• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak

Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau mencukur bulu ketiak dengan cara yang tidak tepat dapat memberikan efek samping? Misalnya, mencukur dengan pisau tumpul dapat menyebabkan rambut ketiak tumbuh ke dalam, goresan, bahkan iritasi kulit.

Mencukur tanpa pelumas atau sabun/krim/gel juga dapat membuat kulit ketiak terluka bahkan memicu peradangan pada folikel rambut. Bila peradangan ini tidak diobati bisa mengakibatkan komplikasi timbulnya keloid. Simak selengkapnya mengenai mencukur bulu ketiak dan kaitannya dengan kesehatan di bawah ini!

Mencukur untuk Kebersihan dan Estetika

Sebenarnya tidak ada pelarangan untuk mencukur bulu ketiak. Soalnya mengatur rapi pertumbuhan bulu ketiak juga penting. Terutama buat perempuan, bulu ketiak yang lebat dapat mengurangi rasa percaya diri, apalagi jika sedang ingin memakai atasan sleeveless atau tanpa lengan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran

Makanya kebanyakan perempuan membersihkan bulu ketiak dengan berbagai macam cara. Namun, membersihkan bulu ketiak dengan cara yang salah dapat membuat ketiak menjadi hitam, meninggalkan sisa bulu, bahkan berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit. Jadi, simak di sini tips ataupun rekomendasi tepat mencukur bulu ketiak!

  1. Cukur bulu ketiak ketika kondisi kulit sedang lembap, yaitu setelah mandi. Kulit yang lembap akan membuatmu lebih mudah mencukur bulu.
  2. Gunakan pisau cukur yang memiliki strip yang lebih aman dan berisiko lebih kecil menimbulkan luka.
  3. Bersihkan alat cukur secara rutin dan jangan biarkan alat cukur dalam keadaan basah terus-menerus.
  4. Cara mencukur bulu ketiak yang benar adalah cukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan.
  5. Menarik kulit ketiak juga dapat memudahkanmu mencukur bulu-bulu ketiak.

Dewasa ini semakin banyak metode menghilangkan bulu ketiak. Mulai dari mencukur, mencabut, sampai melakukan waxing. Cara membersihkan bulu ketiak dengan cara mencukur termasuk yang paling mudah dan tidak menyakitkan.

Jika kamu menginginkan hasil yang tahan lama, kamu bisa membersihkan bulu ketiak dengan cara mencabutnya dengan pinset. Bulu ketiak secara otomatis akan tercabut sampai ke akar-akarnya, sehingga bulu ketiak tidak akan tumbuh dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Kelenjar Getah Bening di Ketiak Bengkak, Apa Bahayanya?

Namun, mencabut bulu ketiak akan terasa sakit dan jika tidak hati-hati, pori-pori kulit ketiak bisa membesar dan bisa muncul benjolan-benjolan kecil. Selain itu, kamu perlu waktu yang cukup lama untuk mencabut bulu ketiak helai demi helai.

Waxing sendiri pembersihannya bisa langsung terangkat dari akar, hanya saja harganya relatif mahal. Kalau kondisi tidak bisa tidur ini sangat mengganggu, tanyakan saja langsung saja di Halodoc.  Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk bumil. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor bumil bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Journal of Cosmetic Dermatology, disebutkan kalau membersihkan bulu ketiak secara rutin dapat mengurangi bau badan dan menjaga kebersihan serta kesehatan.

Soalnya, bulu ketiak yang tidak tercukur rapi dan tumbuh lebat tak teratur juga dapat memicu pertumbuhan bakteri, iritasi kulit bila keringat berlebihan, serta efek-efek tidak sehat lainnya. Membahas soal bulu ketiak, sebenarnya bulu ketiak juga berfungsi untuk melindungi area kulit.

Ketiak juga memiliki kelenjar yang berhubungan langsung dengan bagian payudara. Bulu ketiak berfungsi untuk menghambat masuknya bakteri dan kandungan-kandungan kimia sampai ke payudara, sehingga kesehatan payudara dapat tetap terjaga.

Referensi:
Journal of Cosmetics Dermatology. Diakses pada 2020. A comparative clinical study of different hair removal procedures and their impact on axillary odor reduction in men.
Huffington Post. Diakses pada 2020. Armpit Hair Is A Non-Issue For Many Millennial Women.
Healthline. Diakses pada 2020. Are There Benefits to Shaving Arm Hair? A How-To If You Choose to Do It.