• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Melulu Ke Mall, Ini 7 Cara Didik Anak Sambil Liburan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Melulu Ke Mall, Ini 7 Cara Didik Anak Sambil Liburan

Jangan Melulu Ke Mall, Ini 7 Cara Didik Anak Sambil Liburan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Agustus 2021
Jangan Melulu Ke Mall, Ini 7 Cara Didik Anak Sambil Liburan

“Wajar saja jika ibu terkadang kehabisan ide liburan yang asyik. Pada akhirnya, seringkali orangtua mengajak anak jalan-jalan ke tempat yang itu-itu saja, seperti pusat perbelanjaan atau mall. Agar tidak pergi ke tempat yang itu-itu saja, berikut ini beberapa tempat yang bisa menjadi referensi ketika ingin bepergian bersama anak.”

Halodoc, Jakarta - Untuk mengisi waktu di liburan akhir pekan, kebanyakan orangtua biasanya mengajak anak-anak untuk bermain di mall. Tempat ini memang adalah pilihan tempat yang paling sering dikunjungi karena isinya yang lengkap, mulai dari restoran, tempat bermain, dan tempat berbelanja. Walaupun menyenangkan, tetapi sebenarnya masih banyak tempat lain yang bisa ibu kunjungi bersama anak-anak selain mall, lo. 

Bahkan, ibu bisa berlibur sambil mendidik anak-anak dengan mengajak mereka pergi ke tempat-tempat yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Yuk, ketahui cara mendidik anak sambil liburan di sini.

Baca juga: 6 Cara Menangani Bayi yang Susah Tidur Siang

1. Museum

Museum sering dianggap sebagai tempat yang membosankan. Padahal, pergi mengunjungi museum saat liburan bisa memberikan anak-anak pengetahuan dan pengalaman yang baru, lo. Bila di sekolah, Si Kecil hanya diajarkan tentang sejarah hanya lewat buku dan gambar saja, sedangkan di museum, anak-anak bisa melihat langsung berbagai macam peninggalan sejarah. Selain itu, mereka juga bisa mengetahui peristiwa-peristiwa lampau, sehingga wawasannya pun bertambah.

2. Kebun Binatang

Anak-anak usia balita sampai sekolah dasar biasanya suka dengan binatang. Jadi, tidak ada salahnya bila ibu mengajak anak-anak ke kebun binatang saat liburan. Selain bisa melihat berbagai macam binatang, ibu juga bisa menumbuhkan rasa sayang Si Kecil terhadap makhluk hidup lainnya.

3. Kebun

Pilihan kegiatan mendidik lainnya yang bisa ibu lakukan bersama anak-anak saat liburan adalah berkebun. Sekarang ini, sudah banyak taman rekreasi yang menyediakan aktivitas berkebun untuk anak-anak di dalamnya. Dengan berkebun, anak-anak tidak hanya bisa mengenal berbagai jenis tanaman, tetapi ibu juga bisa mendidiknya untuk mencintai lingkungan dengan mengajarkan ia cara menanam dan merawat tanaman. 

4. Museum Teknologi

Selain museum sejarah, museum teknologi juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk belajar sambil liburan. Di sana, anak-anak bisa mengeksplorasi sekaligus bereksperimen dengan berbagai macam teknologi yang mengagumkan dan mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Dijamin, Si Kecil akan betah bermain seharian di museum teknologi.

Baca juga: Kakak Suka Ngiri Sama Adik, Ibu Lakukan 3 Hal Ini

5. Tempat Outbound

Ibu juga bisa membawa Si Kecil lebih dekat dengan alam melalui aktivitas outbound. Si Kecil dapat dilatih untuk mandiri dan lebih berani melalui sejumlah kegiatan yang ada di taman bermain outbound, seperti melewati jembatan goyang, merangkak melewati jaring-jaring, flying fox, memanjat pohon, dan lain-lain. 

Latihan fisik tersebut juga berguna untuk memperkuat otot-otot tubuh dan melatih keseimbangannya. Selain itu, kegiatan outbound yang biasanya diadakan di alam terbuka juga baik untuk ibu karena dapat menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan dari aktivitas sehari-sehari.  

6. Tempat Olahraga

Terakhir, jangan lupa bahwa olahraga juga memiliki peran penting terhadap kecerdasan Si Kecil, lo. Jadi, sekali-sekali ajaklah Si Kecil ke tempat olahraga, seperti kolam renang atau water park. Anak-anak sangat suka sekali bermain air. Dengan mengajaknya ke water park, Si Kecil bisa bermain sekaligus berolahraga.

7. Pantai

Anak-anak membutuhkan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi diri. Saat bermain di pantai, anak memiliki banyak kesempatan untuk bermain dengan air, pasir, batu, bahkan hewan-hewan laut, seperti kerang atau bintang laut. Nah, kegiatan mengeksplorasi tersebut dapat melatih sensorik anak yang berperan penting dalam perkembangan anak, terutama yang berkaitan dengan motorik kasar, perkembangan bahasa.

Bukan itu saja, jika berada di pantai sejak matahari terbit, asupan vitamin D dari sinar matahari mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Lebih dari itu, berbagai hal yang dilakukan di pantai dapat membawa pengaruh seperti ketika tubuh melakukan olahraga. Selain tubuh bergerak aktif, sirkulasi darah pun akan meningkat, sehingga tubuh terasa lebih bugar.

Baca juga: Stres Mengurus Newborn? Ibu, Lakukan 5 Hal Ini

Jika ingin mengajak Si Kecil liburan, sebisa mungkin melakukan hal-hal yang mengedukatif dan kreatif. Mengasah kreativitas dan mendidik anak tidak harus dilakukan di sekolah saja. Ibu dapat melakukannya di mana pun dan kapan pun, termasuk saat liburan. Jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan saat berlibur atau melakukan sejumlah aktivitas tersebut, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc.

Referensi:
The Conversation. Diakses pada 2021. A day at the beach: Deep learning for a child.
Early Childhood Education Zone. Diakses pada 2021. The 50 Most Educational Family Vacation Ideas.