• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berkebun Bisa Bantu Mengurangi Stres, Ini Faktanya

Berkebun Bisa Bantu Mengurangi Stres, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Semakin banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres, mulai dari cara profesional, hingga yang paling sederhana. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres adalah berkebun. Meski terkesan tua dan identik dengan orang yang sudah lanjut usia, manfaat dari kegiatan yang satu ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari berkebun adalah merawat kesehatan mental. Bercocok tanam bisa menjadi salah satu cara mengurangi perasaan tertekan atau stres. Sebab, aktivitas ini bisa membantu tubuh lebih rileks, sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres. Biar lebih jelas, simak pembahasan seputar manfaat berkebun untuk kesehatan mental pada artikel berikut ini! 

Baca juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi

Berkebun untuk Mental yang Lebih Sehat

Berkebun menjadi salah satu aktivitas yang dinilai ketinggalan zaman dan membosankan. Padahal, manfaat dari kegiatan yang satu ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Saat berkebun, kamu akan melakukan kontak langsung dengan tanaman, hewan, tanah, dan lingkungan alam. Hal itulah yang disebut berhubungan dengan kondisi fisik dan mental seseorang. 

Nyatanya, dekat dengan alam dan melakukan interaksi dengan makhluk hidup lain, termasuk tanaman dan hewan bisa menjadi hal yang baik untuk mental. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini nyatanya bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga menurunkan risiko mengalami stres. Selain  itu, bercocok tanam juga bisa memberi “bekal” untuk menangkal stres.  

Baca juga: Ajarkan Tanggung Jawab pada Anak dengan Berkebun

Orang  yang gemar berkebun cenderung akan berkembang dan memiliki sifat penyabar, penuh kasih dan sayang, bertanggung jawab, dan bisa merawat diri sendiri serta lingkungan sekitar dengan lebih baik. Dengan bekal tersebut, seseorang tentu akan memiliki keseimbangan dalam hati dan pikiran sehingga bisa menjadi orang yang tidak mudah terserang stres. 

Rutin berkebun juga bisa membuat pikiran menjadi lebih segar dan terbuka. Tidak hanya itu, kegiatan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana berolahraga. Sebab, kegiatan, seperti menyiangi tanaman, memupuk, menyiram, sampai membersihkan taman akan membuat tubuh terus bergerak dan berkonsentrasi tinggi. Meski terdengar melelahkan, tetapi hal itu baik bagi kesehatan fisik dan juga mental. 

Dengan segudang manfaat yang bisa didapatkan, rasanya berkebun menjadi salah satu kegiatan yang layak untuk dicoba. Selain sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, hobi yang satu ini nyatanya juga murah alias tidak banyak menelan biaya. Banyak orang mungkin berpikir bahwa berkebun harus dilakukan di tanah yang luas atau dengan jenis tanaman yang mahal. 

Padahal, tidak harus selalu seperti itu. Kamu bisa mencoba berkebun atau menanam hal yang kecil dan tidak perlu terlalu mahal. Pilih jenis tanaman yang mudah tumbuh dan bisa ditanam di sekitar rumah, misalnya di pinggir jendela atau di seputar pagar. 

Kamu bisa menggunakan pot sederhana untuk meletakkan tanah dan tanaman tersebut. Jika tidak memiliki cukup biaya untuk membeli pot, manfaatkan saja bahan tidak terpakai yang ada di rumah, misalnya ember bekas cat atau botol air minum untuk dijadikan pot. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Petal Power: Why Is Gardening So Good For our Mental Health?
NCBI. Diakses pada 2020. Gardening is Beneficial for Health: A Meta Analysis.