• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

“Meski terlihat mirip, ada beberapa perbedaan yang dapat terlihat antara daun parsley, ketumbar dan seledri. Yaitu bentuk, ukuran daun, hingga aroma dari setiap daun tersebut. Ketiga daun tersebut juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Apabila dilihat secara saksama, daun parsley, seledri dan daun ketumbar sekilas tampak mirip. Alhasil, banyak orang tidak dapat membedakannya, bahkan menganggapnya sebagai sayuran yang sama. Namun, pada kenyataannya masing-masing sayuran tersebut memiliki bentuk, rasa, aroma, serta manfaat yang berbeda. 

Sebab, kandungan nutrisi yang terkandung pada ketiga sayuran tersebut berbeda. Lantas, apa saja perbedaan dari ketiga sayuran tersebut? Dan apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari nutrisi yang terkandung di dalamnya? Yuk simak ulasannya di sini!

Baca juga: Apa Saja Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan?

Perhatikan Bentuk Daun dan Aromanya

Ada beberapa perbedaan yang dapat diperhatikan untuk membedakan ketiganya, antara lain: 

  1. Daun Parsley 

Berdasarkan bentuk daunnya, daun parsley mirip dengan seledri yang lancip dan berwarna hijau gelap. Namun, daun parsley memiliki ukuran daun yang lebih kecil bila dibandingkan seledri. Daunnya juga cenderung keriting dan bergerombol. Selain itu, daun parsley juga berbentuk bulat dan halus, sementara daun seledri terlihat bergerigi. Untuk aromanya, daun parsley beraroma lembut dan memiliki rasa yang segar dan ringan.

  1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar atau yang juga dikenal sebagai Cilantro memiliki bentuk daun yang tidak lancip serta cenderung tumpul melengkung. Meski secara sekilas daun ketumbar sangat mirip dengan seledri, tetapi daun ketumbar memiliki warna yang lebih terang dibanding daun seledri dan parsley. Sedangkan itu, untuk hal rasa dan aroma, daun ketumbar cenderung terasa kuat bila dibandingkan daun parsley atau seledri.  

  1. Seledri

Seledri memiliki bentuk daun yang lebar dan lancip berwarna hijau tua. Batang seledri cenderung terlihat berbentuk layaknya bulan sabit dan bergerigi. Selain itu, daun seledri berukuran lebih panjang bila dibandingkan daun parsley dan daun ketumbar. Seledri beraroma segar yang halus dengan rasa lebih lembut dan khas. Bila dibandingkan dengan yang lain, aroma daun seledri tidak sekuat daun ketumbar.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat yang Dapat Diperoleh  

Ketiga daun tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Alhasil, mengonsumsi sayuran tersebut dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari ketiga sayuran tersebut. 

  1. Daun Parsley

Dilansir dari Web MD, daun parsley mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satu vitamin yang kaya kandungannya pada parsley adalah vitamin K. Selain itu, daun parsley juga mengandung sejumlah vitamin C, vitamin A dan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid. 

Beberapa manfaat kesehatan tentu dapat diperoleh berdasarkan kandungan nutrisi tersebut. Misalnya seperti mencegah kanker, menyehatkan tulang, menyehatkan mata, mencegah diabetes, hingga mencegah penyakit jantung. 

  1. Daun Ketumbar

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung pada daun ketumbar dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Daun ketumbar tinggi akan vitamin K, yang dapat memainkan peranan penting dalam membantu pembekuan darah pada tubuh. Selain itu, vitamin K juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan dapat mencegah masalah tulang seperti osteoporosis. 

Selain vitamin K, kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada daun dan biji ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Misalnya seperti meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh, bersifat antijamur sehingga baik untuk kesehatan kulit, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Daun Seledri

Dilansir dari Healthline, seledri adalah sayuran yang sangat tinggi akan kandungan serat dan mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Setidaknya, terdapat 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri. Antioksidan tersebut berperan dalam melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. 

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengonsumsi daun seledri. Misalnya seperti melancarkan pencernaan, dapat membantu mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit alzheimer, hingga mencegah kanker.

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Nah, itu lah penjelasan seputar perbedaan antara daun parsley, seledri, dan ketumbar beserta kandungan nutrisinya. Maka dari itu, menjadikan salah satu di antara ketiganya sebagai bahan atau bumbu masakan tentu dapat memberikan khasiat pada kesehatan tubuh.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih rinci mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran hijau lainnya, kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur chat/video call secara langsung untuk menanyakannya Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Health Benefits of Coriander
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Healthy Benefits of Adding Celery to Your Diet
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Parsley