• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jerawat Berulang di Tempat yang Sama, Apa Penyebabnya?

Jerawat Berulang di Tempat yang Sama, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Jerawat Berulang di Tempat yang Sama, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu bisa memprediksi tempat jerawat muncul berikutnya seakurat tanggal menstruasi berikutnya? Jika jawabannya iya, biasanya kamu sudah paham betul kondisi wajah kamu dan di mana saja area jerawat bisa muncul. Namun, jika jawabannya karena jerawat di wajahmu memang hanya muncul di area yang sama, ini bisa jadi pertanda lain. 

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengakhiri lingkaran setan jerawat membandel dan bikin frustasi yang sering muncul di area yang sama ini. Namun, kamu juga perlu paham betul apa penyebab jerawat muncul berulang di area yang sama, sehingga kamu bisa mengetahui perawatan mengatasi jerawat yang paling tepat untuk dilakukan. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

Penyebab Jerawat Muncul di Tempat yang Sama

Ada beberapa penyebab sekaligus langkah penanganan yang tepat untuk kondisi jerawat yang kerap muncul di area yang sama. Begini penjelasannya:

Mungkin Bukan Jerawat, Melainkan Kista 

Jerawat yang membengkak dan tidak pernah muncul di permukaan wajah bisa jadi kista, karena merupakan sifat kista untuk muncul di tempat yang persis sama. Kista bisa berkembang ketika pori-pori, yang berbentuk seperti tabung panjang, bercabang, dan menyebabkan minyak mengambil jalan memutar dari jalurnya ke permukaan kulit. Saat kondisi ini terjadi, minyak akan membentuk "seperti balon" di bawah kulit dan mengembang dan mengempis tergantung pada seberapa banyak minyak yang yang kamu produksi. 

Jika kamu memiliki kelompok besar kista, yang dapat meninggalkan bekas luka, dokter mungkin meresepkan pil KB, spironolakton, antibiotik, atau bahkan Accutane. Untuk kista sesekali, direkomendasikan melakukan pengobatan topikal. Coba lakukan produk perawatan yang mengandung asam glikolat atau salisilat atau benzoil peroksida.

Tidak Memencet Whitehead dengan Benar 

Jika kamu pernah memencet whitehead sampai pecah, kemungkinan seluruh penyumbatan belum terangkat. Ini berarti jerawat bisa meradang lagi. Iritasi atau bakteri yang ada di sana juga bisa menyebabkan jerawat lain terbentuk tepat di sebelah jerawat sebelumnya. Ini mungkin tampak seperti jerawat yang sama, tapi sebenarnya tidak. 

Oleh karena itu, hal yang paling benar untuk dilakukan adalah untuk tidak memencet whitehead. Pasalnya, hal ini malah bisa menyebabkan jaringan parut. Kecuali jika tindakan ini dilakukan oleh ahlinya. Namun, jika kamu tidak tahan, maka gunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan minyak berlebih dan mencegah pori-pori tersumbat lagi.

Baca juga: Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan

Kebiasaan Buruk 

Punya kebiasaan menyentuh wajah saat stres atau tidak pernah mendisinfeksi ponsel? Jangan heran jika jerawat bisa muncul terus di tempat yang sama. Jerawat jenis ini disebut acne mechanica, jerawat yang disebabkan oleh panas, gesekan, dan tekanan pada kulit. Selain menjauhkan tangan dari wajah, cobalah membersihkan ponsel setiap minggu. 

Jerawat selama Menstruasi 

Jerawat yang hanya terjadi selama periode menstruasi juga sangat mungkin terjadi. Jerawat ini bisa muncul karena aktivasi androgen dari kelenjar sebaceous. Hal ini terjadi di area yang sama karena ini adalah area di wajah kita di mana androgen mengaktifkan kelenjar sebaceous. Artinya area seperti pipi bawah, dagu, garis rahang, dan leher diibaratkan sebagai garis api jerawat.

Kamu bisa mengatasi perubahan hormonal yang drastis ini dengan menggunakan spironolakton, penghambat androgen, atau lainnya. 

Baca juga: Inilah 6 Jenis Jerawat yang Perlu Diketahui

Itulah alasan jerawat bisa muncul di tempat yang sama sekaligus langkah untuk mengatasinya. Jika kamu masih memiliki pertanyaan lain, kamu juga bisa tanyakan pada dokter kulit di Halodoc, lho. Dokter akan memberikan saran yang bisa kamu lakukan untuk meredakan jerawat yang membandel lewat smartphone. Praktis bukan? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Cosmopolitan. Diakses pada 2020. Recurring Acne: Why You Keep Getting Zits in the Same Place.
Women's Health Magazine. Diakses pada 2020. 4 Reasons You Keep Getting a Pimple In The Same Exact Spot.