19 October 2018

Jangan Selalu Disalahkan, Ternyata Lemak Bermanfaat untuk Kesehatan

Jangan Selalu Disalahkan, Ternyata Lemak Bermanfaat untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ketika mendengar kata lemak, kamu pasti refleks berpikiran negatif dan menghubungkannya dengan masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Namun, tidak semua lemak buruk untuk kesehatanmu, karena justru beberapa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Sebenarnya lemak adalah bagian penting dari diet karena beberapa fungsi tubuh tergantung dari kehadiran lemak. Sebagai contoh, beberapa vitamin tidak dapat larut ke dalam aliran darah dan memberikan nutrisi ke tubuh jika tidak ada lemak.

Sebenarnya kunci dari manfaat lemak adalah jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan. Mengonsumsi lemak dalam jumlah berlebihan baik itu lemak baik maupun lemak jahat dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Lemak Jahat

Lemak jahat ataupun lemak jenuh berpotensi membahayakan jantung. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada makanan berbasis hewan dan produk susu. Studi telah menemukan bahwa mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan tingkat lipoprotein densitas rendah (LDL). Ini dapat menyebabkan peningkatan risiko terhadap perkembangan penyakit jantung dan diabetes tipe dua.

Salah satu jenis lemak jahat lainnya adalah lemak trans yang terdapat dalam makanan yang mengandung minyak nabati terhidrogenasi parsial. Jenis lemak ini bahkan lebih buruk ketimbang lemak jenuh.

Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng maupun makanan yang dipanggang seperti kue kering, kue, dan makanan ringan yang diproses seperti popcorn. Lemak jenis ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Lemak Baik

Lemak baik juga dikenal sebagai lemak sehat ataupun lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak ini dianggap dan dapat dimasukkan ke dalam diet dengan moderasi. Lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan dalam berbagai makanan dan minyak.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal adalah kacang, minyak sayur, selai kacang, dan alpukat. Lemak tak jenuh ganda terutama dapat ditemukan pada makanan dan minyak nabati. Mirip dengan lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol darah.

Manfaat Mengonsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat memiliki banyak manfaat bagi tubuh ketika dimasukkan sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat. Diet yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah sedang hingga tinggi dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Dengan catatan, kamu tidak mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar.

Lemak sehat dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, terutama jika kamu mencoba mengganti lemak jenuh yang jahat. Banyak penelitian telah menemukan bahwa asupan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida.

Mengikuti diet lemak tak jenuh tunggal tinggi dapat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada kedua individu yang memiliki atau tidak memiliki kadar gula darah tinggi. Lebih dari itu, diet lemak tak jenuh tunggal yang tinggi selama tiga bulan akan berhasil meningkatkan sensitivitas insulin hingga 9 persen.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat lemak untuk kesehatan ataupun informasi seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: