Berbohong pada Anak Melalui Pendekatan Emosional

3. Berikan Banyak Waktu Latihan

Kemandirian dan rasa tanggung jawab pada anak tidak secara langsung dapat dihasilkan dengan mengajarkannya keterampilan baru. Pusatkan perhatian pada anak agar benar-benar belajar untuk melakukan hal yang baru. Selain itu, jangan terus memberikannya tekanan, karena setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk bisa. Selain itu, ibu juga harus mempunyai banyak cara agar anak bisa melakukan semua hal yang baru diajarkan.

4. Membuat Kesalahan Adalah Wajar

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, apalagi anak kecil yang masih belajar banyak hal baru. Maka dari itu, jika anak melakukan suatu kesalahan, jangan membuat heboh dan bahkan marah padanya. Ibu harus mulai mengajarkannya lagi terkait kesalahan apa yang dilakukannya, agar tidak diulangi lagi di masa depan.

Baca juga: Pentingnya Ajarkan Nilai Moral Suka Menolong pada Anak

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri. Dengan menerapkan semua hal ini, anak dapat lebih menghargai semua hal yang dimilikinya dan siap mempertanggungjawabkan semua hal yang dilakukannya. Selain menjadi lebih mandiri, anak juga dapat menjadi orang yang lebih bijak.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. How to Encourage Independence in Your Child.
Your Therapy Source. Diakses pada 2020. 5 Ways To Teach Your Children to Be Independent.