• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jamur Jadi Penyebab Bau Kaki Menyengat

Jamur Jadi Penyebab Bau Kaki Menyengat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Tentunya bau kaki yang muncul mengganggu orang-orang yang berada di sekitarmu. Selain itu, masalah bau kaki yang tidak dapat diatasi dengan baik dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengatasi masalah bau kaki yang dialami, seperti menjaga kebersihan kaki dan alas kaki yang digunakan menurunkan risiko bau kaki yang menyengat.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan seseorang mengalami bau kaki, seperti adanya perubahan hormon, keringat yang berlebihan, hingga masalah infeksi jamur pada area kaki maupun kuku kaki. Jangan sepelekan masalah jamur yang terjadi pada kaki. Cari tahu cara pencegahan munculnya jamur pada kaki agar terhindar dari masalah bau kaki yang menyengat.

Jamur dapat Sebabkan Bau Kaki

Sebaiknya jangan sepelekan masalah kebersihan kaki. Kaki yang bersih membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan kulit pada kaki yang meningkatkan risiko bau kaki. Bau kaki umumnya dipicu karena kaki yang menjadi lembap akibat keringat berlebih pada bagian kaki.

Melansir dari Healthline, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Kelenjar keringat pada tubuh berfungsi untuk membantu mendinginkan suhu tubuh dan membuat kulit menjadi lebih lembap.

Selain keringat yang berlebih, ada beberapa faktor yang memicu bau kaki, seperti kurangnya menjaga kebersihan kaki, kurang menjaga kebersihan alas kaki yang digunakan, adanya perubahan hormon, hingga terjadinya infeksi jamur.

Melansir Live Well, kaki yang tidak dijaga dengan baik kebersihannya dapat meningkatkan pertumbuhan jamur pada bagian kaki. Meskipun umumnya tidak berbahaya, gangguan jamur pada kulit yang tidak segera diatasi meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: Infeksi Jamur Pada Kaki? Awas Bisa Menandai Kutu Air

Tidak hanya bau kaki yang menyengat, ada gejala lain yang terjadi ketika kulit kaki terinfeksi jamur, seperti muncul ruam pada bagian kulit kaki, kulit pecah-pecah, kaki terasa gatal, serta pembengkakan pada area yang mengalami paparan infeksi jamur. Tidak ada salahnya untuk segera kunjungi rumah sakit terdekat agar infeksi jamur penyebab bau kaki dapat segera diatasi dengan tindakan medis yang tepat.

Tentunya saat pengobatan dilakukan kamu diwajibkan untuk tetap menjaga kebersihan bagian kaki agar pengobatan berjalan dengan optimal, sehingga gejala maupun bau kaki yang dialami dapat segera hilang. Kamu juga bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganan bau kaki yang tepat. 

Lakukan Perawatan untuk Hindari Bau Kaki

Namun, bau kaki dapat dihindari dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Melansir Medical News Today, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau kaki, seperti rutin mengganti kaos kaki dan rutin mencuci sepatu khususnya jika kamu selalu menggunakan sepatu yang sama setiap harinya.

Selain itu, kamu bisa mencuci kaki dengan menggunakan sabun antibakteri setiap kali mandi. Setelah itu, jangan lupa untuk keringkan kaki secara sempurna khususnya pada area jari kaki. Rutin bersihkan kuku kaki agar bakteri maupun jamur tidak berkembang biak pada area kuku kaki. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengatasi bau kaki yang terjadi, seperti menjalani pola makan seimbang dan sehat. Yuk, jaga kesehatan kaki dengan baik agar terhindar dari bau kaki.

Referensi:
Live Well. Diakses pada 2020. 6 Ways to Battle Stinky Feet Without Seeing the Doctor
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ten Ways to Get Rid of Smelly Feet
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Smelly Feet