• Home
  • /
  • Intip Trik Agar Balita Ramah pada Semua Orang

Intip Trik Agar Balita Ramah pada Semua Orang

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Intip Trik Agar Balita Ramah pada Semua Orang

Halodoc, Jakarta - Selain menghujaninya dengan cinta dan kasih sayang, orangtua juga memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak dengan baik. Terutama dalam pembentukan karakter dan tata krama, sebagai bekal Si Kecil untuk terjun ke lingkungan sosial. Pendidikan karakter ini sebenarnya bisa dimulai sedini mungkin, lho. 

Dari balita misalnya, orangtua sudah bisa mulai mengajarkannya untuk ramah pada semua orang. Selain membuatnya tampak ceria dan menyenangkan, balita yang ramah juga akan disukai oleh siapa saja yang ditemuinya. Jika kebiasaan untuk bersikap ramah pada semua orang ini diterapkan sejak balita, kemungkinan besar Si Kecil juga akan tumbuh sebagai pribadi yang ceria, baik hati, dan sopan pada orang lain saat besar nanti.

Baca juga: Balita Terlalu Kurus, Awas Malabsorpsi Kronis

Bagini Caranya Ajarkan Sikap Ramah pada Si Kecil

Jika orangtua ingin mendidik Si Kecil menjadi pribadi yang ramah, latihlah sejak dini. Berikut beberapa trik yang bisa dicoba untuk melatih Si Kecil ramah pada semua orang:

1. Ajarkan tentang Sapaan yang Biasa Diucapkan untuk Menyapa

Agar Si Kecil mengerti bagaimana cara bersikap ramah, orangtua harus mengajarkan caranya. Kamu bisa mulai dengan mengajari ucapan yang sopan saat menyapa orang lain. Misalnya, ajarkan Si Kecil memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan 'om', 'tante', atau 'kakak'. 

Jika dibiasakan seperti itu, Si Kecil akan tahu bahwa ramah juga harus dengan sopan. Setelah mengerti panggilan apa yang harus ia gunakan untuk menyapa orang, itu akan memudahkan anak memulai menyapa orang lain, tanpa orangtua harus menyuruh. 

2. Ingatkan untuk Selalu Senyum

Anak mungkin memang tidak mudah untuk mengikuti semua yang diajarkan orangtuanya. Namun, ketika orangtua mempraktikkannya, bisa jadi anak akan mudah mengingat dan melakukan. Misalnya, ajarkan anak untuk selalu senyum ketika bertemu orang lain. 

Sambil mencontohkan, orangtua bisa pelan-pelan mengajarkan bahwa dengan murah senyum, akan menandakan bahwa ia telah bersikap ramah dan itu adalah hal yang sangat bagus. Jika sejak dini sudah diajarkan secara perlahan, pasti anak akan paham dan menyukai kebiasaan ini. 

Baca juga: Mengenal 2 Jenis Tantrum pada Anak

3. Praktikkan Cara Menyalam yang Benar

Selain cara menyapa dan senyum, jangan lupa juga untuk mempraktikkan cara menyalam yang benar pada anak. Beritahu juga bahwa memberi salam pada orang lain akan menunjukkan bahwa ia menghargai orang tersebut. Secara otomatis, anak akan mengerti baik dan buruknya. Semakin banyak orangtua mengajarkan hal-hal yang baik, ia juga akan banyak menerima dan melakukan hal baik.

4. Ajak Anak Nimbrung Saat Ada Tamu Datang ke Rumah

Terkadang orangtua mungkin masih mengabaikan perlakuan anak ketika ada tamu yang datang ke rumah. Padahal, jika sejak dini ia tahu bagaimana menyambut atau memberi salam dengan ramah pada tamu, ini adalah kebiasaan yang sangat bagus. 

Ajaklah ia ikut duduk ketika kamu dan tamu mengobrol, ketimbang membiarkan anak bermain gawai di kamar, atau asik sendiri. Itu hanya akan membuatnya terlatih cuek dan tidak tahu bagaimana cara bersikap ramah dengan orang lain. 

Baca juga: Kenali Tanda Balita yang Terlambat Tumbuh

5. Beri Hadiah Kecil Jika Anak Berhasil Bersikap Ramah

Memberi hadiah kecil pada anak setiap ia berhasil melakukan hal baik itu perlu. Sebab, anak menyukai hadiah dan bisa jadi ia akan termotivasi untuk melakukan hal-hal baik lainnya. Memberi hadiah dan pujian pada anak juga dapat membuatnya merasa dihargai oleh orangtua, karena telah mau mendengar ajaranmu. 

Namun, jangan terlalu sering juga mengimingi anak dengan hadiah, setiap ingin mengajarkannya sesuatu. Sebab, itu juga akan membuatnya selalu bersikap pamrih terhadap segala hal. Tanamkanlah hal-hal baik padanya dengan penuh cinta, agar ia memahami arti penting dari apa yang diajarkan oleh orangtuanya.

Itulah beberapa trik yang dapat dicoba untuk membuat Si Kecil bisa ramah pada semua orang. Jika masih bingung dan butuh saran pengasuhan lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog anak lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2020. Ways to Teach Your Kids Kindness
American Family Physician. Diakses pada 2020. How to Teach Good Behavior: Tips for Parents.