Jadi Keluhan Umum, Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jadi Keluhan Umum, Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Masalah bau mulut saat puasa rasanya hampir dialami banyak orang saat berpuasa. Enggak heran kok, sebab memang ada beberapa penyebabnya. Mulai dari berkurangnya air luar ke dalam mulut, pengeringan rongga mulut, hingga berkembangnya bakteri di mulut dan gigi.

Lalu, bagaimana sih cara mencegah bau mulut saat puasa?

Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi

1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara paling ampuh untuk mencegah bau mulut saat puasa tentunya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jangan diperdebatkan lagi, kebersihan gigi dan mulut yang tak terawat tentunya akan menjadi sarang bakteri yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

Karena itu, cobalah gosok gigi minimal dua kali dalam sehari, setelah berbuka dan sahur. Selain itu, bersihkan pula lidah karena bisa menjadi sarang bakteri, sehingga memunculkan bau mulut. Kamu bisa kok membersihkan lidah dengan alat khusus yang banyak di jual di toko.

Kita tak perlu menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan lidan. Namun, pastikanlah kalau alatnya dalam keadaan higienis. Selain itu, bagi orang tua yang menggunakan gigi palsu, jangan lupa untuk melepas dan membersihkan gigi palsu secara rutin.

2. Teh Hijau pahit

Pahit di sini tentunya tanpa menggunakan gula. Teh hijau mengandung zat bernama polyphenol. Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di arena saluran napas. Selain itu, zat ini memiliki sifat antimutagenik, antiinflamasi, antibakterial, dan antivirus.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

3. Berkumur dengan Mouthwash

Selain menyikat gigi, untuk mencegah bau mulut saat puasa juga bisa melalui mouthwash. Nah, berkumur dengan mouthwash ini bisa membantu kita untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut. Namun, cobalah gunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

4. Perbanyak Serat dan Minum Air Putih

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat sangat baik untuk membantu menetralkan metabolisme di dalam tubuh, sehingga bau mulut dan masalah kesehatan lainnya pun dapat dicegah. Sedangkan air putih lain lagi ceritanya. Memperbanyak minum air putih dapat mencegah mulut menjadi kering yang jadi penyebab bau mulut saat puasa. Enggak cuma itu, air putih juga bisa membantu membersihkan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

5. Yogurt

Apa hubungannya bau mulut dengan yoghurt? Nah, menurut sebuah penelitian di Jepang, konsumsi 85 gram yogurt bebas gula, dua kali sehari selama enam minggu, dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Kok bisa? Alasannya simpel, yogurt bisa membantu menurunkan kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau tidak sedap pada mulut.

Baca juga: Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

6. Rutin Periksa ke Dokter

Enggak sedikit orang yang mengabaikan anjuran ini. Padahal, rutin berkunjung ke dokter gigi merupakan cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Maka dari itu, cobalah memeriksakan kesehatan gigi setidaknya enam bulan sekali.

Di sini dokter akan mendeteksi adanya kemungkinan kerusakan gigi. Misalnya, masalah gigi berlubang tau bau mulut. Dengan begitu, kita bisa mengetahui penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.

Mau tahu lebih lebih jauh mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!