28 September 2018

Inilah Mitos Tentang Diabetes Tipe 1 yang Perlu Diketahui

inilah mitos tentang diabetes tipe 1 yang perlu diketahui

Halodoc, Jakarta Melakukan pola hidup sehat nyatanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kamu. Banyak penyakit yang bisa saja kamu alami dengan pola atau gaya hidup yang kurang baik. Salah satunya adalah penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri sebenarnya memiliki dua jenis tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana kadar gula atau glukosa di dalam darah menjadi sangat tinggi. Pada orang dengan diabetes tipe 1 tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi sel beta di dalam pankreas. Insulin ini memiliki fungsi untuk mengontrol jumlah gula yang didapat sel tubuh dari darah.

Penyakit diabetes 1 nyatanya memiliki beberapa gejala, seperti meningkatnya frekuensi buang air kecil, lebih cepat merasakan haus dan lapar, rasa lelah yang lebih sering kamu rasakan, berat badan yang semakin menurun, luka yang lama sembuh, serta rasa kesemutan atau kaku di  kaki.

Tidak ada salahnya mengetahui beberapa mitos dan fakta diabetes 1 agar penangannya lebih optimal.

1. Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Hampir Sama

Nyatanya tipe 1 dan tipe 2 tidak sama. Terdapat perbedaan yang cukup besar antara tipe 1 dan tipe 2, khususnya di bagian fisiologis. Pada diabetes tipe 1 biasanya tubuh tidak lagi mampu menghasilkan insulin, sehingga penderita diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin.

2. Makan Terlalu Banyak Gula Dapat Menyebabkan Diabetes Tipe 1

Faktanya, tingginya gula darah pada penderita diabetes tipe 1 disebabkan oleh kurangnya insulin. Sementara pada penyebab diabetes tipe 2 banyak faktor, seperti faktor kegemukan, keturunan, dan juga usia.

3. Diabetes Tipe 1 Dapat Ditularkan

Nyatanya, penyakit diabetes tipe berapapun tidak dapat ditularkan. Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan genetik. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir untuk menularkan penyakit diabetes ataupun tertular jika kamu tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki diabetes.

4. Penderita Diabetes Tipe 1 Tidak Boleh Mengonsumsi Karbohidrat

Nyatanya, jika kamu memiliki diabetes tipe 1, kamu masih bisa mengonsumsi karbohidrat. Hanya saja, kamu perlu mengatur pola makan agar kesehatan tetap terjaga. Jangan lupa untuk membatasi asupan karbohidrat yang dikonsumsi jika kamu memiliki penyakit diabetes. Imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya agar penyakit diabetes kamu tidak semakin parah.

5. Diabetes Tipe 1 adalah Penyakit Autoimun

Tidak banyak yang mengetahui bahwa diabetes tipe 1 adalah salah satu penyakit autoimun. Biasanya pada pengidap diabetes tipe 1, pankreas gagal memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel beta. Lakukan gaya hidup sehat agar kamu terhindar dari penyakit ini dan juga sebagai langkah mencegah diabetes.

Menjaga gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tentunya akan membuat kamu terhindar dari penyakit diabetes. Tidak hanya itu, rajin berolahraga juga membuat kesehatanmu tetap terjaga dengan baik. Tidak ada salahnya bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan. Gunakan fitur Hubungi Dokter, untuk mendapatkan jawaban langsung dari dokter melalui Voice/Video Call atau Chat. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: