Jangan Ganti-Ganti Pasangan, 5 Alasan Hubungan Intim Sehat Itu Perlu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hubungan intim sehat, penyakit menular seksual

Halodoc, Jakarta - Hubungan intim yang aman dan sehat adalah hubungan yang dilakukan dengan satu pasangan (tidak bergonta-ganti pasangan di satu waktu). Kalau kamu dan pasangan sudah berkomitmen untuk menjalani hubungan percintaan yang semakin eksklusif, sebaiknya batasi segala aktivitas seksual hanya antara kamu dan dia.

Semakin sering kamu bergonta-ganti pasangan (khususnya dalam berhubungan intim), semakin tinggi pula risiko kamu tertular penyakit menular seksual. Terlebih lagi jika kebiasaan gonta-ganti tersebut tidak dibarengi dengan penggunaan kondom. Maka dari itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk mengetahui kondisi kesehatan satu sama lain.

Baca juga: Wow, Seks Juga Bisa Menurunkan Kolesterol

Meski kamu sudah mantap untuk hanya berhubungan intim dengan satu pasangan saat ini, bahkan yang resmi terikat perkawinan sekalipun, kamu juga tetap perlu mengetahui riwayat aktivitas seksualnya terlebih dahulu. Jika kamu sudah melakukan hubungan intim secara aman, kamu pun akan terhindar dari penyebaran penyakit menular seksual. Tidak hanya itu, berhubungan intim yang sehat pun akan membuat tubuh jadi sehat, ini alasannya!

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Terjaga

Seseorang yang berhubungan intim, tubuhnya relatif lebih kuat melawan kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Melakukan hubungan intim 1-2 kali per minggu secara rutin dapat meningkatkan kadar antibodi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi. Namun, jika hubungan intim dilakukan lebih dari tiga kali seminggu, kadar antibodi dalam tubuh justru sama dengan mereka yang tidak melakukan hubungan intim secara teratur. Penyebabnya adalah stres dan kecemasan.

  1. Dapat Membakar Kalori

Hubungan intim merupakan aktivitas fisik yang sama bobotnya dengan aktivitas berjalan cepat. Melakukan hubungan intim selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 kalori. Bisa dikatakan bahwa hubungan intim merupakan kegiatan yang dapat membuat tubuhmu menjadi lebih bugar jika dilakukan dengan tepat dan sehat.

  1. Kesehatan Jantung Terjaga

Pria yang berhubungan intim sebanyak dua kali seminggu memiliki risiko lebih kecil mengalami penyakit kardiovaskular, jika dibandingkan dengan orang yang hanya berhubungan intim sekali dalam sebulan. Memang tidak ditegaskan bahwa hubungan intim dapat mencegah penyakit jantung. Namun, bisa dikatakan bahwa hubungan intim memang merupakan bagian dari menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: 3 Manfaat Seks untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Meningkatkan Kebahagian

Rutin melakukan hubungan intim yang berkualitas mampu meningkatkan rasa bahagia. Diketahui bahwa dengan berhubungan intim, kamu dapat mengurangi rasa stres yang dialami. Dengan berkurangnya rasa stres tersebut, kamu pun akan lebih bahagia dan tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Berhubungan intim (tidak termasuk masturbasi) ternyata juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Diduga hubungan intim membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Selain itu, berhubungan intim juga dapat mengurangi tekanan darah, karena kegiatan ini termasuk dalam aktivitas fisik dengan intensitas yang sama dengan olahraga.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Gairah Seks Bisa Berubah

Namun, perlu diingat bahwa kamu tetap perlu mempraktikkan pola hidup sehat dan hubungan intim yang aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk terkena penyakit menular seksual. Periksakan pula kondisi kesehatan kamu dan pasangan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasinya di Google Play atau App Store sekarang juga!