06 December 2018

Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

Halodoc, Jakarta - Ginjal merupakan organ yang terletak di rongga perut kedua sisi kiri dan kanan, tepatnya di atas pinggang. Organ ini memiliki peranan penting bagi tubuh, seperti membersihkan darah dengan memisahkannya dari limbah, menghilangkan kelebihan cairan, menjaga keseimbangan garam dalam darah, serta mengatur tekanan darah. Ketika terjadi gagal ginjal, berbagai fungsi ginjal itu pun akan mengalami kelumpuhan.

Akibatnya tentu saja fatal. Ginjal yang rusak akan membuat produk-produk limbah dan cairan menumpuk dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, ginjal yang sakit bisa saja berhenti berfungsi sepenuhnya. Kondisi inilah yang kemudian disebut gagal ginjal kronis. Ketika gagal ginjal kronis terjadi, tindakan medis yang dapat dilakukan adalah cuci darah (hemodialisis) secara rutin.

Apa yang Menyebabkannya?

Secara umum, gagal ginjal terjadi karena 3 penyebab berikut:

  1. Kurangnya aliran darah ke ginjal.

  2. Kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri.

  3. Penyumbatan urine dari ginjal.

Ketiga penyebab itu biasanya terjadi karena beberapa faktor atau kebiasaan berikut:

  • Trauma cedera dengan kehilangan darah.

  • Dehidrasi.

  • Kerusakan ginjal akibat dari syok selama infeksi berat yang disebut sepsis.

  • Obstruksi aliran urine, seperti dengan pembesaran prostat.

  • Kerusakan dari obat-obatan tertentu atau toksin.

  • Komplikasi kehamilan, seperti eklampsia dan preeklampsia, atau terkait sindrom HELLP.

Pelari maraton dan atlet lainnya yang tidak minum cukup cairan saat berkompetisi dengan durasi waktu yang lama mungkin menderita gagal ginjal akut karena kerusakan jaringan otot secara mendadak. Kerusakan otot ini melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut mioglobin yang dapat merusak ginjal.

Lebih lanjut, kerusakan dan penurunan fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari 3 bulan akan memasuki fase atau tingkatan selanjutnya, yaitu gagal ginjal kronis. Kondisi ini sangat berbahaya, karena pengidapnya bisa saja tidak merasakan gejala apa pun hingga akhirnya menjadi parah dan ginjal benar-benar sudah kehilangan fungsinya. Diabetes dan tekanan darah tinggi merupakan penyebab paling umum dari gagal ginjal kronis.

Namun, kondisi ini juga bisa terjadi karena beberapa faktor berikut:

  1. Kondisi sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan penyakit virus kronis seperti HIV/AIDS, hepatitis B, dan hepatitis C.

  2. Infeksi saluran kemih di dalam ginjal itu sendiri, yang disebut pielonefritis, dapat menyebabkan luka saat pemulihan infeksi. Beberapa episode dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

  3. Peradangan pada filter kecil (glomeruli) dalam ginjal; ini bisa terjadi setelah infeksi strep dan kondisi lain yang penyebabnya tidak diketahui.

  4. Penyakit ginjal polikistik, yaitu ketika kista berisikan cairan terbentuk di ginjal dari waktu ke waktu. Ini adalah bentuk paling umum dari turunan penyakit ginjal.

  5. Cacat bawaan, hadir pada saat lahir, akibat dari obstruksi saluran kemih atau malformasi yang memengaruhi ginjal; salah satu yang paling umum melibatkan mekanisme seperti katup antara kandung kemih dan uretra. Cacat ini, kadang-kadang ditemukan saat bayi masih dalam kandungan, sering dapat diperbaiki melalui pembedahan oleh ahli urologi.

  6. Obat dan racun, termasuk paparan jangka panjang untuk beberapa obat dan bahan kimia, seperti NSAID (obat anti-inflamasi non-steroid), seperti ibuprofen dan naproxen, dan penggunaan intravena obat warung.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyebab gagal ginjal yang perlu diketahui. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: