• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Ewing

Inilah Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Ewing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Perawatan untuk Mengobati Sarkoma Ewing

Halodoc, Jakarta - Sarkoma Ewing adalah jenis tumor kanker yang sangat langka yang tumbuh di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau saraf. Kondisi ini biasanya memengaruhi orang-orang dari usia 10 hingga 20 tahun dan memiliki tingkat penyembuhan yang tinggi. 

Mayo Clinic mengungkapkan, penyebab sarkoma Ewing belum bisa dipastikan. Kondisi ini juga tidak berkaitan dengan paparan radiasi, bahan kimia, atau hal-hal di luar lingkungan lainnya. Adapun jenis perawatan sarkoma Ewing yang dilakukan tergantung pada beberapa hal, yaitu ukuran tumor, penyebaran, kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan preferensi. Pilihan perawatan termasuk:

Baca juga: Bagaimana Cara Deteksi Dini Kanker Tulang?

  • Kemoterapi

Perawatan ini biasanya merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan. Dengan pilihan ini, obat-obatan digunakan untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Obat-obatan bisa disuntikan ke aliran darah. Dokter juga mungkin menggunakan lebih dari satu jenis kemoterapi pada satu waktu atau menggabungkannya dengan operasi dan radiasi. 

  • Pembedahan

Dokter akan mencoba mengangkat tumor untuk menghentikan penyebarannya. Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan mengamputasi lengan atau tungkai jika tumor telah menyebar di banyak area. 

  • Radiasi

Melalui perawatan ini, seorang ahli akan menggunakan sinar-X dan jenis-jenis radiasi lain untuk membunuh sel-sel kanker. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin di luar tubuh untuk memberikan dosis atau melalui jarum dan tabung yang dialirkan langsung ke tumor. 

Apabila perawatan berhasil, kamu masih perlu menindaklanjuti perawatan dengan dokter selama bertahun-tahun. Sarkoma Ewing bahkan dapat kambuh satu dekade setelah diagnosis. Untuk itu, tetaplah berkomunikasi pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum atau selama perawatan berlangsung. 

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Jenis Sarkoma Ewing yang Perlu Dikenali

Perbedaan jenis sarkoma Ewing mungkin dapat dilihat pada bentuk tumornya. Pelvis adalah tempat yang paling sering terjadi, diikuti oleh tulang paha. Terlepas di mana gangguan ini muncul pertama kali, ia dapat menyebar ke tulang lain, sumsum tulang, dan bahkan organ-organ vital seperti paru-paru, jantung, dan ginjal. Jenis-jenis sarkoma Ewing di antaranya, yaitu:

  • Tumor Tulang. Sebanyak 87 persen dari sarkoma Ewing di tulang, sering muncul di tulang paha, panggul, tulang rusuk, atau tulang belikat. Namun, tumor bisa muncul di tulang mana saja. 
  • Tumor jaringan lunak: Tumor jenis ini mempengaruhi jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau otot. Kondisi ini jarang ditemukan di jaringan lunak lengan, kaki, kepala, leher, dada, dan perut. 
  • Tumor Neuroectodermal primitif perifer: Jenis tumor ini ditemukan di saraf dan dapat dideteksi di banyak bagian tubuh. 
  • Tumor Askin: Ini adalah jenis tumor yang ditemukan di dada. 

Dokter tentu memiliki sejumlah tes untuk melihat apakah kamu memiliki sarkoma weing. Jika kamu memilikinya, dokter juga akan mencoba mencari tahu apakah tumor telah menyebar dan sejauh mana penyebarannya. 

Baca juga: 4 Jenis Kanker Tulang dan Cara Penyebarannya

Diagnosis sarkoma Ewing biasanya dimulai dengan pemeriksaan fisik untuk lebih memahami gejala yang mungkin kamu alami. Berdasarkan temuan tersebut, pemeriksaan dan prosedur lain mungkin akan dilakukan.

Diagnosis dilakukan dengan tes pencitraan. Pemeriksaan ini membantu dokter menyelidiki gejala tulang, mencari kanker, dan mencari tanda-tanda bahwa kanker telah menyebar. Tes pencitraan meliputi:

  • Sinar-X;
  • Computerized tomography (CT);
  • Magnetic resonance imaging (MRI);
  • Positron emission tomography (PET);
  • Pemindaian tulang.

Itulah beberapa cara untuk merawat sarkoma Ewing. Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai penyakit ini, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. Yuk, segera download aplikasinya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Ewing's Sarcoma?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing’s Sarcoma