Inilah Prosedur yang Akan Dilewati Ketika Lakukan Tes Elektrokardiogram

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Prosedur yang Akan Dilewati Ketika Lakukan Tes Elektrokardiogram

Halodoc, Jakarta – Perkembangan teknologi nyatanya juga menyentuh dunia medis. Hal itu berdampak pada semakin beragamnya prosedur tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, salah satunya adalah tes elektrokardiogram. Pernah dengar?

Elektrokardiogram (EKG) merupakan jenis pemeriksaan sederhana untuk mengukur serta merekam aktivitas listrik di organ jantung. Untuk melakukan tes ini, dibutuhkan mesin pendeteksi impuls listrik yang bernama elektrokardiograf. Mesin elektrokardiograf akan menerjemahkan impuls listrik menjadi grafik yang ditampilkan pada layar pemantau, sehingga lebih mudah diterjemahkan.

Baca juga: Elektrokardiogram untuk Deteksi Penyakit Apa Saja?

Pemeriksaan ini dilakukan tanpa membutuhkan pengaliran listrik atau sayatan (noninvasive), sehingga tidak menyebabkan rasa sakit. Pemeriksaan bisa dilakukan setelah dokter menempelkan elektroda berbahan plastik dan berukuran kecil pada dada, lengan, serta tungkai.

Umumnya, ada sekitar 10 atau 12 buah elektrode yang ditempelkan. Elektrode kemudian akan disambungkan dengan kabel-kabel ke mesin elektrokardiograf. Setelah itu, dimulai pengukuran aktivitas kelistrikan jantung, serta diinterpretasi oleh dokter sebagai penunjang diagnosis.

Pemeriksaan ini sering dianjurkan pada orang yang memiliki keluhan, seperti nyeri dada, sulit bernapas, cepat merasa lelah dan lemas, mengalami jantung berdebar-debar, atau gangguan irama jantung. Tes EKG bisa dilakukan untuk mendeteksi serangan jantung, penyakit jantung koroner, gangguan elektrolit, keracunan dan efek samping obat, serta membantu evaluasi efektivitas dari alat pacu jantung.

Sebelum Elektrokardiogram

Secara umum, tidak ada persiapan khusus untuk pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Sebab, terkadang EKG dilakukan pada keadaan gawat darurat untuk mendeteksi serangan jantung dan mengetahui kondisi kerja jantung yang mungkin menyertai penyakit lainnya. Namun, bila pasien direncanakan untuk melakukan pemeriksaan EKG, sebaiknya hindari pemakaian losion, minyak, atau bedak pada tubuh, terutama dada.

Bila terdapat bulu pada dada, sebaiknya juga dicukur. Hal tersebut terkadang dapat membuat elektrode sulit menempel pada tubuh. Informasikan ke dokter mengenai obat-obatan, suplemen, dan herba yang sedang dikonsumsi.

Baca juga: Tanpa Sayatan dan Aliran Listrik, Bagaimana Elektrokardiogram Dilakukan?

Prosedur Elektrokardiogram yang Perlu Diketahui

Prosedur pemeriksaan ini umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 5–8 menit. Pemeriksaan akan dilakukan dalam posisi berbaring, tapi sebelumnya kamu mungkin akan diminta untuk melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Sebelum berbaring di tempat tidur, kamu akan diminta untuk melepaskan pakaian atas, serta melepas aksesoris atau benda yang terdapat dalam kantong pakaian yang mungkin bisa memengaruhi hasil pemeriksan.

Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk berbaring di tempat tidur, kemudian elektrode akan mulai ditempelkan pada bagian tubuh. Selama dokter atau perawat menempelkan elektrode hingga hasil pemeriksaan keluar, hindari berbicara atau menggerakkan anggota tubuh. Sebab, hal tersebut bisa mengacaukan hasil tes dan membuatnya tidak akurat.

Setiap kabel elektrode tersambung ke mesin EKG dan akan merekam aktivitas kelistrikan jantung. Dokter akan menginterpretasi aktivitas kelistrikan jantung berdasarkan gelombang yang ditampilkan di layar pemantau dan akan dicetak pada kertas. Setelah pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), pasien diperkenankan untuk melakukan aktivitas seperti biasa, tapi tergantung pada jenis penyakit yang diidap. Orang dengan penyakit tertentu mungkin akan disarankan untuk membatasi beberapa jenis aktivitas agar kondisi tubuh tidak memburuk.

Baca juga: Dianggap Aman, Adakah Efek Samping dari Elektrokardiogram?

Masih penasaran soal tes elektrokardiogram dan prosedur pelaksanaannya?  Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menyampaikan keluhan kesehatan pada dokter, dan mencari tahu apakah dibutuhkan tes EKG atau pemeriksaan lain. Dokter di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!