09 January 2018

Jangan Sembarangan, Ini Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat

Jangan Sembarangan, Ini Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Buat para wanita, ketiak yang berbulu dapat mengurangi rasa percaya diri, apalagi jika sedang ingin memakai atasan sleeveless atau tidak berlengan. Makanya kebanyakan para wanita rutin membersihkan bulu ketiak dengan berbagai macam cara. Namun, membersihkan bulu ketiak dengan cara yang salah dapat membuat ketiak menjadi hitam, meninggalkan sisa bulu, bahkan berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit. Jadi, yuk ketahui cara mencukur bulu ketiak yang benar.

Kebanyakan wanita sering merasa tidak percaya diri jika belum membersihkan bulu ketiaknya. Bulu ketiak menjadi hal yang dianggap jorok dan memalukan oleh para wanita. Padahal ternyata bulu ketiak itu punya fungsi yang cukup penting lho. Berikut fungsi bulu ketiak yang perlu kamu tahu:

1. Melindungi Ketiak

Bulu ketiak berperan penting untuk melindungi ketiak dari berbagai macam hal. Bagian ketiak seringkali basah karena keringat. Dengan adanya bulu ketiak, bakteri yang terdapat dalam keringat dapat dicegah masuk ke dalam tubuh. Bagi kamu yang suka menggunakan deodorant, bedak atau krim di area ketiak, bulu ketiak berfungsi untuk mencegah agar kandungan kimia yang terdapat dalam produk-produk tersebut tidak langsung masuk ke kulit ketiak.

2. Melindungi Payudara

Ketiak memiliki kelenjar yang berhubungan langsung dengan bagian payudara. Bulu ketiak berfungsi untuk menghambat masuknya bakteri dan kandungan-kandungan kimia sampai ke payudara, sehingga kesehatan payudara dapat tetap terjaga.

3. Menarik Lawan Jenis

Tahukah kamu bahwa bulu ketiak ternyata dapat menarik lawan jenis, lho. Ketiak memiliki kelenjar bernama apokrin yang ternyata fungsinya mirip seperti feromon yang dapat menjadi daya tarik untuk lawan jenis. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bau ketiak setiap orang berbeda-beda, sehingga juga menjadi ciri khas seseorang.

(Baca juga: Memakai Deodoran Bisa Sebabkan Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?)

Macam-macam Cara Membersihkan Bulu Ketiak

Ada tiga macam cara yang bisa kamu pilih untuk membersihkan bulu ketiak. Tentunya masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya, ya.

1. Mencukur Bulu Ketiak

Cara membersihkan bulu ketiak yang satu ini terbilang lebih mudah, cepat dan tidak menyakitkan. Kamu bisa menggunakan female shaver untuk mencukur bulu ketiak, atau dengan cara mengoleskan depilatory cream, yaitu jenis krim pencukur yang dapat merontokkan bulu-bulu pada tubuh. Namun, karena alat cukur hanya bisa menjangkau bulu yang ada di permukaan kulit, hasil bercukur pun kadang tidak terlalu bersih, dan bulu dapat tumbuh kembali dalam waktu singkat. Kamu juga perlu menjaga kebersihan alat cukur, karena pisau cukur yang kotor atau karatan dapat membuat kulit iritasi.

2. Mencabut Bulu Ketiak

Jika kamu menginginkan hasil yang tahan lama, kamu bisa membersihkan bulu ketiak dengan cara mencabutnya dengan pinset. Bulu ketiak secara otomatis akan tercabut sampai ke akar-akarnya, sehingga bulu ketiak tidak akan tumbuh dalam waktu yang cukup lama. Namun, mencabut bulu ketiak akan terasa sakit dan jika tidak hati-hati, pori-pori kulit ketiak bisa membesar dan bisa muncul benjolan-benjolan kecil. Selain itu, kamu perlu waktu yang cukup lama untuk mencabut bulu ketiak helai demi helai.

(Baca juga: Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu)

3. Waxing

Jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa membuat janji ke waxing salon untuk membersihkan bulu ketiak. Pastikan panjang bulu ketiakmu sekitar 0,5 – 1,25 cm agar bulu dapat mudah tercabut. Hasil membersihkan bulu ketiak dengan waxing juga lebih bersih karena bulu ditarik secara cepat sehingga dapat terangkat sampai ke akarnya. Jika masih ada bulu yang tertinggal, maka bisa dibersihkan dengan cara threading. Kelemahan metode ini hanya pada harganya yang cukup mahal.

Tips Mencukur Ketiak:

  • Cukur bulu ketiak ketika kondisi kulit sedang lembap, yaitu setelah mandi. Kulit yang lembap akan membuatmu lebih mudah mencukur bulu.
  • Gunakan pisau cukur yang memiliki strip yang lebih aman dan berisiko lebih kecil menimbulkan luka.
  • Bersihkan alat cukur secara rutin dan jangan biarkan alat cukur dalam keadaan basah.
  • Cara mencukur bulu ketiak yang benar adalah cukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan.
  • Menarik kulit ketiak juga dapat memudahkanmu mencukur bulu-bulu ketiak.

(Baca juga: Begini Cara Cukur Bulu Kaki Agar Tidak Tumbuh Lagi)

Nah, selamat mencoba tips-tips di atas ya untuk mendapatkan kulit ketiak yang bersih dari bulu-bulu. Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit lebih lanjut atau jika kamu mengalami masalah dengan kulitmu, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan tanpa perlu keluar rumah dengan bantuan fitur Lab Service di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan di Halodoc dan pesananmu akan segera diantarkan dalam satu jam. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.