29 September 2017

5 Cara Sehat untuk Atasi Diabetes

5 Cara Sehat untuk Atasi Diabetes

Halodoc, Jakarta -  Tak bisa disembuhkan, bukan berarti diabetes tidak bisa diatasi. Penyakit yang masuk dalam daftar penyakit mematikan di dunia ini merupkana penyakit dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin, yakni hormon pengatur gula darah. Akibatnya, orang yang terkena diabetes ini gula darahnya tinggi dan bisa terkena komplikasi.

Setiap orang berpotensi terkena diabetes namun orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes berisiko lebih besar. Untuk mengatasi diabetes sebenarnya mudah, kamu hanya perlu menjaga gaya hidup sehat. Yuk, cari tahu cara sehat untuk atasi diabetes berikut ini:

1.  Rutin Memeriksa Gula Darah
Jika kamu termasuk orang yang berisiko tinggi terkena diabetes karena riwayat keluarga, tak ada salahnya untuk selalu melakukan pemeriksaan gula darah. Sudah ada alat pemeriksaan gula darah atau glukometer yang bisa kamu beli di apotek. Dengan pemeriksaan darah secara rutin, kamu dapat mengetahui kadar gula darah sehingga kamu pun bisa mengatur pola makan dengan lebih baik.

2.  Olahraga Teratur
Agar sehat dari diabetes, kuncinya adalah menjaga kesehatan fisik. Olahraga dibutuhkan untuk pengidap diabetes dan merupakan salah satu upaya untuk gaya hidup sehat. Untuk mencegah, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari. Namun, jika sudah terkena diabetes bicarakan dulu dengan dokter kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Intensitas olahraga yang perlu dilakukan pun mesti sesuai dengan anjuran dokter agar tidak berlebihan namun juga tidak kurang. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

3.  Selektif Memilih Makanan
Tak ada salahnya untuk memakan makanan favorit namun kamu mesti selektif dalam memilih, ya. Kamu mesti membicarakan dengan dokter tentang menu makanan yang cocok jika kamu sedang diet diabetes. Pengidap diabetes boleh makan apapun namun porsinya harus sesuai agar tidak berlebihan. Misalnya, mengganti beras putih dengan beras merah yang rendah karbohidrat. Selain itu, hindari juga makanan digoreng dan tinggi kolesterol.

4.  Hindari Luka
Seorang yang terkena diabetes rentan terhadap luka. Ini karena pada bagian yang terluka akan susah sembuh, bahkan pada kasus yang parah bisa menyebabkan amputasi. Oleh karena itu, selalu hindari luka dan infeksi. Triknya dengan menggunakan alas kaki yang nyaman dan selalu berhati-hati agar tidak terluka.

5.  Lindungi Mata
Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan glaukoma dan katarak. Oleh karena itu, bagi pengidap diabetes sebaiknya melakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali dalam setahun.

Diabetes yang tidak diatasi secara benar dapat menyebabkan komplikasi pada mata dan kulit, hipertensi yang berakibat stroke serta masalah jantung, hingga osteoporosis. Oleh karena pengidap diabetes harus selalu menjaga kadar gula darah agar tidak terjadi komplikasi.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar diabetes dan ingin berbicara langsung dengan dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan saja dimana saja. Kamu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.